KULINER NUSANTARA

Inovasi dalam sebutir bakso

Bakso, salah satu makanan populer di Indonesia.
Bakso, salah satu makanan populer di Indonesia. | Aris Setya /Shutterstock

Biasanya berbentuk bulat ukuran sedang, kini bakso menjelma dalam berbagai ukuran dan bentuk yang dapat membuat orang geleng-geleng kepala.

Pasti banyak yang mengira jika bakso adalah makanan khas Indonesia, padahal sebenarnya makanan ini berasal dari Tiongkok. Kata bakso sendiri terdiri dari dua kata. Dalam bahasa hokian, "bak" berarti babi sedang "so" berarti sup atau makanan berkuah. Jadi, bakso adalah olahan makanan dari daging babi disajikan dengan kuah.

Karena di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam yang mengharamkan babi sebagai makanan, bakso kemudian diolah menggunakan daging sapi, ayam, ikan, atau udang.

Belakangan ini muncul bakso dalam beragam inovasi, baik bentuk maupun rasa. Berikut ini kami bahas beberapa bakso yang cukup populer.

Di Sleman, Yogyakarta, ada bakso berbentuk panjang, mirip penganan pempek lenjer khas Palembang. Namanya Bakso Panjang dan Mie Ayam Tresno Roso Sleman.

Bakso sapi berbentuk seperti sosis besar itu disajikan dalam potongan spiral untuk memudahkan pelanggan saat menyantap.

Kuah kaldu yang pekat dan rasanya yang enak serta tidak amis membuat warung ini disukai penggemar bakso. Selain di kawasan Pendowoharjo, bakso panjang juga dijual di jalan Kebon Agung, Margoagung, Sleman. Warung buka mulai pukul delapan pagi hingga 10 malam. Satu porsi bakso panjang dihargai Rp10 ribu.

Buat Anda yang ingin makan dalam porsi besar, lupakan era bakso tenis. Sekarang ada bakso balon dan bakso klenger.

Kedai Mie & Bakso Kotak 60 Bandar Lampung memanjakan selera penggemar bakso jumbo dengan menu bakso balon. Selain bentuknya yang bulat sempurna, pada bagian atas bakso terdapat guratan-guratan serupa dengan ujung mulut balon yang diikat.

Ukuran yang besar membuat satu mangkok hanya berisi satu buah bakso saja. Bagian dalam bakso yang berukuran besar ini diisi daging sapi cincang halus dengan rasa gurih sedikit manis.

Satu mangkok bakso balon ini dihargai Rp17 ribu dan dijamin bakso ini menggunakan kuah kaldu asli tanpa tambahan vetsin.

Kedai Bakso Klenger Ratu Sari yang terletak di Jalan Wahid Hasyim nomor 296, Nologaten, Sleman, punya menu spesial buat Anda penyuka bakso jumbo. Ukuran bakso di sini menyerupai bola basket dengan berat sampai 20 kg.

Meski sangat besar, rasa bakso tetap sedap hingga bagian terdalam. Ditambah dengan kuah kaldu nan gurih dan nikmat disantap bersama teman-teman.

Nah, buat yang suka bakso unik tapi masih dalam kategori normal, bisa coba bakso tumpeng. Salah satu kedai penjual berlokasi di Warung Lesehan Mbanyu Mili, Imogiri, Bantul Yogyakarta.

Tumpeng bakso ini ada yang berisi telur dan ada yang polos tanpa isi. Dilengkapi dengan mie kuning, potongan tahu goreng, dan juga taburan seledri, bawang goreng, rasa daging di bakso ini gurih dan kenyal.

Selain bakso berbentuk kerucut seperti tumpang juga dijual bakso burger. Dimana bakso dibuat pipih seperti roti burger kemudian disusun dengan sayuran dan tahu potong. Seporsi bakso burger dihargai Rp15 ribu dan bakso tumpeng Rp12 ribu.

Bakso unik lain yang wajib dicicip adalah bakso buaya. Tentu bukan dibuat dari daging buaya, melainkan dibentuk seperti buaya. Yang penasaran langsung berkunjung ke warung Bakso Rusuk Joss, di jalan Mustika Jaya, Bekasi Timur. Satu porsi bakso ini dihargai Rp75 ribu.

Bakso ini bahan dasarnya tetap menggunakan daging sapi. Berisi lelehan keju mozarella yang tampak ketika bakso mulai dibelah. Pada bagian mata dari buaya tersebut terdiri dari dua bakso kecil yang dinamakan Bakso Joss. Bakso ini berisi cabe rawit sehingga akan menggigit setiap lidah yang menyantapnya.

Berat dari bakso buaya yaitu sekitar 600 sampai 900 gram. Satu porsi sudah bisa membuat kenyang 2 sampai 3 orang.

Bakso ini unik karena disajikan di atas hot plate dengan mangkuk kuah terpisah. Jika ingin menyantap harap antri, karena bakso ini hanya dibuat terbatas setiap hari sekitar 25-40 porsi dan selalu habis.

Nah, tidak kalah unik adalah bakso kuburan mantan. Hasil kreasi mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pernah bekerja di Qatar ini, laris diserbu pembeli. Lokasi warung terletak di jalan Pajagalan, kelurahan Nyomplong, Sukabumi.

Dinamakan kuburan mantan karena bentuknya yang mirip dengan kuburan. Terbuat dari daging, di dalam bakso ini terdapat sosis rasa sapi serta telur puyuh. Sementara di atasnya ada taburan daging cincang, seledri, dan bawang sebagai toppingnya.

Kuah kaldunya disajikan terpisah, dilengkapi dengan toge, sayur, mie, dan bihun. Bakso unik ini dihargai Rp30 ribu satu buah.

Tidak hanya dalam negeri, penganan bakso juga dikenal di mancanegara. Salah satu bakso yang terkenal di negeri Ginseng, Korea Selatan adalah Bakso Bejo. Berawal dari tenda kaki lima pada tahun 2014, kini mereka menjelma sebagai pasar ritel untuk produk bakso, daging, makanan ringan, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya secara daring.

Tidak ketinggalan, bakso pun kini sudah hadir di kota New York. Adalah Awang Kitchen yang berlokasi di Queens Boulevard, menyuguhkan makanan khas Nusantara. Salah satu penganan yang disuguhkan adalah bakso beranak, seblak, dan bakso mangkuk.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR