Siasati stres di perjalanan mudik dengan bekal jaringan data

Usir stres di perjalanan dengan berbekal jaringan data terkuat
Usir stres di perjalanan dengan berbekal jaringan data terkuat | /Shutterstock

Saat-saat merayakan Hari Raya Idulfitri merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Oleh karena itu, sebagian perantau akan mudik ke kampung halamannya. Ini sudah jadi tradisi di Indonesia sejak lama.

Sebagai tradisi tahunan, tentu banyak orang yang melakukan perjalanan pada saat bersamaan, membuat kemacetan jadi tak terhindarkan. Belum lagi bagi pemudik yang kampungnya jauh dan sulit ditempuh. Ini membuat perjalanan mudik kerap melelahkan dan membosankan.

Seiring perkembangan teknologi, utamanya smartphone dan internet cepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perjalanan mudik menjadi menyenangkan.

Mencari informasi

Bagi pemudik yang membawa kendaraan pribadi, tak ada salahnya mengunduh berbagai aplikasi yang mendukung kelancaran mudik seperti info lalu lintas dan rest area.

Sebab, kondisi jalan saat mudik kemungkinan akan selalu berubah karena berbagai faktor, sehingga pemudik harus terus update. Dengan persiapan berupa informasi yang tepat, Anda akan mengetahui jalan mana yang harus dilewati dan dihindari.

Membuat catatan perjalanan

Mudik adalah sebuah perjalanan. Mungkin akan ada kejadian-kejadian menarik yang mengiringinya, apalagi jika mudiknya melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi. Istilahnya, road trip. Tidak ada salahnya pengalaman ini ditulis dan disertai foto atau video, atau sekalian diunggah ke media sosial.

Menikmati konten multimedia

Mudik tanpa musik, rasanya kurang asyik. Apalagi sekarang sudah dimudahkan berkat adanya beberapa aplikasi streaming musik yang menyediakan aneka ragam lagu dari klasik hingga pop kekinian.

Untuk menemani perjalanan mudik, coba cari playlist dengan kata kunci ‘road trip’ di aplikasi streaming musik. Tentu saja, mendengarkan musik sesuai selera masing-masing pun boleh-boleh saja.

Bosan dengar musik, bisa beralih ke video. Saat ini konten video sudah tak terhitung ragamnya. Dari video ‘receh’ yang sekadar lucu-lucuan, hingga film panjang bisa dinikmati melalui internet.

Silaturahmi digital bisa dilakukan tanpa kendala berbekal jaringan data terkuat
Silaturahmi digital bisa dilakukan tanpa kendala berbekal jaringan data terkuat | /Shutterstock

Silaturahmi digital

Sepanjang perjalanan mudik, tak ada salahnya bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan teman. Para pemudik bisa mengabarkan keadaan terkini mereka kepada orang terdekat dengan panggilan video.

Bahkan, pertemuan virtual bisa dilakukan oleh beberapa orang sekaligus dengan menggunakan fitur konferensi video. Ini terbantu dengan teknologi 4G LTE, yang memungkinkan silaturahmi tanpa batas.

Mabar gim online

Ada beberapa gim online yang sedang populer di kalangan anak muda. Contohnya adalah PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Mobile Legends, dan Arena of Valor. Bagaimana tidak mengasyikkan, gim-gim tersebut dirancang untuk dimainkan bersama teman-teman. Istilahnya, mabar alias main bareng.

Untuk melakukan itu semua saat mudik, diperlukan internet yang cepat, stabil, dan memiliki jaringan data terkuat. Operator telekomunikasi seluler XL Axiata siap mendukung berbagai momen Ramadan dan mudik Lebaran dengan #JaringanDataTerkuat.

Operator yang beroperasi sejak 1996 ini menyediakan 10 ribu BTS baru di jalur mudik, serta 50 MBTS (mobile BTS/BTS bergerak). Di sepanjang Pulau Jawa, jalur tol Trans Jawa dan jalur kereta api Jakarta - Surabaya telah terlayani 100 persen dengan jaringan 4G LTE. Sementara, jalur non-tol Pantai Utara dan Pantai Selatan sudah di atas 90 persen.

Di Sumatera, jaringan 4G LTE sudah tersedia di lebih dari 94 persen jalur mudik utama. Jaringan 4G LTE juga sudah meliputi 66 persen daerah Balikpapan dan Samarinda, pulau Kalimantan.

Dengan #JaringanDataTerkuat dari XL Axiata membuat Ramadan #JadiLebihBaik dengan Silaturahmi Tanpa Batas. Mempermudah silaturahmi dengan keluarga lewat video call, mabar gim dengan teman dan menikmati konten Ramadan di media sosial.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR