TUJUAN WISATA

Taman Sungai Mudal ekowisata baru di Kulon Progo

Foto kolam pemandian di Taman Sungai Mudal
Foto kolam pemandian di Taman Sungai Mudal | Adi Wijayanto /Shutterstock

Taman Sungai Mudal, hanya berjarak satu jam perjalanan mobil dari pusat kota Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk Rp4 Ribu per orang.

Lokasi ekowisata ini tidak hanya menawarkan keindahan panorama tapi juga memberikan edukasi kepada pengunjungnya untuk menjaga kelestarian alam.

Mudal adalah sebuah mata air yang bersumber dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar.

Aliran air yang jernih dan meluap membentuk aliran sungai yang melewati air terjun dengan nama serupa, berlanjut hingga air terjun Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah.

Tempat wisata Taman Sungai Mudal dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat. Berawal dari kerja bakti masyarakat sekitar membersihkan daerah aliran sungai yang terbengkalai sepanjang kira-kira 600 meter.

Lalu, membuat kolam alami berair jernih untuk berendam, berenang atau bermain air dengan cara membendung sungai tersebut. Di lokasi juga terlihat berbagai jenis bunga terutama anggrek yang ditanam di bantaran kolam.

Uniknya, siapa pun dapat menyumbangkan benih tanaman atau bunga untuk mempercantik taman sungai melalui program "Trees of Hope", yaitu satu program titip tanam yang dilakukan di Taman Sungai Mudal sebagai usaha pelestarian lingkungan.

Keberadaan tebing batu Gunung Kelir di sekitar lokasi membuat Taman Sungai Mudal semakin teduh dan terlindung dari sengatan sinar matahari yang menyengat. Jika sedang beruntung, Anda bisa melihat kera ekor panjang (macaca fascicularis) yang banyak ditemukan di kawasan pegunungan Menoreh tengah menuruni tebing batu ini untuk mencari makanan.

Sementara itu, sekitar 95 meter dari lokasi kolam terdapat air terjun. Tempat menarik lainnya adalah jeram-jeram dan lubuk yang ada setelah air terjun Mudal.

Beberapa tempat di sekitar yang patut Anda kunjungi adalah Bendung Pule, Kedung Wong, Kedung Luweng, Kedung Dowo, Kedung Rempelas, Kedung Awar-awar, dan Kedung Gedoya.

Kolam pemandian dan renang berada di area Kedung Gedoya. Ada juga kolam yang dibuat ramah untuk anak dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dan untuk dewasa dengan kedalaman ada yang sampai 2 meter. Kolam berukuran luas 7x11 meter persegi untuk bermain dan berenang anak. Sedangkan kolam kedua berukuran 7x10 meter persegi untuk dewasa. Tersedia juga pelampung untuk disewa dengan harga Rp5 Ribu.

Anda yang kebetulan kurang menyukai wisata air, bisa mencoba mendaki ke bukit Watu Wayang. Tempat ini adalah tebing batu kapur, letaknya masih di sekitar lokasi. Pengelola juga menyediakan fasilitas selengkap mungkin seperti kamar mandi, kamar ganti, musola, dan warung makan di sana. Tak lupa gazebo untuk beristirahat juga tertata rapi.

Hal lain yang tidak kalah penting saat bervakansi bukan hanya keindahan alam saja, tapi juga memiliki koneksi internet.

Adanya fasilitas WiFi di sini secara gratis bertujuan agar pelancong lebih mudah mengunggah foto-foto ke akun media sosial. Harapannya, ekowisata Taman Sungai Mudal juga semakin dikenal masyarakat luas.

Seperti yang dilakukan Hanung Bramantyo dan keluarga yang memilih mengisi liburan anak-anaknya dengan berwisata ke tempat ini.

“Pelan-pelan tapi pasti kita sudah berjanji untuk sering membawa anak-anak untuk lebih dekat dengan alam, nyaman main di alam,” ujar Zaskia sang istri seperti dinukil Okezone.

Zaskia dan Hanung mengaku awalnya cukup sulit membujuk anak-anak mereka mau mengikuti wisata ke alam bebas. Beruntung perempuan berusia 30 tahun itu berhasil menyakinkan anak-anaknya untuk merasakan keindahan alam tersebut.

“Alhamdulillah makanya kemarin seneng banget bisa bawa anak-anak ke sungai Mudal. Air terjunnya tidak heboh, banyak kolam-kolam alami semacam bendungan yang tidak dalam, sangat nyaman buat anak-anak," ujarnya senang.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini di antaranya adalah berkemah, flying fox, dan river tubing. Untuk menikmati wahana flying fox, Anda cukup membayar sekitar Rp15 Ribu per orang.

Pilihan wisata ke alam yang lengkap seperti di Taman Sungai Mudal ini cukup mudah dicapai dari kota Yogyakarta. Dengan mobil dapat mengikuti rute langsung menuju ke Jalan Godean. Dari Jalan Godean lurus saja ke arah Barat menuju arah Kulon Progo sekitar 30 kilometer.

Lurus terus nanti akan masuk ke kawasan Kulon Progo. Kemudian, dari sana Anda tinggal mengikuti papan petunjuk jalan menuju ke Taman Sungai Mudal.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR