TUJUAN WISATA

Tiga festival unggulan Sulawesi Selatan

Ilutrasi pinisi
Ilutrasi pinisi | MARIO ANDI SUPRIA /Shutterstock

Kekayaan alam Indonesia selalu memberikan inspirasi untuk merencanakan liburan yang menyenangkan, salah satunya adalah bumi Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan bahari nan mengagumkan.

Selain liburan menikmati lokasi-lokasi yang menarik untuk dikunjungi, Anda juga bisa turut meramaikan berbagai festival yang akan digelar sepanjang akhir tahun 2018 ini.

Akses ke Sulawesi Selatan sekarang ini sudah cukup memadai, salah satunya karena keberadaan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang memudahkan wisatawan untuk menjelajah Indonesia bagian timur.

Sulawesi Selatan dari segi peningkatan jumlah wisatawan, sejak 2016 telah mengalami peningkatan. Menurut Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina Saroengallo, ada 234.249 orang wisatawan mancanegara dan 8,4 juta wisatawan domestik yang berkunjung ke sana.

“Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Makassar mencapai 74% sedangkan ke Toraja 8%, Bulukumba 2%, dan destinasi lain 2%,” ujar Tautoto.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Sulawesi Selatan, berikut beberapa acara menarik yang akan diselenggarakan:

Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) 2018

Tahun ini adalah kali ketiga MIEFF diselenggarakan. Rencananya, bakal ada delapan acara utama yang disebut 8F, yaitu Fashion, Film, Food & fruit, Folk, Flora & fauna, Fine arts, Fusion music, Fiction writers & font.

Selama acara berlangsung, pengunjung bisa menikmati kuliner khas Makassar sekaligus merasakan sensasi makan di kapal pinisi yang berlokasi di tepi Pantai Losari. Selain itu, akan ada festival makanan tepi laut yang dimeriahkan oleh sekitar 200 stan penjual makanan.

Ragam kerajinan tangan dari warga lokal akan dipamerkan dan ditawarkan di The Seaside Marketplace.

Anda yang merupakan penggemar sastra, Fiction Writers and Font Section akan menyajikan program pembacaan puisi, monolog, lomba menulis, dan pameran buku.

Pencinta seni juga akan dimanjakan oleh instalasi seni tiga dimensi, patung, dan mural. Lalu, bakal hadir aksi melukis langsung oleh 50 pelukis. Selain itu, juga ada pertunjukan musik rakyat, pertunjukan seni, permainan dan tantangan kreatif, serta festival kuliner rakyat.

Hiburan musik yang akan dipentaskan di sejumlah panggung gabungan akan mempersembahkan karya dari berbagai genre seperti, jazz, rock, pop, dangdut, hingga keroncong.

Festival Pinisi 2018

Acara kedua adalah Festival Pinisi yang akan diadakan pada tanggal 3 hingga 16 September 2018 di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan sampai peluncuran kapal pinisi yang merupakan warisan budaya sekaligus ikon Indonesia sebagai negara maritim.

Setelah itu, acara ini bakal diramaikan dengan kegiatan pelayaran yang diikuti oleh sejumlah kapal pinisi, lomba memancing, juga ada area kuliner, pameran kerajinan hingga pertunjukan seni.

Pengunjung juga bisa mendatangi kawasan adat Kajang untuk melihat ritual Suku Kajang seperti addingingi kampong dan attunu panroli yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan metode pembuktian bagi warga Kajang dalam mencari keadilan, pertunjukan tari tradisional pabbitte passapu, dan demonstrasi pembuatan tenun Kajang.

Festival Lovely Toraja 2018

Pada akhir tahun, rencananya bakal diselenggarakan Festival Lovely Toraja, tepatnya pada 28 hingga 29 Desember 2018 dan berlokasi di Kota Makale.

Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan, seperti Festival Kopi dan Internasional Barista Competition, Festival Foto Wisata, Toraja Night Run, pameran kuliner, dan pagelaran seni budaya.

Tahun lalu, festival ini berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tana Toraja hingga 35 persen.

Tak hanya tiga festival tersebut, masih banyak acara yang diadakan di Sulawesi Selatan hingga akhir tahun 2018 yaitu Beautiful Malino di Gowa pada 14-15 Juli, Toraja Marathon di Tana Toraja pada 20 Oktober, Festival Takabonerate dan Sail & Sale Selayar di Kepulauan Selayar pada 23-28 Oktober, dan Festival Danau Tempe pada 19-22 September

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR