TUJUAN WISATA

Wisata sawah di Desa Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, kini menjadi destinasi baru yang menarik bagi wisatawan saat berada di Malang, Jawa Timur.

Dilaporkan CNNIndonesia.com, dalam tiga bulan terakhir Desa Pujon Kidul memang mengalami perubahan.

Hamparan sawah dengan luas 7.600 meter persegi ini dulu hanya lahan gersang yang tidak terurus. Tapi berkat kerja sama dan kreativitas kepala desa dan warga yang menyulap menjadi desa wisata yang menyajikan konsep wisata agro.

Pemandangan sawah di Desa Pujon Kidul yang awalnya nampak biasa saja, kini berubah penampilan. Tidak hanya hijau hamparan sawah yang akan memanjakan mata pengunjung tetapi juga terlihat tempat untuk bersantai seperti kafe sawah.

Selain itu, di sini para wisatawan juga bisa menikmati atraksi wisata menarik yang menggabungkan wisata edukasi peternakan, pertanian, dan olahan makanan dari masyarakat.

Perubahan wajah di Desa Pujon Kidul berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung. Tiap akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai angka 3.000 dan pada hari kerja sekitar 500 pengunjung.

Pujon Kidul tidak hanya memiliki wisata alam seperti kafe sawah. Tetapi ada juga Kampung Susu, di mana wisatawan bisa melihat peternakan sapi dan proses pemerahan susu.

Ada pula dusun yang warganya fokus pada budi daya tanaman toga. Sehingga disebut Kampung Toga. Bagi pencinta buah, bisa mampir Kampung Markisa, Apel dan Jambu Merah. "Kalau untuk jambu merah sudah bisa dipetik untuk wisata petik buah," kata Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon seperti dinukil Liputan6.com.

Di sini juga sudah ada penginapan. Hingga saat ini sudah ada 55 penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan. Bahkan rencananya akan dibuat hingga 100 penginapan oleh pihak pemerintah setempat untuk mengembangkan Desa Wisata Pujon Kidul.

Keberhasilan Desa Pujon Kidul memanfaatkan Program Dana Desa sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat pun mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo.

Melalui unggahan video di akun YouTube Jokowi yang berjudul Era Baru Desa Pujon Kidul, memberikan apresiasi atas keberhasilan Desa Pujon Kidul menjadi destinasi wisata baru di Malang, Jawa Timur.

Pada akhir tahun 2016, Desa Pujon Kidul juga berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Wisata Agro dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setelah sebelumnya juga sukses meraih penghargaan sebagai Desa Pro Iklim.

Ragam kegiatan wisata

Bermacam aktivitas menarik pun ditawarkan di Desa Pujon Kulon bagi para wisatawan. Mulai dari wisata edukasi yang mengajak pengunjung untuk mengenal dunia pertanian dan peternakan.

Pengunjung yang datang juga bisa belajar bertani. Mulai dari pemilihan bibit, perawatan sampai panen. Menariknya, wisatawan diperbolehkan untuk membawa hasil panen yang dipetik sendiri.

Menjajal langsung memerah susu sapi, sampai mengolahnya juga pengalaman menarik yang ditawarkan di Desa Pujon Kidul.

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan di alam bebas, di Desa Wisata Pujon juga ada paket wisata menjelajahi flora maupun fauna khas dataran tinggi dengan disuguhi keindahan alam pegunungan dan air terjun serta hutan pinus.

Tak ketinggalan yang menjadi daya tarik sebuah destinasi wisata tentu adalah lokasi berswafoto. Begitu juga yang ditawarkan Desa Wisata Pujon Kidul, Malang.

Kafe sawah yang sedang populer, sawah yang sudah dipercantik dengan tanaman hias dan bangku taman adalah salah satu spot foto favorit di sini.

Pilihan titik berswafoto yang instragammable lain adalah kolam bentuk hati dan taman bunga warna-warni. Wisatawan juga bisa berswafoto dengan latar belakang bertuliskan Desa Wisata Pujon Kidul dengan replika capung berukuran besar.

Tidak lengkap rasanya melancong tanpa membawa suvenir. Sebagai buah tangan, bawalah pulang camilan khas Desa Wisata Pujon Kidul, seperti aneka olahan keripik buah. Ada tiga pilihan rasa yang bisa dibeli, yaitu keripik buah apel, jambu, dan stroberi.

Ada juga stik susu dari produk olahan susu dan minuman segar seperti beras kencur yang baik kesehatan tubuh. Semua produk makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini merupakan produksi dari Desa Wisata yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Desa Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur, berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat kota. Untuk mencapainya butuh waktu kurang lebih 1,5 jam.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR