Mencicipi gelato rasa klepon di Jakarta

Ilustrasi
Ilustrasi | JM Travel Photography /Shutterstock

Siapa tak suka es krim? Rasa cokelat, vanila, mungkin terdengar biasa-biasa saja. Mengapa tak mencoba gelato dengan berbagai rasa unik mulai dari klepon sampai ketoprak.

Saat udara terasa panas dan tubuh mulai gerah, menyantap es krim atau gelato akan membuat tenggorokan kembali terasa segar. Es krim rasa cokelat, vanila, stroberi, atau rasa buah lainnya sudah biasa, cobalah singgah ke Locarasa, di Kemang, Jakarta Selatan.

Kedai kopi dan gelato ini memiliki varian yang unik, tetapi sebenarnya tak asing bagi lidah orang Indonesia. Di sini Anda dapat mencicipi gelato rasa martabak, klepon, kemangi, kolak, susu telur madu jahe, es doger, kecap manis, murbei, rujak sorbet, sawo sorbet, dan terung Belanda.

"Gelato di sini berbeda pada umumnya yang sebetulnya jarang terpikirkan orang. Kenapa enggak dicoba. Seperti beras kencur atau kemangi. Bahan-bahan itu banyak di sekitar kita dan begitu melimpah, sayang jika tidak dimanfaatkan," ujar Chef Solihin dari Locarasa.

Meski terbilang unik, Anda tak perlu khawatir untuk mencoba beragam gelato di Locarasa, sebab rasanya tak seaneh yang dibayangkan.

Untuk rasa kecap, misalnya, tak benar-benar ditambahkan kecap sebagai campuran es krim. Rasanya manis dari gula Jawa dan warnanya kecokelatan. Begitu pula dengan rasa martabak, es krimnya manis dan ada tambahan kacang.

Harga es krimnya sendiri adalah Rp22 ribu untuk 100 gram (dua rasa) dan Rp25ribu untuk 200 gram (tiga rasa).

"Saran saya, kalau mau coba mix rasa-rasa yang unik, campurlah yang manis, dengan yang tidak terlalu manis. Misalnya rasa Klepon rasa dan Martabak yang manis dengan Rujak Sorbet yang asam manis pedas," tulis narablog niyaoke.blogspot.co.id.

Ika Nurhayati yang pernah berkunjung ke Locarasa pun menulis ulasan dalam Zomato, "Sejak kenal gelato Locarasa, bolak-balik kemari untuk takeaway. Rasanya unik dan beraroma lokal, tapi belum berani coba rasa kemangi sih. Favorit saya rasa klepon, benar-benar mirip kue klepon, dan klapertart."

Selain es krim, Locarasa punya menu lain, termasuk aneka kopi dan minuman dingin seperti kopi susu, kopi item, kopi jahe, kopi serai, kopi palawija, thai tea latte, lychee slush, dan banana mocha affogato.

Ada pun menu makanan yang bisa dipesan di Locarasa antara lain nasi uduk, bacang daging, mi rebus, bakso, bolu kopi kacang cokelat, kue pandan, kue keju, putu ayu, kue gambang, comro, kerak telur, bolu tapai, tahu gejrot, singkong goreng, onde-onde isi rendang, roti jala unti durian, kue lumpang, lopis fla durian, kue cubit, martabak, dan klepon.

Selain Locarasa, di Jakarta masih ada kedai es krim lain dengan menu tak kalah unik. Eskimomo salah satunya. Menu tak biasa pada es krim adalah rasa nasi uduk dengan susunan yang lumayan mirip.

Es krim rasa nasi uduk dibuat dengan racikan kecap manis dengan rice pudding, selai cabai, teri kacang, dan kue kering berbentuk emping melinjo.

"Kita kolaborasikan antara gurih khas nasi uduk, dengan semur yang berbahan baku kecap, serta beberapa pelengkap khas yang biasa tersaji dalam seporsi nasi uduk, termasuk sambal. Semuanya tersaji dan bisa dinikmati dalam bentuk es krim," kata Gupta Sitorus, salah satu pemilik Eskimomo.

Selain itu, ada juga es krim rasa ketoprak yang juga menggunakan es krim kecap manis dan disajikan dengan puding tahu, sohun manis, dan selai kacang pedas. Eskimomo bisa dibeli Plaza Indonesia dan KemChicks Pacific Place dengan harga mulai Rp18ribuan.

BACA JUGA