KULINER NUSANTARA

Sedapnya santap sambal matah khas Bali

Menikmati menu sambal, lebih sedap langsung dengan tangan
Menikmati menu sambal, lebih sedap langsung dengan tangan | Odua Images /Shutterstock

Sambal mentah atau dalam bahasa Bali biasa dikenal dengan sebutan sambal matah.

Ya, sambal matah memang sangat dikenal di Bali. Sesuai namanya, sambal matah disajikan mentah, tanpa dimasak maupun ditumbuk halus seperti sambal lainnya.

Isinya berupa irisan beberapa jenis cabai. Ada cabai rawit merah, cabai rawit dan cabai merah keriting.

Konon masyarakat Bali sangat menyukai makanan pedas. Oleh karena itu mereka membuat aneka masakan dengan percikan rasa pedas yang lebih menggigit. Sambal matah pun dibuat dengan campuran rawit merah, bukan hanya rawit hijau atau cabai merah keriting seperti sambal di daerah lain.

Hampir dalam semua masakan Bali, sambal matah turut disajikan sebagai pelengkap yang paling dicari. Misalnya saja nasi campur bali yang terdiri nasi putih hangat ditemani oleh kacang goreng, sate tusuk, sate lilit, urap, lawar, tum ayam, pepes ikan, ayam sisit, udang bumbu bali, telur, ares, dan tentu saja sambal matah.

Ayam betutu, yang juga merupakan salah satu masakan khas Bali, juga kerap kali disajikan dengan sepiring kecil sambal matah. Meskipun bumbu pada ayam betutu sudah bisa membuat lidah terasa panas karena pedas.

Jika penasaran dengan sambal yang satu ini, coba saja datang ke restoran yang menyajikan masakan khas Bali.

Di Bali, nyaris setiap tempat makan tradisional menyajikan sambal matah. Salah satu yang terkenal ialah Warung Made, yang memiliki racikan sambal matah yang menggigit pedasnya.

Sedangkan di Jakarta, ada beberapa restoran Bali yang membuka cabangnya. Ada Bebek Bengil dan Bebek Tepi Sawah yang dikenal akan masakan khas Bali berupa bebek goreng lengkap dengan nasi dan sayur.

Ingin mencoba mencocol sambal matah dengan makanan lain? Coba datang ke Holyribs, di sana Anda dapat menikmati menu sambal matah yang dihidangkan dengan masakan iga goreng serta nasi hangat.

Jika ingin sedikit berkreasi, sambal matah juga mudah dibuat di rumah. Meskipun pada beberapa resep ada perbedaan dalam mencampur bahan-bahannya. Misalnya saja penggunaan irisan bunga kecombrang, tomat hijau dan terasi bakar yang dapat ditambah dan dikurangi sesuai selera.

Resep Sambal Matah Bali (Balinese Chili Recipe Video) | MELATI PUTRI /Kokiku Tv
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR