Rencana perjalanan ke Hobart, Tasmania

Ilustrasi
Ilustrasi
© Greg Brave /shutterstock

Laporan oleh : Yani Lauwoie

Ketika jalan-jalan ke Hobart, Tasmania pada Agustus 2017, saya memang tidak menyiapkan waktu khusus untuk mencari informasi secara detail. Saya hanya mencari tahu apa saja tempat wisata yang ada, dan membiarkan kaki mau melangkah ke mana pada saat sudah sampai di Hobart.

Berikut adalah daftar rencana perjalanan ke Hobart, dengan penginapan di pusat kota Collins Street.

Hari 1: Mount Wellington & Royal Tasmanian Botanical Gardens

Untuk menuju Mount Wellington saya menggunakan Hobart Shuttle Bus Company dengan pick up point di Tasmanian Travel & Information Centre yang terletak di sudut Davey dan Elizabeth Street. Pulangnya pun diturunkan di tempat yang sama.

Dari sini sebenarnya bisa langsung naik bus Red Decker untuk sampai ke Royal Tasmanian Botanical Gardens. Tapi saat itu saya berjalan kaki, sekalian ingin melihat-lihat kota.

Ternyata perjalanannya cukup jauh. Sekitar 45 menit dan melewati perbukitan. Pulangnya, tanpa pikir dua kali saya pakai bus Red Decker dan sampai di Tasmanian Travel & Information Centre hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Hari 2: Salamanca Market, Parliament Square, General Post Office, Constitution Doc, City Hall, Town Hall, Cat & Fiddle Arcade, Elizabeth Street Mall

Ya, semua lokasi tersebut di atas bisa saya kunjungi dalam satu hari karena memang letaknya masih di sekitar pusat kota dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Area yang saya menghabiskan waktu terlama adalah Salamanca Market karena di market yang hanya buka hari Sabtu ini banyak sekali barang dagangan unik dan artisan, jadi lumayan menyita waktu saya untuk melihat-lihat.

Hari 3: Farm Get Market, Franklin Square, Mount Nelson Signal Station Reserve, St. David's Park, Battery Point
Farm Get Market yang terletak di Bathurst Street ini menjual hasil-hasil pertanian dan perkebunan yang fresh. Serunya di sini juga ada musisi jalanan yang saat itu membawakan lagu-lagu jazz.

Dari Farm Get Market saya menuju Mount Nelson Signal Station Reserve. Naik bus no. 457 dari Franklin Square. Sambil menunggu bus datang, bisa foto-foto di taman Franklin Square yang cantik.

Lalu ada apa di Mount Nelson Signal Station Reserve? Pemandangan kota Hobart serta pulau-pulau kecil lain di sekitarnya. Saya menghabiskan waktu cukup lama di sini karena pemandangannya sangat cantik.

Setelah kembali ke pusat kota dengan menggunakan bus yang sama, saya berjalan kaki ke Battery Point dengan melewati St. David's Park. Battery Point termasuk area bersejarah karena tempat tersebut adalah suburb tertua di Hobart.

Didirikan pada awal abad ke-19, area ini dulunya merupakan tempat penyimpanan baterai senjata yang digunakan sebagai alat pertahanan Hobart.

Hari 4: MONA, Franklin Wharf, Brooke Street Pier, Victoria Doc
Awalnya saya malas untuk berkunjung ke Museum of Old and New Art (MONA) karena tiket masuknya lumayan mahal bagi kantong budget traveler seperti saya, yaitu 28 AUD.

Namun karena dua orang teman saya yang sudah pernah ke Hobart merekomendasikan untuk datang ke sini, jadi saya putuskan untuk pergi. Keputusan yang tidak salah karena MONA ini menghadirkan koleksi seni yang sangat keren.

Pulang dari MONA dengan bus yang sama dengan perginya, yaitu X20, saya habiskan sisa sore saya di Franklin Wharf, Brooke Street Pier, dan Victoria Doc yang memang berada dalam satu garis lurus. Pemandangan laut dengan kapal-kapal layarnya cukup enak dilihat.

Hari 5: Sandy Bay (Long Beach)
Di hari terakhir ini saya menghabiskan waktu di Long Beach yang ada di Sandy Bay, sebelum terbang meninggalkan Hobart sore harinya. Pemandangan pantai di sini tidak terlalu istimewa soalnya pasirnya cokelat, tidak putih. Tapi karena semuanya tertata rapi saya jadi nyaman duduk-duduk di kursi yang menghadap pantai. Ya lumayanlah untuk menghabiskan waktu.

Untuk ke Long Beach, saya naik bus 429 dari Franklin Square dan stop tepat di pintu masuk Long Beach. Pulangnya saya naik bus 402 dari tempat saya turun dan turun di Macquarie Street, ttak jauh dari Franklin Square.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.