Yang harus diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan

Yang harus diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan.
Yang harus diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan. | /Shutterstock

Memilih maskapai tepercaya merupakan keharusan bagi setiap pelancong karena maskapai dengan reputasi baik akan memberikan pelayanan yang baik pula. Hal ini juga berlaku pada asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan merupakan perlindungan wajib bagi setiap orang yang bepergian, terlebih jika Anda bepergian menggunakan pesawat. Namun sebelum memilih asuransi perjalanan, ada hal-hal yang harus kita perhatikan.

Pertama, pilih sesuai kebutuhan. Sebelum membeli, baca beberapa produk asuransi perjalanan dan sesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya ke mana negara yang dituju, pergi sendiri atau bersama keluarga, berapa lama bepergian, dan barang apa saja yang dibawa.

Kedua, reputasi perusahaan. Sembari memilih, cek reputasi perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan. Cek reputasinya di situs perusahaan, apakah terdaftar di laman OJK dan jangan lupa baca ulasan para nasabah asuransi tersebut.

Ketiga, pelajari manfaat asuransi. Setelah memilih asuransi perjalanan, baca dan pelajari manfaat perlindungan yang ditawarkan dengan saksama. Apakah sesuai dengan kebutuhan kita? Apakah ada premi khusus untuk tambahan perjalanan?

Jika ada hal-hal yang mengganjal, kita bisa menanyakan kepada call center asuransi tersebut. Setidaknya, pastikan asuransi perjalanan menanggung biaya medis, kecelakaan, kerusakan atau kehilangan bagasi, dan bantuan darurat selama perjalanan.

Keempat, prosedur klaim yang mudah. Selain mencari tahu reputasi perusahaan asuransi, cari tahu pula mengenai prosedur klaim. Apakah mudah atau sulit? Jika banyak nasabah yang berkomentar mudah, cepat, atau pihak asuransi sangat membantu, maka pertimbangkan untuk membelinya.

Salah satu asuransi yang memiliki prosedur klaim mudah adalah Allianz dengan New TravelPro. Selain itu, New TravelPro akan melindungi Anda dan keluarga selama perjalanan liburan. Nilai plus asuransi ini adalah memiliki keluarga yang mencakup perlindungan bagi anak-anak dengan minimal usia mulai 14 hari hingga lansia dengan usia maksimal 84 tahun, perlindungan biaya medis, dan cashless hospital admission khusus untuk rawat inap.

Memilih asuransi perjalanan memang agak rumit. Meski demikian keberadaanya akan sangat bermanfaat bagi para pelancong. Pastikan, Anda tidak tergiur asuransi perjalanan dengan harga murah. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang menawarkan asuransi murah, namun kerap mempersulit proses klaim sehingga akan merugikan Anda sebagai nasabah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR