Mengulik aneka makanan khas Kalimantan

Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat.
Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat. | Seto Wardhana/Tempo

Bicara soal kuliner, Kalimantan merupakan salah satu daerah yang kaya akan makanan unik. Meski tak sepopuler makanan asal Pulau Jawa dan Sumatra, ternyata Kalimantan memiliki keragaman makanan dengan rasa yang gurih.

Berikut ini rekomendasi makanan yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pengalaman menarik saat menikmati makanan khas Kalimantan.

Kwetiau

Kwetiau adalah sajian mi ala Tiongha yang bentuknya pipih dan berwarna putih. Kwetiau terbuat dari tepung beras atau tapioka yang teksurnya kenyal.

Dalam penyebarannya di Indonesia, kwetiau yang umumnya identik degan etnis Hokkian dan Tio Ciu, memiliki perbedaan dalam penyajian.

Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatra terkenal dengan kwetiau medan yang memakai bakso ikan, telur bebek dan sosis babi.

Namun etnis Tio Ciu yang tinggal di Kalimantan dikenal dengan penyajian kwetiau yang memakai daging sapi dan jeroan seperti babat.

Tidak hanya kwetiau masak, Anda juga bisa mencicipi kwetiau siram. Di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, Anda bisa singgah di rumah makan Peng Hie untuk menikmati kwetiau ala Kalimantan.

Choi pan

Makanan asal Kalimantan yang satu ini bisa menjadi camilan di waktu santai. Anda bisa juga menikmati sebagai makanan pembuka.

Choi pan merupakan makanan yang populer di Pontianak, Kalimantan Barat. Ketika menggigit choi pan, Anda akan menemukan sensasi rasa yang unik. Ada rasa gurih asin, manis dan pedas yang menjadi satu.

Rasa manis berasal dari bengkoang yang menjadi isi choi pan. Namun, choi pan juga ada dengan isi ebi, kacang dan kucai.

Choi pan biasanya di masak dengan cara di rebus atau di tumis.Sekilas tampilan choi pan mirip dengan pangsit atau dim sum.

Nikmati selagi hangat dengan cocolan sambal bawang putih. Tertarik membuat sendiri choi pan di rumah, ikuti resep di sini.

Pisang goreng Kalimantan

Siapa tidak akan ketagihan pisang goreng khas Kalimantan yang gurih dan renyah. Menikmati pisang goreng asal Kalimantan ini juga bisa ditambah dengan selai srikaya yang diolesi di atas pisang.

Di Jalan Taman Pluit Kencana Dalam, Pluit Jakarta Utara, Anda bisa menemukan penjual pisang goreng Kalimantan.

Soto Banjar

Soto Banjar hampir sama seperti soto lainnya. Satu hal yang membedakan soto Banjar dari soto-soto lainnya adalah bumbunya yang unik. Soto Banjar memiliki bumbu khas Samarinda.

Aroma rempah yang wangi tercium saat satu mangkuk Soto Banjar yang masih mengepul asapnya sampai di meja saji Anda. Berisi bihun, perkedel kentang, suwiran ayam hingga potongan telur rebus membuat soto ini terasa gurih dan segar.

Biasanya soto ayam asal Kalimantan ini dimakan dengan potongan ketupat atau lontong. Anda pun bisa membuat sendiri Soto Banjar di rumah, ini resepnya.

Bakmi Kepiting

Bagi Anda penggemar mi dan hidangan laut, coba nikmati bakmi kepiting khas Pontianak. Mi yang lentur dan kenyal ini rasanya gurih, apalagi dipadu dengan potongan daging kepiting yang lembut dan kenyal.

Tidak hanya kepiting, isi bakmi asal Pontianak ini juga ada bakso ikan hingga pangsit.

Bakmi kepiting ini disajikan bersama dengan kuah kaldu yang bertabur daun bawang. Rasa mi kepiting pun semakin enak dan gurih. Untuk menambah sensasi rasa jangan lupa untuk menambahkan potongan cabai rawit.

Salah satu rumah makan di Pluit Village yang bernama Bakmi Kepiting Pluit menyajikan menu bakmi kepiting untuk Anda cicipi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR