Pantai Semeti pesona tersembunyi di Lombok

Matahari terbenam di Pantai Semeti, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Matahari terbenam di Pantai Semeti, Lombok, Nusa Tenggara Barat. | Fakrul Jamil /Shutterstock

Jelajah pesona pantai di Nusa Tenggara Barat selalu menjadi cerita menarik. Sebab di dalamnya masih banyak tersimpan surga tersembunyi yang jarang terjamah. Salah satunya Pantai Semeti, pantai perawan di Lombok Tengah.

Pantai Semeti berlokasi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Mawi, dan terpaut sekitar empat kilometer dari Pantai Selong Belanak, yang selalu ramai dikunjungi peselancar. Walau demikian, pantai ini justru sepi pelancong.

Jelas saja. Dengan waktu tempuh sekitar dua jam dari jantung Kota Mataram menggunakan kendaraan bermotor, akses menuju Pantai Semeti terbilang sulit dan menantang.

Untuk mencapai lokasi, Anda perlu menaklukkan jalan dengan kondisi sangat rusak. Terlebih di musim hujan, jalanan bertanah kerap berubah becek dan berlumpur. Menemukannya pun tak mudah. Sebab Pantai Semeti tersembunyi di balik jajaran perbukitan dan hamparan sawah.

Namun jangan salah, letaknya yang jauh dari permukiman warga membuat pantai ini tetap alami tak terkontaminasi. Anda tidak akan menemukan pedagang yang berjualan, pun sampah bertebaran.

Serasa pantai pribadi, itulah mengapa Pantai Semeti sangat cocok dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang mendambakan petualangan, sekaligus menyepi untuk menenangkan pikiran.

Pertama kali menyambangi Pantai Semeti, Anda akan disambut hamparan pasir putih bersih yang berkilau cantik ketika tersorot matahari. Suasana hening membuat Anda dapat menikmati suara debur ombak yang membuai dan birunya laut.

Apalagi dibanding pantai tersembunyi lainnya di kawasan Selong Belanak--seperti Pantai Ruwuk dan Pantai Mawi, Pantai Semeti unggul dengan bebatuan unik yang terbentuk dari alam. Sebab daya tarik tersebutlah, banyak pelancong yang meluangkan waktu bertandang agar bisa berswafoto dan mengunggahnya di media sosial.

A post shared by R I F Q I (@rifqimuhajir) on

Tebing batu dan akuarium alami

Di beberapa sisi Pulau Semeti, terdapat bukit karang yang ditumbuhi tumbuhan yang hijau. Tak kalah unik di sepanjang tepiannya, Anda akan menemukan susunan batu berwarna kehitaman menyerupai tebing, sehingga terkesan membentengi pantai.

Selain menghampar luas layaknya Grand Canyon, kontur bebatuannya menjulang tak teratur. Ada yang beririsan satu sama lain, pun mencuat ke atas.

Bebatuan ini sering dibilang mirip krypton--batu dari planet krypton, tempat lahirnya pahlawan fiksi Superman. Tak heran jika banyak orang kemudian menjuluki Pantai Semeti sebagai Pantai Krypton.

Menariknya, Anda juga bisa mendaki tebing batu tersebut hingga mencapai puncak. Lokasi ini sering jadi sasaran peransel dan fotografer untuk mengabadikan momen matahari terbenam. Apalagi jika dilihat dari puncak tebing, bebatuan kokoh yang mengelilingi Pantai Semeti tak ubahnya akuarium alami super besar. Demikian halnya bila Anda memandang dari sisi laut.

Laut dangkal dan pesisir Pantai Semeti penuh dengan hamparan batu karang aneka ukuran. Semuanya telah terkikis termakan waktu. Tiap kali tersapu ombak, lekukan gugusan karang tersebut akan terisi penuh air laut dan ikan-ikan kecil yang terjebak. Mirip akuarium terbuka hasil ciptaan alam.

Tak hanya menikmati daratan, Anda juga bisa mengeksplorasi keindahan alam bawah laut Pantai Semeti. Dengan bantuan alat selam permukaan atau snorkeling, indahnya warna-warni terumbu karang dan berbagai jenis ikan dan biota laut bisa Anda nikmati.

Namun, perlu diingat sebagaimana budaya Indonesia yang sarat kepercayaan mistis, Pantai Semeti pun menyimpan hal gaib. Penduduk setempat percaya bahwa pantai ini memiliki 'penunggu'. Oleh karena itu, mereka mengimbau pelancong menghormati adat leluhur desa dan saling menjaga satu sama lain agar tercipta kedamaian.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR