KULINER MANCANEGARA

Ragam saus khas dari tiga negara

Meski bahan dan rasanya berbeda, saus-saus ini memperkaya rasa masakan.
Meski bahan dan rasanya berbeda, saus-saus ini memperkaya rasa masakan. | Larisa Blinova /Shutterstock

Saus adalah penyedap rasa yang digunakan saat memasak, atau dihidangkan bersama sajian. Tiap negara memiliki saus yang jadi ciri khas.

Masing-masing saus memiliki bahan dan cita rasa berbeda. Kesamaannya satu, memperkaya rasa masakan.

Ssamjang - Korea

Ssam berarti dibungkus, sementara jang adalah pasta atau saus kental. Jika digabung, ssamjang berarti saus pembungkus. Memang, ini sesuai dengan kebiasaan makan di Korea.

Biasanya orang akan mengambil selembar daun selada atau perilla, menambahkan sepotong kecil daging bakar, kimchi, dan nasi. Baru di atasnya ditambahkan ssamjang. Seluruh isi ini dibungkus dengan daun kemudian dimakan.

Ssamjang adalah saus pedas yang terbuat dari gochujang--pasta cabai merah--dan doenjang--pasta kedelai yang difermentasi--. Selain itu juga ada sedikit bawang putih dan cuka beras, lada dan minyak wijen.

Ada pula yang menambahkan kacang, atau tofu ke dalam campuran saus ssamjang. Rasa saus ini pedas dan gurih, membangkitkan nafsu makan.

Anda akan menemukan saus ssamjang di berbagai restoran Korea. Anda juga bisa membelinya dalam kemasan yang sudah jadi di pasar swalayan.

Ingin mencoba membuatnya sendiri? Berikut resep dari buku Koreatown: A Cookbook oleh Deuki Hong dan Matt Rodbard yang dilansir Epicurious.

Campur 5 sendok makan doenjang, 3,5 sendok makan gochujang, 2 siung bawang putih cincang, 1 sendok makan daun bawang iris tipis, 1 sendok makan bawang bombai cincang, 1 sendok makan minyak wijen, 1 sendok makan biji wijen, 1,5 sendok sirup jagung atau beras Korea, dan 2 sendok makan walnut cincang. Campur, maka jadilah saus ssamyang. Anda bisa menyimpan sisanya di wadah kedap udara di dalam kulkas. Saus ini bisa bertahan sebulan.

Worcestershire - Inggris

Anda mungkin mengenalnya dengan kecap Inggris. Warnanya cokelat kehitaman. Rasa saus worcestershire gurih sedikit asam.

Wired melansir, saus yang biasanya digunakan untuk masakan daging ini terdiri dari berbagai bahan yang difermentasi. Di dalamnya terdapat cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy (ikan teri), bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.

Rahasia sesungguhnya yang membuat saus ini begitu sedap adalah bahan alami. Diduga bahan itu adalah rempah bernama asafoetida yang banyak terdapat di India dan sekitarnya.

Pun demikian Heinz yang empunya Lea & Perrins--jenama saus worcestershire populer--tak mau mengkonfirmasi hal ini. Asafoetida beraroma seperti bawang putih busuk, namun begitu dimasak, rasanya sedap. Kecap asin, lemon, dan acar jika diolah memiliki rasa serupa.

Meski berasal dari Inggris, banyak perusahaan di negara lain yang juga memproduksi saus botolan ini. Tentu bahannya sedikit berbeda, meski rasanya serupa.

Mengutip The Kitchn, saus worcestershire dapat digunakan untuk berbagai sajian. Anda bisa merendam daging atau ikan dengannya sebelum dimasak, dan membumbui sup daging.

Anda juga bisa mencampurnya dengan saus sambal, atau menjadikannya tambahan dressing untuk salad Caesar. Tak hanya makanan, beberapa tetes saus worcestershire di dalam minuman Bloody Mary akan membuatnya makin nikmat.

Salsa - Meksiko

Dalam bahasa Spanyol, Salsa berarti saus. Ada beragam jenis salsa. Bahan yang berbeda, membuat warna dan teskturnya juga tak sama.

Salsa roja misalnya, biasa digunakan sebagai cocolan pada makanan Meksiko dan Amerika Selatan. Biasanya menggunakan tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, dan daun ketumbar.

Salsa biasanya merupakan padanan keripik Nachos atau Tacos dan Burritos. Bahan salsa terdiri dari campuran tomat merah, bawang bombai, avokad. Semuanya dipotong kecil, dibubuhi cuka dan merica hitam. Rasanya asam segar dan sedikit pedas.

Tak seperti kebanyakan saus, salsa tidak berkalori dan lemak tinggi. Kebanyakan bahan-bahannya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Misalnya Tomat, cabai, dan ketumbar yang kaya vitamin C. Prevention menyarankan 6 cara meracik sajian menggunakan saus salsa. Ada Beef Fajitas yang dimasak dalam slow cooker, kentang panggang, sup gazpacho, hamburger, salad bayam, juga cocolan untuk mengudap artichoke.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR