TUJUAN WISATA

Semarak festival di Danau Toba 2019

Penari di depan rumah adat Batak Toba di Museum Batak TB Silalahi Cente, Toba Samosir, Sumatra Utara, Rabu (23/1/2019).
Penari di depan rumah adat Batak Toba di Museum Batak TB Silalahi Cente, Toba Samosir, Sumatra Utara, Rabu (23/1/2019). | Irsan Mulyadi /ANTARA FOTO

Mengusung tema Celebrating Nature in Art, kalender acara Danau Toba 2019 menampilkan 17 acara.

Seperti dikatakan Musa Rajekshah dinukil Kompas.com, ada yang berskala nasional dan internasional. Di antaranya tiga event sebagai Top three event, Karnaval Si Gale-Gale, Toba Caldera World Music Festival, dan Festival Danau Toba.

Kalender acara Danau Toba juga diharapkan bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan. Pasalnya, pada 2018 ada 231.465 wisatawan mancanegara yang melancong ke Danau Toba.

Jika Anda berencana berlibur ke Sumatra Utara, berikut kalender acara Danau Toba 2019.

Mei

Pada bulan Mei, ada dua perhelatan yang bisa dinikmati. Pertama Pesta Adat Sihaporas yang akan diadakan pada 18 Mei, di Desa Adat Sihaporas Kabupaten Simalungun.

Acara ini adalah ritual mengucap syukur yang setiap tahun diadakan oleh masyarakat setempat. Dinukil Tribunnewsmedan.com, ritual adat ini dimeriahkan oleh tarian dan pemberian sesajen.

Harapannya, masyarakat mendapat kesempatan minta ampun atas segala dosa, memanjatkan doa kesehatan dan keselamatan, kemurahan rezeki, kedamaian, serta kebahagiaan.

Pada akhir Mei, wisatawan bisa menyaksikan langsung Karnaval Si Gale-Gale yang berlangsung di Kabupaten Samosir. Karnaval ini memperlihatkan sebagian besar potensi budaya Samosir. Mulai dari parade ulos, hingga pentas kisah tentang patung Sigale-gale.

Juni

Pada 14-16 Juni, akan ada Toba Caldera World Music Festival. Acara akan berlangsung di Bukit Tarabunga, Balige, Kabupaten Toba Samosir ini menghadirkan seni budaya, kerajinan hingga kuliner khas Toba.

Juli

Selama bulan Juli, agenda festival di sekitar Danau Toba, Anda bisa menyaksikan Festival Tumba. Tumba adalah sejenis tarian tradisional etnis Batak. Festival diadakan di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan pada 20 Juli.

Maksud dari pertunjukan tari ini yaitu memberikan dukungan dalam mewujudkan Kaldera Toba masuk Global Geopark Network (GGN) UNESCO.

Selain itu, dikutip Antara.com, masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan dan mendapatkan perlindungan serta pengembangan lingkungan hidup.

Selain itu ada juga Festival Rondang Bittang pada 27-28 Juli 2019 Kampung Adat Sari Rondang Bittang, Kabupaten Simalungun.

Agustus

Bagi Anda penyuka musik Batak, jangan lewatkan pergelaran Samosir Music International. Acara pada 24 Agustus 2019, rencana diadakan di Tuk Tuk Siadong, Kabupaten Samosir.

Dalam pergelaran musik ini, para musisi ini diwajibkan untuk membawakan lagu daerah Batak. Selain itu mereka pun harus menggunakan alat musik Batak.

Menariknya, tidak hanya musisi lokal yang meramaikan event ini, tapi juga kehadiran musisi internasional pun ikut memeriahkan dengan membawakan lagu Batak, seperti dinukil detikcom.

September

Ada banyak event pada bulan ini. Mulai dari Grand Fondo New York Lake Toba, di Tuk Tuk, Kabupaten Samosir. Kemudian ada juga perhelatan olahraga yaitu Tour de Sinabung VI September 2019.

Tidak ketinggalan pada 11-12 September akan diadakan Pesta Budaya Oang-Oang di Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.

Dan yang tentu tidak boleh dilewatkan adalah Karnaval Pesona Danau Toba. Acara tahunan ini dihelat 13-15 September 2019 Balige di Kabupaten Tobasa ini adalah pesta rakyat yang meriah di sekitar Danau Toba.

Pengunjung bisa melihat karnaval budaya di Balige, pesta rakyat, parade perahu di Danau Toba, pertunjukan musik, pertunjukan tari, opera Batak, dan menikmati makanan khas Sumatera Utara.

Tidak ketinggalan, Tao Silalahi Art Festival pada 6-8 september 2019, yang juga berlangsung di kawasan Danau Toba. Serta Pesta Budaya Njuah-Njuah pada 25-30 September 2019 di Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Desember

Menutup tahun, giliran Festival Danau Toba. Tahun ini, Festival Danau Toba akan berlangsung selama empat hari pada 9-12 Desember 2019.

Sejak tahun 2012, acara tahunan ini dijadikan ajang promosi Sumatra Utara, khususnya Danau Toba, yang didaulat sebagai empat destinasi prioritas 10 destinasi Bali baru.

Event ini biasanya akan dimeriahkan dengan hiburan musik, seni dan kerajinan, aneka perlombaan dan kompetisi olahraga tradisional, seminar pariwisata, juga kuliner.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR