Wisata romantis di Pulo Cinta

Foto aerial kawasan wisata Pulo Cinta.
Foto aerial kawasan wisata Pulo Cinta. | Adiwinata Solihin /ANTARA

Bila Anda mencari tujuan wisata yang romantis, Pulo Cinta bisa jadi jawaban yang tepat. Pulau yang berada di Boalemo, Gorontalo, Sulawesi, ini berada di tengah laut dan membentuk lambang cinta.

Sejarah dari pulau ini juga terbilang romantis. Dikenal sebagai pulau rempah-rempah, kala itu Sulawesi jadi area yang dilewati rute perdagangan Belanda.

Konon, di pulau ini Pangeran muda Gorontalo bertemu dengan perempuan cantik putri dari pedagang Belanda. Saat terjadi perang di Gorontalo, di pulau cinta ini lah pasangan ini bertemu secara diam-diam dan menjalin cinta walau tanpa persetujuan. Kemudian, Pulo Cinta disebut sebagai tempat pelarian pasangan ini.

Saat ini, Pulo Cinta telah dibangun menjadi resort dengan 15 pondok yang berada mengelilingi pulau berbentuk hati tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo, Jamal Ngandro, dikutip Kompas, pulau tersebut sengaja dirancang sesuai rumah adat penduduk setempat. Bahan bangunan terbuat dari kayu dan tanpa menggunakan pendingin ruangan. Sehingga setiap pondok terkesan alami.

Jamal pun mengatakan bahwa akses menuju pulau ini tidak sulit karena pulau tersebut berdampingan dengan Pantai Bolihutuo, tempat wisata yang sudah lebih dahulu dikembangkan.

Pengunjung melakukan selam permukaan atau snorkeling di kawasan wisata Pulo Cinta.
Pengunjung melakukan selam permukaan atau snorkeling di kawasan wisata Pulo Cinta. | Adiwinata Solihin /ANTARA

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat di Pulo Cinta adalah menjelajah Boalemo, bertualang di pulau, dan menjelajahi wisata bawah laut.

Di Boalemo, Anda bercengkerama dengan orang dari Suku Bajo, berjalan-jalan di sekitar desa, dan warga lokal akan memperlihatkan kearifan lokal dan cara hidup dengan alam. Anda juga bisa bertemu dengan yaki, yaitu monyet hitam Sulawesi.

Jangan lupa untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitar, olahraga air, melihat area konservasi terumbu karang, dan menjelajah lautan. Dengan penginapan di atas air, Anda pun bisa berenang setiap saat langsung dari depan kamar.

Untuk mencapai pulau ini, mulailah perjalanan dari kota setempat ke Bandara Jalaluddin, Gorontalo, Sulawesi. Dari bandara, Anda akan dijemput oleh kru dari Pulo Cinta dan melanjutkan perjalanan darat selama dua jam ke Kabupaten Boalemo.

Setelah itu, Anda akan naik kapal dari Pelabuhan Boalemo sampai ke Pulo Cinta selama kurang lebih 25 menit. Fasilitas penjemputan dari bandara sudah termasuk dalam biaya menginap di Pulo Cinta.

Biaya menginap di Pulo Cinta per malamnya mulai dari Rp3,5 juta untuk dua orang, Rp7 juta untuk 4 orang, dan Rp10,5 juta untuk 6 orang pada hari kerja. Biayanya akan meningkat saat akhir pekan dan musim liburan.

Biaya tersebut sudah termasuk antar jemput dari dan menuju Bandara Jalaluddin, tiga kali makan dalam sehari serta camilan, teh dan kopi, juga peralatan menyelam dan tur keliling pulau.

Dilansir narablog Marischka Prudence, perkiraan biaya dari Jakarta ke Pulo Cinta adalah Rp5,5 juta per orang di hari kerja selama 3 hari 2 malam. Dengan menambah Rp150 ribu, Anda sudah bisa berenang bersama hiu sebelum kembali ke bandara.

Foto kiriman Pulocinta Eco Resort (@pulocinta) pada

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR