Mengulik ragam asinan

Asinan yang sehat dan segar.
Asinan yang sehat dan segar. | ziashusha/shutterstock

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Bahan yang diacarkan biasanya adalah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam

Ada dua jenis asinan yang populer, yaitu asinan Betawi dan asinan Bogor.

Perbedaan dua jenis asinan tersebut bisa dilihat dari kuah dan penambahan bahan campurannya. Asinan Betawi umumnya menggunakan kuah bumbu kacang, sedangkan asinan Bogor memakai kuah yang diambil dari saripati cabai merah.

Berdasarkan bahan utama yang digunakan, asinan Bogor juga dibagi menjadi tiga varian, antara lain asinan buah, asinan sayur, dan asinan perpaduan antara sayur dan buah.

Asinan buah

Asinan jenis ini banyak dijual di seputar kota Bogor, Jawa Barat. Berbagai jenis buah-buahan tropis yang biasa diasinkan atau diacar antara lain mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, pala dan nanas. Buah itu disajikan dalam kuah cuka yang rasanya asam, manis dan pedas. Selain buah-buahan segar, di dalam asinan ini biasanya disertakan taburan kacang goreng yang renyah dan gurih.

Asinan sayuran

Sekilas makanan ini mirip dengan asinan Betawi karena menggunakan bahan yang hampir sama. Bedanya, asinan sayur di Bogor memiliki komposisi yang lebih banyak. Asinan sayur Bogor dibuat dari campuran sawi asin, kol, mentimun, daun antanan, taoge, wortel, serta tahu.

Asinan campuran

Asinan ini dibuat menggunakan kombinasi buah-buahan dan sayur. Kuah yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan asinan buah dan asinan sayur yaitu terbuat dari kacang tanah, ebi goreng, gula, cabai, serta garam.

Cara membuat asinan khas Bogor ini tak terlalu sulit. Anda bisa mulai dengan merebus cabai untuk kuah asinan. Cabai yang sudah direbus kemudian dihaluskan. Bersamaan dengan itu, masukkan ebi, gula pasir, dan cuka sesuai selera.

Campuran tersebut lalu ditambahkan air sehingga menjadi kuah yang segar. Setelah menjadi kuah, berbagai buah dan sayuran dimasukkan lalu diaduk hingga rata dan didiamkan hingga beberapa menit agar kuah meresap ke dalam buah dan sayur. Setelah kuah meresap, kemudian asinan bisa dinikmati.

Di Bogor, harga satu porsi asinan mulai dari Rp20.000-Rp25.000. Biasanya asinan tersebut sudah dijual di dalam kemasan yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Bogor.

Di kota ini ada beberapa tempat yang menyediakan asinan yang direkomendasikan. Toko Asinan bernama Aseli Bogor yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 90 atau tepatnya di dekat gerbang utama Kebun Raya Bogor adalah salah satu yang terbaik. Konon tempat ini merupakan tempat tertua yang menjual asinan Bogor, yaitu sejak 1967.

Ada pula tempat lainnya yang menjual asinan Bogor, di antaranya Asinan Nyonya Yenny di Jalan Bina Marga, Asinan Dewi Sri di Jalan Pajajaran, Asinan Gedung Dalem di Sukasari dan banyak juga penjual asinan Bogor di sepanjang jalan Surya Kencana.

Di Jakarta dan sekitarnya, seperti dilansir Wego, Anda bisa mencicipi asinan yang tak kalah dengan asinan yang di Bogor.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR