TUJUAN WISATA

Menjelajah wisata alam Karimunjawa

Karimunjawa
Karimunjawa | Hendropranyoto /Shutterstock

Wisata alam Indonesia seolah tak ada habisnya habis untuk dijelajahi. Dari Sabang sampai Merauke terdapat beragam objek wisata alam yang menarik untuk didatangi satu per satu. Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi adalah Karimunjawa di Jawa Tengah.

Pada 2017, Karimunjawa masuk dalam objek wisata khusus karena wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke sana memiliki hobi atau minat khusus, misalnya snorkeling, diving, atau berjemur di pantai yang membutuhkan waktu lama.

Wisata khusus dipromosikan oleh Disporpora Jateng karena Karimunjawa memang bukan tempat wisata berkonsep mass tourism seperti Bali atau Lombok. Pertimbangannya adalah konsep mass tourism bisa berpotensi merusak kawasan konservasi.

Berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Karimunjawa sebenarnya merupakan kepulauan di Laut Jawa yang memiliki daya tarik wisata berupa keindahan bawah laut.

Ada 27 pulau di Karimunjawa, termasuk di antaranya yang berpenghuni seperti Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting.

Berlibur ke Karimunjawa kurang lengkap tanpa menyelam. Sebab ada beberapa titik selam populer di kepulauan ini seperti Pulau Cemara Besar.

Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Pelabuhan Karimunjawa, di Pulau Cemara Besar akan memberikan Anda pengalaman menyelam di lautan dengan banyak terumbu karang di dasar laut.

Anda juga bisa menyelam di Pulau Tengah yang memiliki hard coral, anemon laut, dan ikan badut. Selain itu, ada juga titik selam lain di Menjangan Kecil yang juga dipenuhi terumbu karang dan lokasinya dekat penangkaran hiu.

Selain memberi makan, pengunjung juga bisa berenang bersama hiu yang ada sekitar 40 ekor termasuk hiu putih dan hiu hitam.

Hutan bakau

Tak hanya wisata laut, Karimunjawa juga punya hutan bakau (mangrove) yang berlokasi di Desa Kemujan. Anda akan menemukan 45 spesies tumbuhan dari 25 famili berbeda, seperti waru laut atau schipiphora hydrophilaceae yang termasuk tumbuhan langka. Ada juga bakau getah, bakau tingen, bakau duduk, serta bakau pedada lanang.

Hutan bakau yang masuk ke dalam kawasan taman nasional ini memiliki gardu pandang untuk melihat panorama sekitarnya.

Bukit Love

Pada November 2017, Karimunjawa punya objek wisata baru bagi yang senang berswafoto yaitu Bukit Love di kawasan perbukitan bagian Utara Pulau Karimunjawa.

Saat berada di puncaknya, pengunjung bisa melihat pemandangan laut dan pulau sekitar. Di ujung bukit, terdapat batu besar berbentuk love dan Karimunjawa yang bisa jadi latar belakang swafoto Anda.

Di kawasan ini juga terdapat kafe yang menyajikan aneka jajanan dan minuman sehingga pengunjung bisa kongko sambil menikmati suasana perbukitan.

Taman Nasional Karimunjawa

Bila tertarik pada kawasan konservasi, Anda bisa berkunjung ke taman nasional. Di sana, Anda bisa melihat pohon dewandaru, kalimasada, dan nyamplungan.

Sedangkan untuk hewan, ada rusa, trenggiling, landak, ular, bangau, elang laut dada putih, serta wedi-wedi. Selain hewan darat, ada juga hewan yang hidup di perairan seperti terumbu karang, karang lunak, akar bahar, karang merah, penyu hijau dan penyu sisik.

Untuk sampai di Karimunjawa, Anda bisa memulai perjalanan dari Jepara dilanjutkan naik feri sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini. Namun, perlu diingat bahwa kapal tak berlayar setiap saat.

Jadwal pelayaran ada setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu dengan waktu keberangkatan rata-rata pukul 9 dan 10 pagi. Sedangkan kepulangannya dari Dermaga Karimunjawa, kapal ada setiap Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu pukul 7 dan 11 siang.

Anda juga bisa naik pesawat Susi Air dari Semarang sampai ke Bandara Dewadaru di Karimunjawa.

Untuk berkeliling pulau, Anda bisa menyewa mobil atau motor. Sedangkan untuk akomodasi, sudah banyak penginapan dan hotel yang bisa dipilih sesuai anggaran.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR