Tip menikmati liburan akhir tahun bersama si kecil

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi tip menikmati liburan akhir tahun bersama si kecil
Ilustrasi tip menikmati liburan akhir tahun bersama si kecil | Shutterstock

Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk liburan bersama si kecil. Jika tidak sempat menyiapkan agenda liburan ke luar kota atau luar negeri, Anda dan keluarga masih bisa menikmatinya meski di dalam kota. Misalnya piknik ke taman kota atau kebun binatang.

Sebelum menikmati kebersamaan dengan anak, ada baiknya Anda memperhatikan lokasi piknik. Pilih lokasi piknik yang sekiranya tidak membuat anak bosan selama perjalanan. Perhatikan pula lalu lintas dari rute rumah ke lokasi tujuan, apakah macet, terlalu panas, baru saja diguyur hujan, dan lainnya.

Pasalnya, lokasi piknik masih satu kota dengan tempat tinggal akan lebih nyaman ditempuh dengan menggunakan mobil. Sebagai sarana transportasi untuk keluarga, mobil yang digunakan harus berada dalam kondisi yang sangat baik.

Bila mobil bermasalah, Anda bisa segera memperbaikinya ke bengkel langganan. Tidak dapat dipungkiri memang, bagi sebagian orang memasukkan mobil ke bengkel cukup menyita waktu. Bahkan hal ini bisa merepotkan, apalagi masih banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Untuk menghindari masalah di perjalanan, Anda harus memastikan mobil dalam kondisi prima sebelum digunakan untuk liburan bersama keluarga. Komponen utama yang penting diperhatikan antara lain sistem pengereman, tegangan aki, lampu-lampu, ban, radiator, dan oli mesin.

Jika kondisi mobil sudah berada dalam kondisi baik, cek perlengkapan lain agar Anda dapat berkendara dengan aman. Meski jarang digunakan, jangan lupa melengkapi mobil dengan peralatan P3K, ban cadangan, dan perkakas lain yang dapat membantu saat keadaan darurat. Jangan sampai liburan Anda berantakan karena Anda kurang mempersiapkan performa kendaraan.

Dampak yang ditimbulkan ketika mobil bermasalah di perjalanan dapat diminimalisasi dengan fasilitas yang ditawarkan asuransi Garda Oto. Asuransi dari Astra ini memiliki fasilitas yang mampu mengurangi beban Anda, seperti layanan antar jemput dari rumah ke bengkel dengan Garda Siaga. Anda cukup menghubungi Garda Akses yang beroperasi 24 jam setiap hari untuk meminta penjemputan baik ke bengkel atau saat darurat (kendaraan mogok, pintu terkunci dari dalam, dan kecelakaan).

Garda Oto juga tidak membebani Anda dalam pembelian dan pembayaran polis, hingga mengajukan klaim. Cukup menggunakan Garda Mobile Otocare, permintaan Anda akan diproses tanpa membutuhkan waktu lama.

Setelah menentukan lokasi dan kendaraan, siapkan bekal mulai dari makanan dan minuman. Anda bisa melibatkan anak dalam menyiapkan bekal dan tanyakan kepada anak mengenai makanan dan minuman yang harus dibawa. Sebisa mungkin bawa bekal dengan menu sederhana, misalnya bola nasi isi ayam mayo, siomai, puding buah, atau sandwich isi (cream cheese, telur sayuran, atau selai buah). Gunakan tempat menyimpan makanan yang transparan agar mudah mengenali makanan yang akan disantap.

Jangan lupa membawa kudapan, seperti biskuit, keripik, atau nugget pisang sebagai “penunda” lapar. Untuk minuman, siapkan minuman yang menyegarkan seperti fruit punch (air mineral plus perasan lemon dicampur dengan potongan buah-buahan) dan selalu membawa air mineral. Jika ingin menjaga air tetap dingin, Anda bisa membawa ice box ukuran kecil atau termos.

Tips menikmati liburan akhir tahun bersama si kecil /Beritagar ID

Piknik di taman kota, kebun binatang, atau kebun raya identik dengan keberadaan serangga. Terkadang anak tak merasakan gigitan serangga, yang orang tua tahu ia sudah sibuk menggaruk atau tubuhnya memerah. Untuk mengatasi hal seperti itu, siapkan perlengkapan khusus anak, yaitu losion atau cairan pengusir serangga dan lavender essential oil.

Sebelum berangkat usapkan tabir surya dan losion anti serangga. Ulangi ketika tiba di lokasi tujuan. Bawa pula tisu basah, tisu kering, cairan antiseptik, obat alergi, dan obat diare. Tak ada salahnya untuk membawa baju ganti dan alas duduk anti air jika kondisi rerumputan basah atau lembap.

Selagi piknik dengan mengenalkan lingkungan sekitar, Anda dapat mengajarkan anak tentang kebersihan. Misalnya selalu mencuci tangan atau menggunakan cairan antiseptik sebelum dan sesudah makan, setelah memegang hewan, dan setelah buang air besar atau kecil.

Pada akhirnya, tak ada yang lebih menyenangkan daripada menikmati kebersamaan dengan keluarga. Minimalisasi penggunaan ponsel untuk membahas pekerjaan Anda. Sebaliknya, gunakan ponsel untuk memotret atau merekam reaksi anak terhadap lingkungannya. Jika membawa kamera, beri kesempatan anak untuk memotret hal-hal yang menarik perhatiannya. Selamat menikmati waktu akhir tahun bersama keluarga.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR