TUJUAN WISATA

The Apurva Kempinski Bali hadir mengusung keragaman Indonesia

Lokasi The Apurva Kempinski Bali yang strategis dengan pasir putih dan pemandangan laut yang memukau.
Lokasi The Apurva Kempinski Bali yang strategis dengan pasir putih dan pemandangan laut yang memukau. | /The Apurva Kempinski Bali

Hotel mewah asal Eropa, Kempinski, melansir resor yang mengusung keragaman Indonesia di dalam satu tempat. Hotel yang berdiri sejak 1897 di Eropa ini, merancang hotel berbalut budaya Nusantara modern yang diberi nama The Apurva Kempinski Bali.

Resor yang terletak di Nusa Dua, Bali, mengemas tempat penginapan dengan unsur budaya Indonesia yang kental dalam balutan arsitektur dan desain interior bernilai seni tinggi. Resor dengan 475 kamar, suite yang ikonik, dan vila eksklusif ini, menyajikan pemandangan tepi tebing dan pesisir pantai yang indah.

Memanfaatkan keindahan alam, The Apurva Kempinski Bali menempatkan enam restoran, bar, dan lounge di tepi pantai nan eksotis serta keindahan alam dengan citarasa lokal dan internasional, baik di dalam atau luar ruangan.

“The Apurva diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya unik dan luar biasa. Kami ingin menunjukkan keunikan dengan keanekaragaman Indonesia, yaitu art, culture, dan heritage Indonesia dengan melibatkan ratusan pengrajin Indonesia,” ujar Danti Yuliandari Director of Marketing The Apurva Kempinski Bali, pada konferensi pers di hotel Kempinski, Jakarta, pagi tadi.

Keunikan yang dimaksud adalah rancang desain bangunan dari setiap sudut hotel. Hal tersebut diwujudkan melalui Apurva spa yang menghadap laut. Konsep tersebut terinspirasi dari praktik penyembuhan tradisional Jawa dan Bali dengan berbagai jenis perawatan yang berfungsi untuk keseimbangan dan kebugaran tubuh.

Secara filosofi, konsep yang diterapkan sangat erat dengan tatanan hidup masyarakat Bali. Misalnya, sistem aliran air yang terinspirasi dari konsep sistem pengairan sawah di Bali atau dikenal dengan subak. Desain subak menggambarkan tatanan hidup harmonis antara manusia dan Sang Pencipta, manusia dan manusia, manusia dan alam sekitar.

Selain itu, unsur mewah dan daya tarik lokal dikombinasikan dengan keragaman Tanah Air menjadi tema utama The Apurva Kempinski Bali. Keragaman kekayaan Nusantara menjadi perpaduan serasi dengan karakter tropis Indonesia, menjadi inspirasi desainer interior ternama, Rudi Dodo, dalam menggarap hotel ini.

Tak berhenti disitu, The Apurva juga mengusung konsep pendopo dengan ruang terbuka lebar dan langit–langit yang menjulang tinggi dengan penggunaan elemen kayu dan ukiran partisi khas Jawa atau yang lebih dikenal dengan gebyok.

Ukiran kayu dan ornamen–ornamen Bali juga turut menghiasi desain interior kamar, suite dan vila. Tak luput, pengaplikasian warna–warna natural disematkan untuk memunculkan kesan hangat dengan latar belakang pemandangan laut serta taman tropis yang memberikan rasa sejuk untuk para tamu.

Menunjuk Happy Salma sebagai penasihat seni

Sebagai pekerja seni yang bangga terhadap budaya Indonesia, Happy Salma, dipercaya untuk menjadi penasihat seni (art advisor) The Apurva Kempinski Bali. Berkat pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebagai pekerja seni, ia dirasa cocok untuk mewakili wajah keragaman yang ada di Indonesia.

Happy Salma mengaku bangga menjadi penasihat seni The Apurva Kempinski Bali.
Happy Salma mengaku bangga menjadi penasihat seni The Apurva Kempinski Bali. | Randi Aditya /Beritagar.id

“Kami (memang) nggak ada kandidat influencer lain selain Happy Salma. Karena beliau sudah kita ketahui kecintaannya pada budaya dengan berbagai hal yang dilakukannya. Selain sebagai seorang art advisor, Happy Salma melalui perhiasan beliau, Tulola juga akan mendesain perhiasan yang diperuntukkan bagi duta Kempinski yang bernama Lady in Red”, papar Danti Yuliandari.

Happy Salma pun mengaku bangga bisa terlibat dalam pembuatan resor tersebut. Hal tersebut disebabkan kesamaan visi dan misi untuk merawat keberagaman yang menjadi nilai luhur di Indonesia.

"Saya dan Apurva Kempinski Bali punya visi misi yang sama, yaitu merawat kebhinekaan dan melibatkan banyak seniman-seniman tanah air," tutur Happy Salma di sela konferensi pers The Apurva Kempinski Bali.

Sebagai penasihat seni, Happy akan berperan dalam meningkatkan kesadaran publik tentang seni, budaya, dan warisan Indonesia. Lebih dari seorang artis, ibu dua anak ini juga menorehkan karier sebagai penulis, sutradara, dan saat ini, fokus di dunia teater.

"Keterlibatan saya hanya memberi masukan kecil dan lebih (memperkenalkan) seni dan budaya. Di sini (desain The Apurva) sudah sempurna dan kolaborasi saya di sini lebih mendiskusikan bagaimana dana pa saja (kegiatan) yang bisa saya berikan untuk The Apurva,” tutup Happy.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR