Memilih destinasi, mempersiapkan liburan akhir tahun

Ilustrasi Singapura
Ilustrasi Singapura | Nattee Chalermtiragool /Shutterstock

Sudah merencanakan liburan akhir tahun? Ada sebagian orang yang menentukan bujet terlebih dahulu baru menentukan tujuan wisata, ada yang sebaliknya.

Bagaimanapun juga, memilih destinasi adalah hal pasti. Tapi tak perlu khawatir bila hingga kini Anda belum memutuskan tujuan.

Anda bisa menyontek daftar destinasi favorit wisatawan Indonesia untuk liburan akhir tahun.

Daftar tersebut dirilis Booking.com yang mendata destinasi internasional maupun domestik yang paling diminati oleh wisatawan Indonesia selama libur Natal dan tahun baru, 21 Desember 2016 - 2 Januari 2017. Data diambil dari aktivitas pengguna yang melakukan pemesanan akomodasi pada periode waktu tersebut.

Dalam rilis yang diterima Beritagar.id, diketahui bahwa destinasi internasonal yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia adalah Singapura. Negeri singa ini menjadi favorit wisatawan asal Indonesia diperkirakan karena jaraknya yang cukup dekat, kemudahan akses dan tanpa visa.

Adapun destinasi luar negeri lain yang juga kerap jadi pilihan tersebar di beberapa negara. Berikut urutannya: Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, Hong Kong, Osaka, Paris, Georgetown, Seoul, dan London.

Selain pelesir ke luar negeri, 10 kota di Indonesia juga jadi tujuan favorit wisatawan. Ibu kota menduduki urutan pertama, setelah itu ada Bandung dan Yogyakarta.

Enam tujuan wisata favorit lainnya adalah Kuta, Surabaya, Semarang, Bogor, Solo, Ubud, dan Malang.

Bila tujuan melancong sudah ditentukan, lanjutkanlah dengan merencanakan liburan. Anda bisa memulainya dengan mengecek prakiraan cuaca. YahooWeather dan GoogleWeather bisa jadi acuan cuaca di kota atau negara tujuan wisata.

Mengetahui cuaca sangat penting saat liburan. Ini akan menentukan barang dan pakaian apa saja yang harus dibawa.

Apalagi mengingat cuaca di sebagian kawasan pada akhir tahun yang tak menentu. Bisa hujan deras atau panas terik. Maka Anda butuh persiapan ekstra.

Setelah mengetahui prakiraan cuaca, cari waktu yang tepat. Mau tak mau, tujuan wisata di kala liburan akhir tahun pasti lebih ramai. Sebab, semua orang juga ingin menikmati libur.

Agar bisa mengoptimalkan liburan, usahakan mengatur waktu cuti. Siasati dengan mulai cuti sebelum musim libur akhir tahun, atau mundur beberapa waktu setelah puncak keramaian musim libur.

Hal yang tak kalah penting adalah berburu tiket transportasi dan akomodasi. Untuk tiket pesawat, umumnya tiket penerbangan transit--bukan langsung--harganya lebih murah.

Pelancong hemat bisa menjadikannya alternatif. Selain harga yang lebih murah, Anda juga bisa menikmati waktu liburan singkat di kota lain sambil menunggu penerbangan dilanjutkan.

Bicara harga, melonjaknya harga tiket transportasi dan akomodasi jelang liburan akhir tahun rupanya tak menyurutkan semangat sebagian orang untuk berlibur.

"Kalau akhir tahun itu identiknya sama liburan. Karena high season itu permintaan kamar hotel naik drastis apalagi di kota-kota liburan yang favorit," kata Public Relation & Media Officer Pegipegi, Devi Agustina kepada KompasTravel .

Untuk mendapatkan harga hotel terbaik, Anda bisa menentukan bujet. Gunakan fitur pencarian harga hotel yang termurah hingga termahal.

Pesanlah jauh-jauh hari, sekitar 12 atau maksimal 5 hari sebelum Natal. Biasanya semakin jauh hotel dari pusat kota atau kawasan wisata, harganya lebih murah.

Susun juga daftar aktivitas liburan. Tempat apa saja yang ingin dikunjungi, dan kapan. Anda bisa membaca ulasan aneka tempat wisata dari sesama turis di media sosial macam Trip Advisor.

Bila semua sudah siap, cobalah memikirkan rencana cadangan. Kadang, tak semua berjalan lancar. Anda mungkin saja terjebak kemacetan panjang, cuaca kurang mendukung, objek wisata kelewat ramai, pesawat mengalami keterlambatan, dan sebagainya.

Jika terjadi sesuatu di luar keinginan Anda, rencana cadangan ini dapat membuat liburan tetap bisa berlangsung dengan baik dan menyenangkan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR