Roti konde, camilan unik dari Bogor

Roti konde, buah tangan dari kota Bogor
Roti konde, buah tangan dari kota Bogor | Lazyra Amadea Hidayat/Tempo

Roti konde, sebutan yang cukup unik di telinga. Bagi Anda yang baru saja mendengar sebutan roti unik ini, mungkin langsung teringat dengan konde ibu-ibu.

Karena bentuknya yang mirip seperti konde ibu-ibu, penganan ini pun dinamai roti konde.

Bagi masyarakat Bogor, roti konde sudah tak asing. Roti konde merupakan hasil modifikasi dari roti canai atau roti maryam.

Melansir Wikipedia, roti yang dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak ini merupakan jenis roti pipih yang banyak dipengaruhi kuliner India.

Meski bentuknya sama, rasa roti konde lebih gurih daripada roti canai.

Jika Anda ingin mencicipi roti konde yang populer, singgah saja di kampung Arab kawasan Emang, Bogor, tepatnya di jalan Sadane Empang No.23 Bogor Selatan, Kota Bogor.

Tribunnews bisa datang ke kios Bakery Kanung. Di sini Anda tak hanya bisa menikmati rasa gurih dan manis roti konde, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Menurut paparan Cholid Askar, pemilik rumah produksi roti canai yang kemudian dimodifikasi menjadi roti konde, resep roti ini berasal dari ibunya.

"Ibu saya memang keturunan Timur Tengah," kata Cholid.

Tempo menulis, roti konde terbilang unik, sebab bentuknya bulat dengan diamater antara 12 hingga 15 centimeter dengan tebal 9 milimeter dan berkontur ulir.

Di Bakery Kanung, Anda bisa menyaksikan kesibukan para pekerja yang sedang membuat roti konde, mulai dari membuat adonan sampai dengan membentuk roti konde. Adonan roti yang panjang dan pipih kemudian diulir hingga membentuk spiral yang menyerupai konde. Setelah adonan dibentuk seperti konde, kemudian dipanggang.

Jika bagian roti ini ditarik, maka roti akan tampak seperti mi.

Roti konde bisa dinikmati sebagai camilan ditemani secangkir kopi atau teh. Anda bisa membeli roti konde sebagai buah tangan khas Bogor. Anda bisa pula membuat sendiri roti konde dengan mengikuti resep yang ada di halaman Kulineri.com.

Urban: Roti Konde /Cumicumi
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR