Pariwisata Indonesia raih penghargaan dari Belanda

Air terjun Madakaripura di Jawa Timur
Air terjun Madakaripura di Jawa Timur | Guitar photographer /Shutterstock

Indonesia berhasil memenangkan penghargaan sebagai The Best Destination dalam ajang penganugerahan Reisgraag Award di Belanda.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara pameran pariwisata Vakantibeurs di Utrecht, Belanda.

Acara itu merupakan ajang promosi pariwisata terbesar di wilayah Benelux, yakni Belgia, Belanda, dan Luxemburg. Acara berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 13 Januari 2019.

Minister Counsellor Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag, Noorman Effendi, kepada Antara London, menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diserahkan secara resmi kepada Networking and Gathering Event Indonesia pada hari pertama penyelenggaraan.

“Penghargaan ini kali pertama diberikan kepada Indonesia. Ajang penghargaan tahun ini adalah yang kedelapan. Tahun lalu, negara yang mendapatkan Best Destination Award adalah Austria,” jelas Agustini Rahayu, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata, melalui keterangan pers seperti dinukil Media Indonesia.

Agustini mengatakan, apresiasi yang didapatkan dari kancah internasional ini membawa angin segar untuk industri pariwisata Tanah Air.

Sebab, setahun terakhir menjadi masa yang cukup berat bagi pariwisata Indonesia. Bencana alam yang terjadi berturut-turut cukup memengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwista Indonesia, Arief Yahya, pernah mengatakan pernyataan serupa.

Pada acara Indonesia Tourism Outlook 2019: Deregulation in Cyber Tourism Era di Jakarta (27/11) Arief mengatakan bahwa target wisman yang dicanangkan awal tahun 2018 tidak tercapai.

Dia menyebutkan, sejumlah bencana alam yang terjadi di Indonesia menjadi faktor penyebab tidak terpenuhinya target tersebut.

“Untuk tahun 2018, kemungkinan besar hanya tercapai 16 juta,” ungkapnya kepada Kompas.com.

Padahal, target kedatangan wisatawan mancanegara pada tahun 2018 adalah 17 juta wisman. Angka tersebut meningkat 20 persen dari target 2017.

Oleh karena itulah, penghargaan dan pencapaian untuk pariwisata Indonesia yang didaulat sebagai Best Destination ini merupakan apresiasi yang sangat berarti.

“Berdasarkan review-review positif dari konsumen dan biro perjalanan di Belanda. Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan dampak positif untuk kepariwisataan Indonesia di Eropa, khususnya Belanda, supaya bisa meningkatkan jumlah kunjungan untuk tahun 2019,” urai Agustini.

Partisipasi Indonesia pada Vakantibeurs untuk ke-49 kalinya ini juga dikhususkan untuk menarik wisatawan Belanda dan sekitarnya, terutama pada masa liburan musim panas.

Calon wisatawan, melalui Vakantibeurs, bisa mendapatkan informasi terkini mengenai tren wisata, destinasi liburan populer, dan ragam kiat mengenai liburan.

Indonesia berhasil mendapatkan nilai rata-rata 8,8 dari total 7.000 ulasan yang dituangkan pada website Reisgraag.nl.

Reisgraag Award adalah satu-satunya ajang penghargaan terverifikasi di Industri pariwisata Belanda.

Tahun lalu, pada November 2018, Indonesia juga sempat didaulat sebagai negara terbaik untuk dikunjungi pada tahun 2019.

Penghargaan yang diberikan dari Lonely Planet tersebut diterima langsung oleh MenPar di London, Inggris.

Kala itu, Indonesia merupakan salah satu negara partisipan World Travel Market (WTM) 2018.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR