Piknik ke Lombok pasca gempa

Lombok
Lombok | Deni_Sugandi /Shutterstock

Bencana gempa sempat melumpuhkan sejumlah industri di Lombok. Kini, secara perlahan tapi pasti Lombok kembali bangkit agar selalu menjadi magnet wisatawan.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menyiapkan empat acara guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Lombok

Pada 21 dan 22 September 2018 kemarin, telah diadakan Festival Pesona Senggigi 2018. Rangkaian kegiatan dalam festival ini antara lain bazar, festival tari daerah, aneka lomba, atraksi, dan hiburan.

"Masyarakat NTB khususnya Lombok Barat dilanda gempa yang akibatnya industri pariwisata sempat mati suri. Dengan kegiatan ini kita siap bangkit kembali dan membangun industri pariwisata lebih maju lagi," kata Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat.

Setelah Festival Pesona Senggigi 2018, pemerintah setempat bakal mengadakan Mekaki Marathon pada 28 Oktober, Senggigi Jazz di bulan November, dan ditutup dengan Ritual Budaya Perang Topat.

Dalam rangka mendukung misi pemerintah membangkitkan pariwisata Lombok, Anda bisa turut berpartisipasi dengan melakukan kunjungan wisata.

Namn, bagi yang belum pernah ke Lombok, objek wisata berikut ini bisa jadi pilihan.

Taman Narmada

Salah satu objek wisata yang bisa Anda pilih ialah Taman Narmada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Taman seluas tiga hektar ini merupakan replika dari Gunung Rinjani.

Anda bisa melihat Bale Terang yang berbentuk rumah panggung. Di dalamnya, terdapat kamar permaisuri asal Bali dan asal Lombok. Lalu, Anda juga bisa melihat Telaga Ageng yang menjadi replika Segara Anakan.

Kemudian, terdapat Pura Narmada yang bentuknya seperti punden berundak dan menjadi salah satu dari delapan Pura tertua di Pulau Lombok.

Selain itu, jangan lupa mengunjungi Balai Petirtaan yang mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Narmada, Lingsar dan Suranadi.

Air Terjun Benang Kelambu

Bagi yang lebih tertarik pada wisata alam, Anda bisa mengunjungi air terjun Benang Kelambu yang bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan tumpah tepat di bagian utara wilayah Kabuptaen Lombok Tengah.

Disebut benang kelambu karena air terjun yang tumpah tipis-tipis dari sela rerimbun semak terlihat seperti tirai atau benang. Untuk yang ingin berenang, terdapat kolam penampungan air untuk anak dan dewasa.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Air Terjun Mangku Sakti

Pilihan air terjun lain di Lombok adalah Air Terjun Mangku Sakti di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Keunikan air terjun ini ialah airnya yang berwarna biru kehijauan dan bercampur dengan belerang.

Belerang yang tercampur dalam air terjun berasal dari Kokoq Puteq atau Sungai Putih yang bersumber dari Segara Anak di Gunung Rinjadi. Warna biru kehijauan hanya akan terlihat selama musim kemarau. Sebab, pada musim hujan, air terlihat lebih keruh dan aliran air terjun menjadi lebih deras.

Pantai Penyisok

Salah satu pantai unik di Lombok ialah Pantai Penyisok. Lokasinya ada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Keunikan dari pantai ini adalah perpaduan hamparan padang rumput yang hijau, berhiaskan tebing karang berwarna hitam dan kuning keemasan, serta memiliki birunya laut Samudera Hindia.

Menuju Pantai Penyisok, Anda akan melihat sejumlah peninggalan-peninggalan kuno, seperti masjid kuno yang dibangun dari batu apung. Kemudian, ada Lingkok Datu atau sumur raja yang berjumlah tujuh buah.

Tanjung Poki

Masih di Desa Sekaroh, Anda juga bisa mengunjungi Tanjung Poki yang terletak di antara Pulau Batumilalang dan Repokbaru. Daya tarik Tanjung Poki ialah gelombang yang sangat besar hingga mencapai ketinggian di atas sepuluh meter. Masyarakat menyebut tempat ini sebagai Air Mata Malaikat.

Oleh karena gelombang air yang terbilang besar, Anda tidak diperbolehkan berenang di kawasan ini. Namun, Anda bisa memilih kegiatan lain, seperti misalnya, memancing.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR