Piknik ke Yogyakarta ala Pevita Pearce

Berwisata di Yogyakarta
Berwisata di Yogyakarta | Aleksandar Todorovic /Shutterstock

Jogja memang istimewa. Kota di tengah Jawa ini masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun menggandeng Pevita Pearce mempromosikan Yogyakarta.

Kebetulan, Jogja juga merupakan lokasi pengambilan gambar film terbarunya, Aach Aku Jatuh Cinta. "Jadi semakin mempromosikan Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia," kata Pevita dikutip Okezone.

Tiga lokasi di bawah ini masuk daftar wajib kunjung jika Anda menyambangi Jogja.

Sri Putri Ambar Sari

A photo posted by Pevita Pearce (@pevpearce) on

Candi Plaosan

Lokasinya tak jauh dari Candi Prambanan. Berbeda dengan Prambanan yang merupakan candi Hindu, Candi Plaosan adalah candi Buddha.

Ini bisa dilihat dari 116 stupa, arca Buddha, dan 50 candi-candi pendamping. Walaupun candi ini merupakan candi Buddha, tetapi segi arsitekturnya menampilkan perpaduan agama Buddha dan Hindu.

Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Candi Plaosan Lor juga memiliki dua candi utama, yang satu menggambarkan relief tokoh laki-laki, dan satunya tokoh perempuan. Sementara itu Candi Plaosan Kidul memiliki beberapa perwara berbentuk candi dan stupa.

Foto kiriman Fajar kristianto (@fajarkris) pada

Pabrik Gula Madukismo

Pabrik Gula Madukismo merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film Aach Aku Jatuh Cinta.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di pabrik gula ini, antara lain: melihat proses produksi gula, melihat alat-alat yang digunakan, dan menaiki lokomotif tua.

Wisatawan dapat menyaksikan dari dekat proses pembuatan gula, dari mulai pemerahan nira, pemurnian nira, penguapan nira, kristalisasi, dan berbagai tahapan lagi sampai gula dikemas.

Bulan Mei hingga September adalah musim penggilingan tebu. Kita dapat melihat ritual cembengan dilakukan oleh warga sekitar dan karyawan pabrik. Ritual dilakukan untuk memohon doa restu agar proses penggilingan berjalan dengan lancar.

Foto kiriman iwan gothel 507 (@iwan_gothel_507) pada

Gunung Kidul

Suka berwisata ke pantai? Di Yogyakarta, ada Gunung Kidul dan pantai-pantainya. Ada pantai Drini, Sundak, Indrayanti, Ngobaran, Baron, Kukup, Ngrenehan, Baron, Sadranan, dan Pok Tunggal.

Perjalanan ke Gunung Kidul bisa dimulai dari kota Yogyakarta. Kita dapat melalui Imogiri naik ke arah Selopamioro. Dari Selopamioro pengendara terus menuju arah timur ke arah Panggang.

Selanjutnya pengendara dapat meneruskan perjalanan ke timur memasuki Saptosari yang memiliki jalanan nasional lintas selatan yang lebar dan rata, terhubung dengan Baron.

Foto kiriman Sara Kerina (@saakerina) pada

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR