Kiat bermain ski untuk pemula

Ilustrasi bermain ski
Ilustrasi bermain ski | Mavrick /Shutterstock

Saat melancong ke sebuah negara, seseorang terbiasa berpikir tentang tempat wisata atau makanan khas. Padahal ada kegiatan olahraga yang hanya bisa ditemukan ketika sedang mengunjungi negara dengan empat musim, misalnya bermain ski.

Anda bisa membayangkan diri berada di tengah hamparan salju di dataran tinggi. Kemudian Anda menyusuri setiap tempat dengan menggunakan papan ski dibantu tongkat untuk menjaga keseimbangan.

Bermain ski memang tidak mudah, apalagi bagi kalangan awam sehingga membuat sebagian takut dan ragu. Apalagi Anda melihat orang lain sedang bermain ski sambil menuruni lereng, sementara Anda kesulitan untuk berjalan sedikit dengan papan ski.

Gugup adalah hal normal. Namun demikian, selalu ada cara untuk belajar dari dasar sebagai pemula dan tak ada alasan merasa tua untuk mencoba hal baru.

Pada awal, cobalah untuk melatih jalan terlebih dahulu. Jangan takut terjatuh dan coba terus hingga bisa bergerak leluasa nan seimbang di atas papan.

Ketakutan lain para pemula adalah naik gondola untuk sampai ke puncak arena ski. Gondola biasanya berangkat dari resor ke ketinggian tertentu dan memberi Anda pemandangan alam sekitar.

Saat mencoba ski untuk pertama kali, cari resor yang ramah bagi pemula. Bila mengikuti tur dari agen perjalanan, pastikan sang agen tahu bahwa Anda adalah pemula. Dengan begitu Anda tidak akan dibawa ke lokasi yang sulit.

Pakaian juga perlu diperhatikan. Contohnya, atasan super tebal dengan jaket khusus musim dingin dan legging atau long john sebagai bawahan.

Anda juga bisa melapisi lagi dengan celana khusus ski, kaus kaki wol, sarung tangan tebal, dan sepatu bot. Standar kostum akan berbeda sesuai dengan ketahanan Anda pada suhu dingin.

Jangan lupa juga untuk rajin minum air putih ketika asyik bermain ski agar tidak dehidrasi. Lakukan pemanasan sebelum memulai ski.

Jangan lupakan pula belajar ski bersama sesama peserta dan pelatih. Lantas gunakan tabir surya karena sinar matahari tetap dapat membakar kulit wajah kendati suhu sedang dingin.

Sebagai pemain ski pemula, Anda memang perlu melakukannya bersama agen perjalanan. Selain belum terampil, Anda perlu dibantu memilih peralatan ski yang secara umum harganya tidak murah.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pintar memilih waktu liburan untuk bermain ski. Sebaiknya jangan pada musim liburan karena arena ski akan ramai.

Pastikan pula tubuh Anda cukup bugar (fit) sebelum pergi bermain ski. Maklum, bermain ski membutuhkan banyak tenaga.

Bila Anda bingung memilih tempat untuk bermain ski, Anda bisa datang ke salah satu resor ski yang dilansir TheTelegraph. Yaitu Montafon di Austria, Courchevel 1850 di Perancis, Cortina di Italia, Eagle Point Resort di Utah (AS), dan Klosters di Swiss.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR