Rekomendasi bubur ayam enak di Jakarta

Bubur ayam.
Bubur ayam.
© Husnu Abdi /Shutterstock

Semangkuk hidangan berbahan dasar beras yang dimasak lunak, dengan tambahan suwiran daging ayam, potongan cakwe, irisan daun bawang, kacang kedelai, kecap, kerupuk atau emping ini bisa dinikmati kapan saja.

Bubur ayam, yang merupakan pengaruh dari Tiongkok, memiliki berbagai variasi di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya saja bubur ayam Sukabumi, yang dicampur dengan telur mentah sehingga ketika terkena bubur yang panas menjadi setengah matang.

Bubur ayam Tegal yang ditambahkan bumbu kuah kuning khas Tegal. Bubur ayam Cirebon ditambahkan kuah kaldu agar gurih. Bubur ayam Bandung yang bertekstur lebih padat.

Beberapa tusuk sate hati ampela ayam, usus dan telur puyuh pun dapat ditambahkan untuk memeriahkan mangkuk bubur ayam. Dan tentunya menambah kelezatannya.

Tidak sulit juga menemukan pedagang bubur ayam. Mulai dari penjual di gerobak keliling, hingga restoran-restoran besar.

Kami telah merangkum beberapa tempat jajan bubur ayam enak di Jakarta, dari berbagai sumber. Siapa tahu akhir pekan ini Anda ingin menikmati bubur ayam bersama keluarga.

Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman Cirebon, terletak tak jauh dari stasiun Cikini. Warung bubur ayam ini buka dua kali sehari, pukul 07.00 sampai 11.00 dan pukul 17.00 sampai 02.00.

Bubur Ayam Cikini adalah bubur ayam Cirebon. Dikutip dari Detik, semangkuk bubur ayam ini berisi bubur kental panas, ayam suwir, potongan cakwe dan emping. Tidak ada irisan daun bawang, kacang kedelai goreng, maupun kuah kaldu kuning di atas buburnya.

Kecap asin maupun manis, sambal, dan merica sudah tersedia untuk ditambahkan pada bubur yang beraroma jahe dan kaldu ini agar sesuai selera. Jangan lupa sate hati, ampela dan usus yang dapat menambah kelezatan bubur ayam yang sudah ada sejak tahun 1987 ini.

Bergeser ke Jakarta Selatan, Bubur Ayam Barito yang berdiri sejak tahun 1992 ini merupakan salah satu warung bubur ayam legendaris di Jakarta, terutama Jakarta Selatan. Sebelumnya, warung bubur ayam Barito ini berupa tenda yang terletak di pinggir Jalan Gandaria Tengah III, namun sejak Maret 2017 berubah menjadi kios.

Dilansir dari Tempo, Pemerintah Daerah DKI Jakarta telah melakukan pembenahan pedagang kaki lima di beberapa tempat di Jakarta, salah satunya adalah para pedagang kaki lima di daerah ini, termasuk warung bubur ayam Barito. Sehingga para pelanggan kini dapat menikmati bubur ayam dengan lebih nyaman.

Bubur Ayam Barito tidak pernah sepi pelanggan. Buka sejak pukul 16.00 sampai habis, pelanggannya beragam dari berbagai kalangan masyarakat. Tekstur bubur ayam Barito lebih pekat, ayamnya bukan disuwir, melainkan dipotong dadu juga ditaburi potongan cakwe. Uniknya, bubur ayam Barito menambahkan cheese stick yang gurih dan renyah sebagai pengganti kerupuk atau emping.

Di salah satu ruko di Jalan Tebet Barat, sebelah Pasar Kembang Tebet, terdapat Bubur Ayam Sukabumi. Kedai bubur ayam ini buka selama 24 jam. Jadi jika tengah malam merasa lapar, tidak ada salahnya mampir ke sini.

Buburnya bertekstur kental tetapi tidak pekat, cita rasanya perpaduan antara bubur khas Indonesia dengan cita rasa oriental. Biasa ditambahkan suwiran daging ayam, seledri, bawang goreng dan kacang kedelai goreng. Uniknya, sebagai pengganti kerupuk, bubur ayam ini menghidangkan pangsit goreng yang renyah.

Beralih ke kawasan Menteng, Anda bisa menemukan Bubur Ayam Haji Jewo yang konon merupakan langganan keluarga mantan Presiden Suharto.

Sebelumnya, bubur ayam Haji Jewo, yang juga dikenal dengan Bubur Ayam Jalan Tanjung ini berjualan di trotoar di Jalan Tanjung, tak jauh dari Jalan Cendana. Kini gerobak bubur ini terletak di Jalan Taman Cut Mutia nomor 1, Menteng.

Tekstur buburnya gurih, tambahannya sama seperti hidangan bubur ayam khas Indonesia; irisan atau suwiran ayam, seledri, kacang kedelai dan kerupuk. Uniknya, bubur ayam ini dilengkapi dengan sambal oncom.

Di Jakarta Utara, Anda dapat menjajal Bubur Ayam BCA Mayong, di daerah Kelapa Gading yang sangat laris. Lokasinya di Jalan Boulevard Timur, di seberang Bank BCA Kelapa Gading.

Buka sejak pukul 16.00 sampai 22.00, tetapi tidak jarang jauh sebelumnya sudah terjual habis. Dikutip dari situs Damn! I Love Indonesia, cita rasa bubur ayam yang sudah ada sejak 10 tahun ini berbeda dari bubur ayam lainnya. Isinya berlimpah, dan harganya cukup murah.

Begitu memasyarakatnya hidangan bubur ayam ini, sampai-sampai terdapat dua kelompok penggemar bubur ayam, yaitu kelompok bubur diaduk dan kelompok bubur tidak diaduk. Yang manakah Anda?

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.