Roti Ganda khas Pematangsiantar

Cemilan coguek ???? #rotiganda #rotigandasiantar #kulinersiantar

A post shared by Rosee Kitchen ♨ (@rosee02_) on

Mengunjungi Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, sepertinya tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner setempat. Mi Siantar dan pangsit tentu tidak asing bagi para penikmat kuliner.

Ada satu penganan lagi yang juga menjadi ciri khas kota terbesar kedua di Provinsi Sumut tersebut. Namanya Roti Ganda.

Sebutan roti ganda sendiri berasal dari nama usaha roti yang sudah berdiri sejak pertengahan tahun 1979. Resep rahasia turun-temurun yang diolah dengan tangan berhasil menggoda selera banyak orang. Tak hanya dari wilayah sekitar, banyak turis yang sengaja datang ke Pematangsiantar untuk membeli roti tersebut.

Karena telah berdiri selama 38 tahun itu lah, Roti Ganda sudah menjadi salah satu ikon Kota Pematangsiantar.

Toko roti ini pada awalnya menjual kue bolu, tetapi orang lebih banyak memesan roti ganda.

Roti ganda sebenarnya adalah roti tawar berukuran besar yang dipotong menjadi dua bagian secara vertikal. Setelah itu roti akan diolesi dengan selai srikaya atau krim putih ditambahkan taburan butir cokelat (meisjes). Pilihannya rasa Roti Ganda memang hanya dua macam itu saja.

Kemudian roti dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu dibungkus dengan kertas roti dengan rapi dan diikat karet.

Toko roti yang terletak di Jalan Sutomo ini setiap hari memang tidak pernah sepi dari pengunjung. Dulu, toko roti berlokasi di Jalan Kartini. Meski, suasana toko sudah berubah tetapi aroma dan rasa roti ganda tetap sama seperti dahulu.

Ketika pengunjung memasuki toko, aroma roti baru keluar dari alat panggang akan tercium kuat. Tumpukan roti tersusun rapi dan siap untuk diolesi selai atau butir cokelat, sesuai pesanan.

Melihat ke dalam isi toko, maka Anda akan melihat langsung kesibukan para pelayan roti yang melayani pelanggan. Ada yang memotong roti, mengolesi roti dan juga memanggang roti.

Di sini, memang pengunjung tidak hanya bisa membeli roti tetapi juga bisa melihat cara pembuatan roti dan pengolesan selai secara langsung.

Para pengunjung bisa antre langsung di depan ruang pembuatan dan pengolesan roti. Ada dua tanda yang menempel di tembok atas dengan tulisan berwarna merah--roti tawar dan roti manis.

Tampilan roti ganda memang sederhana dan termasuk roti zaman dulu. Untuk roti sendiri ada yang berwarna hijau dengan rasa pandan dan roti putih.

Istimewa dari roti ini adalah olesan selai dan meisjes yang melimpah. Anda akan melihat pelayan toko mengolesi selai atau krim putih dan meses hingga merata di permukaan roti hingga ke sudut.

Untuk harga roti sendiri terbilang murah. Kalau membeli roti Ganda dengan ukuran besar hanya dibanderol Rp17 ribu. Sedangkan roti kecil harganya Rp3 ribu. Karena dibuat tanpa bahan pengawet, Roti Ganda akan kedaluwarsa hanya dalam dua hari.

Selain roti, Toko Roti Ganda juga menjual selai srikaya dan krim putih. Walaupun selai srikaya bisa ditemukan di seantero Sumatera Utara, namun produksi Toko Roti Ganda ini disebut sebagai yang paling nikmat.

Selai srikaya di Toko Roti Ganda memiliki tiga pilihan ukuran. Untuk selai srikaya yang ukuran satu gelas air mineral dengan harga Rp10 ribu. Sedangkan ukuran setengah kilo dibandrol Rp22 ribu, sementara ukuran satu kilo bisa dibawa pulang dengan membayar Rp42 ribu.

Banyak wisatawan menjadikan selai srikaya ini sebagai oleh-oleh khas Pematang Siantar. Selain mudah membawa, selai juga lebih awet.

Para pengunjung biasanya membeli selai srikaya yang ukuran setengah kilo dalam kemasan praktis dan aman disimpan ke dalam kabin pesawat.

Saat membeli biasanya pegawai toko akan menjelaskan tentang masa kedaluwarsa produk itu. Selai srikaya ini awet hingga sepekan bila disimpan pada suhu ruangan. Apabila disimpan di kulkas bisa lebih lama, hingga sepuluh hari.

Selain dua produk unggulan itu, Toko Roti Ganda juga menjual berbagai kue tart dan aneka kue basah.

BACA JUGA