Tip melancong ke negara Schengen

Tip melancong ke negara schengen
Tip melancong ke negara schengen | /Shutterstock

Eropa masih menjadi destinasi primadona bagi para pelancong. Mereka terpincut dengan keragaman dan kekayaan budaya pada masing-masing negara.

Tak hanya pesona keragaman, melancong ke salah satu negara Eropa, kecuali Britania Raya, bisa sekaligus menyinggahi negara tetangga hanya dengan satu visa. Visa Schengen merupakan merupakan surat izin masuk untuk memasuki 22 negara Uni Eropa dan 3 negara non Uni Eropa. Ada 26 negara yang masuk dalam daftar. Di antaranya Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Islandia, Italia, Jerman, Perancis, Yunani, dan lainnya.

Bagi pelancong yang tidak terikat pekerjaan, mereka bisa melancong ke semua negara Schengen. Namun tidak dengan mereka yang hanya memiliki cuti terbatas. Agar perjalanan Anda menyenangkan, pertama tentukan negara tujuan dan destinasi yang akan dikunjungi.

Misalkan, waktu yang dibutuhkan untuk menyinggahi lima-enam negara Schengen adalah 20 hari, dengan asumsi, tiga hari berada di satu negara. Jangan berambisi menjelajahi lebih dari enam negara karena hal itu akan membuat Anda lelah dan kurang bisa menikmati liburan.

Kedua, mengurus visa Schengen melalui lembaga yang ditunjuk negara setempat. Penuhi semua syarat yang ditetapkan termasuk asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi warga negara Indonesia ketika mengajukan visa Schengen.

Pilih asuransi perjalanan yang telah disetujui oleh negara Schengen di Indonesia. New TravelPro dari Allianz contohnya. Asuransi ini sudah memenuhi syarat pengajuan visa negara-negara Schengen, dengan manfaat sepertimenanggung masalah medis, evakuasi darurat, kecelakaan, pembatalan atau penundaan penerbangan, hingga mengganti bagasi yang hilang. Nilai pertanggungan asuransinya minimal 30 ribu Euro.

Pemilihan asuransi perjalanan saat mengajukan visa Schengen tidak main-main. Pasalnya, pihak kedutaan akan meminta nilai pertanggungan dengan nilai tertentu yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan Anda selama bepergian.

Ketiga, transportasi. Eropa terkenal dengan transportasi nyaman dan beragam. Untuk menjelajah dari satu negara ke negara lain, Anda bisa menggunakan kereta dengan Eurail Pass, sewa mobil, bus, atau pesawat. Sesuaikan dengan biaya dan waktu Anda.

Keempat, penginapan. Seperti transportasi, Eropa memiliki beragam penginapan. Anda bisa menginap di hotel, hostel, menggunakan layanan Airbnb, atau memanfaatkan Couchsurfing.

Kelima, bekal komunikasi. Tak hanya penginapan, Anda pun membutuhkan fasilitas internet. Internet di Eropa sangat memadai, karena semua area publik, cafe, atau penginapan memiliki koneksi WiFi. Jika tidak ingin bergantung pada WiFi, beli saja sim card lokal.

Selamat menjelajahi Eropa.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR