Jajaran kuliner sedap di Blok M

Ilustrasi
Ilustrasi
© PhoTosser /Shutterstock

Kawasan Blok M yang terletak di Jakarta Selatan terkenal sebagai pusat makanan dan jajanan. Tak hanya makanan kelas restoran internasional, bahkan jajanan pinggir jalannya pun laris manis sejak zaman dahulu.

Ada beberapa nama yang tak pernah sepi pengunjung. Salah satunya ada Ayam Bakar Ganthari.

Letaknya persis di sebelah Blok M Plaza. Sekilas mungkin terlihat seperti ayam bakar biasa. Namun, tempat duduk yang nyaris tak pernah kosong bisa jadi salah satu bukti kenikmatannya.

Ayam bakar ini merupakan jenis ayam bakar yang dibalur dengan bumbu berkecap. Daging ayamnya lembut dan memiliki cita rasa manis dan gurih. Ayam bakar pun disajikan dengan nasi hangat, lalapan serta sambal yang dibuat tak terlalu pedas. Seporsi paket ayam bakar lengkap dihargai Rp21 ribu.

Hanya berjarak beberapa meter saja dari Ayam Bakar Ganthari, Anda bisa mendapati banyaknya pikulan pedagang gultik yang berjajar sepanjang jalan.

Ya, gultik atau gulai tikungan sudah menjadi ciri khas kuliner Blok M. Dinamakan demikian karena awalnya pedagang gulai ini berjualan di antara tikungan Blok M Plaza dan Bulungan. Uniknya, tak hanya satu, tetapi ada puluhan pedagang gultik yang berjualan di sanamulai dari sore hingga larut malam.

Gultik yang sudah populer sejak tahun 80-an ini merupakan gulai daging sapi. Bedanya dengan gulai biasa, gultik memiliki kuah yang cenderung lebih encer. Daging yang digunakan pun campuran antara daging, lemak dan jeroan sapi yang dipotong kecil.

Cincangan daging yang digodok bersama kuah gulai dituang ke atas sepiring nasi hangat. Lalu diberi kerupuk serta kecap dan bawang goreng. Sambal dan jeruk nipis pun bisa Anda minta jika suka.

Porsinya yang kecil membuat pelanggannya kerap memesan dua hingga tiga piring tanpa berpikir panjang. Apalagi sepiring gultik hanya dibanderol harga sekitar Rp10 ribu hingga Rp11 ribu saja.

Harga yang murah meriah juga jadi salah satu daya tarik Blok M sebagai pusat kuliner. Satu lagi yang tak kalah murah dan sedap ialah angkringan dengan tempat duduk lesehan yang berjajar di sekeliling Blok M Square.

Mengusung konsep angkringan ala Yogyakarta, makanan yang dijajakan memang cukup bervariasi. Mulai dari ayam goreng, cumi asin, ikan balado, tempe dan tahu bacem, usus goreng, tumis kerang dan sebagainya.

Harga makanan yang harus Anda bayar pun sangat tergantung pada apa yang Anda ambil. Bisa sekitar Rp15 hingga Rp30 ribu plus minum.

Bergeser sedikit ke sekitar Jalan Sampit, ada mi ayam yang terkenal kelezatannya, namanya Bakmi John. Taburan mi yang cukup tebal ini berupa cacahan daging ayam yang telah dibumbui gurih.

Anda juga bisa menambah jamur, bakso dan pangsit. Seporsi mi ayam komplit dihargai sekitar Rp17 ribu saja untuk porsi standar dan Rp30 ribu untuk porsi jumbo.

Lalu yang tak kalah populer ialah Bubur Ayam Barito. Di tempat yang baru saja ditata ulang oleh pemerintah DKI Jakarta ini, bubur ayamnya sedikit berbeda dengan yang biasa dijual.

Bubur yang dihargai sekitar Rp17 ribu ini memiliki rasa yang gurih serta diberi taburan berupa ayam yang dicincang dadu, bukan disuwir seperti biasa. Lalu dilengkapi dengan irisan seledri dan cakwe. Yang membuatnya istimewa, Anda akan diberi cheese sticks sebagai pengganti kerupuk. Bisa juga memesan telur ayam kampung mentah sebagai pelengkap.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.