Ragam rendang untuk vegetarian

Ilustrasi: rendang tak selalu bahan utamanya daging
Ilustrasi: rendang tak selalu bahan utamanya daging | ericoanaci/shutterstock

Randang atau rendang adalah masakan dengan bahan utama daging. Namun, makanan favorit khas Sumatera Barat ini bukan hanya terbuat dari daging sapi atau kerbau. Bahan yang lain juga bisa diolah menjadi rendang lezat.

Rendang bercita rasa pedas karena menggunakan campuran beragam rempah. Cara memasaknya dipanaskan berulang kali dengan santan kelapa, hingga kering dan berwarna hitam pekat.

Anda yang vegetarian atau ingin mencicipi rendang yang tak biasa, bisa mencoba menu berikut ini. Seperti yang ditulis Reno Andam Suri dalam buku Rendang Traveler.

Rendang telur

Rendang telur berasal dari daerah Payakumbuh. Dari namanya mungkin membersit dalam benak, makanan ini berwujud sajian telur yang direbus lalu dimasukkan ke dalam bumbu rendang. Ternyata tidak demikian.

Walaupun bahan dasarnya adalah telur, namun cara memasaknya didadar. Proses membuat rendang telur dimulai dengan membuat telur dadar. Telur dicampur dengan tepung terigu atau tepung tapioka. Telur dadar dibuat tipis, digoreng hingga kering.

Irisan telur dadar lalu dicemplungkan ke kuali besar berisi bumbu rendang yang masih bergolak. Telur dadar yang kering menjadi lunak. Hasil akhirnya, irisan telur dadar menjadi kering karena teraduk bersama dengan bumbu rendang hingga warnanya kecokelatan.

Setelah itu rendang disaring hingga minyak betul-betul tiris. Baluran bumbu rendang mengering menyelimuti telur dadar yang sudah berubah menjadi keripik. Tekstur rendang telur garing, rasanya gurih berbalut bumbu rendang nan pedas.

Rendang ketan hitam

Rendang yang berasal dari daerah Simalanggang di Kabupaten Limapuluhkota ini, menurut paparan Reno, adalah ketan hitam yang sudah ditumbuk halus jadi tepung ketan hitam. Rasanya gurih, bukan manis.

Rendang yang bernama rendang sapuluik itam, ini dibuat dengan cara mencampur tepung ketan hitam dengan telur dan sedikit santan. Tambahkan bawang putih, bawang merah dan garam untuk memberikan rasa gurih. Lalu dimasukkan dalam cetakan dan dikukus. Setelah masak, ketan hitam dipotong kotak atau dadu.

Siapkan bumbu rendang yang sudah mulai mengental. Setelah keluar minyak dan menjadi kalio, potongan ketan hitam dimasukkan. Aduk hingga makin hitam warnanya. Proses mengaduk, tak menyebabkan potongan ketan hitam menjadi hancur.

Rendang ketan hitam adalah makanan wajib di setiap acara adat di daerah Simalanggang. Bentuk dan rasanya menyerupai daging hati.

Rendang nangka

Buah nangka pun bisa diolah menjadi rendang. Di Minang, nangka disebut dengan nama cubadak. Buah nangka yang dipakai adalah nangka yang masih muda. Teksturnya menyerupai daging jika sudah masak. Rasanya tak kalah nikmat dari rendang daging sapi.

Saat memilih nangka sebagai bahan utama rendang, pilihlah kulit nangka yang belum berduri besar dan bijinya masih kecil-kecil. Sebab, nangka dengan biji besar akan mudah hancur saat dimasak dengan bumbu rendang. Nangka kemudian dipotong seukuran ibu jari.

Teknik memasak pun beda. Kalau biasanya kita memasukkan daging setelah minyak santan keluar. Untuk cubadak (nangka) yang tidak seempuk daging, masukkan kuah santan di awal. Sebelum menjadi kalio.

Keistimewaan rendang nangka ini adalah tak berlemak. Sekilas rendang nangka ini seperti penganan khas Yogyakarta, gudeg. Rasanya gurih pedas dengan aroma yang khas buah nangka.

A photo posted by Rya Amanda Lubis (@rya_dee) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR