Lakukan 7 hal ini sebelum berpuasa

Ilustrasi
Ilustrasi | ArtFamily /Shutterstock

Tak terasa dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan puasa. Sudah siapkah Anda menahan godaan dari makanan, minuman dan emosi saat puasa?

Mungkin secara mental sudah siap, namun tubuh perlu penyesuaian, terutama pada minggu-minggu pertama. Agar tubuh tak kaget saat berpuasa, Prof. Dr. dr Murdani Abdullah, SpPD, K-GEH, FINASIM, Konsultan Gastroenterologi dari FKUI-RSCM mengatakan, Anda bisa melakukan persiapan menjelang puasa, salah satunya mengurangi asupan makanan secara bertahap.

"Tubuh pada dasarnya memiliki ritme tertentu dalam menjalankan fungsinya termasuk bagian saluran pencernaan. Bagi sebagian orang, awal puasa bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit atau bahkan maag."

Bagi yang selama ini masih memiliki pola makan berantakan, bulan puasa bisa jadi momentum tepat untuk memulai pola makan menyehatkan. Agar tubuh lebih fit di bulan puasa, lakukan beberapa persiapan ini mulai dari sekarang.

1. Kurangi porsi makan secara bertahap

Dengan mengurangi asupan makanan sejak sebelum puasa, maka ritme tubuh terutama sistem pencernaan akan mulai beradaptasi. Dari pengurangan yang sediki-sedikit, perut tidak akan kaget ketika nanti kosong selama berpuasa.

2. Sarapan lebih awal

Selama bulan puasa, Anda perlu bangun lebih awal untuk melakukan sahur. Mulai sekarang, cobalah makan sarapan lebih awal dari biasanya untuk membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan di awal waktu.

3. Batasi makan camilan

Terbiasa konsumsi camilan di luar jam makan? Anda bisa mengerem keinginan ngemil dengan tak lagi menyetok camilan di rumah atau di tempat kerja.

Mulailah, mengganti camilan manis, seperti cokelat atau makanan gurih, seperti gorengan atau keripik dengan buah-buahan, mulai dari apel, anggur dan pir. Salah satu kunci menjaga metabolisme tubuh yang baik adalah dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Hasilnya, saat puasa tubuh Anda akan lebih fit dan saluran pencernaan juga lancar.

4. Tidur cukup

Jika biasanya tidur terlambat dan bangun terlalu siang, ubah kebiasaan ini karena selama bulan puasa Anda perlu bangun lebih pagi untuk sahur. Sebagai alternatif, cobalah manfaat waktu untuk tidur siang selama beberapa menit.

Kurangi juga kebiasaan begadang. Bila Anda punya kebiasaan membawa pekerjaan ke rumah atau hobi nonton bola dan film hingga larut malam, sebaiknya mulai dikurangi kebiasaan ini.

Atur kembali pola tidur Anda. Selain siap berpuasa, tidur yang cukup juga bisa bikin tubuh kebal dari penyakit, lho.

5. Ubah jadwal olahraga

Kalau sehari-hari terbiasa berolahraga siang atau sore hari, tentunya saat puasa perlu sedikit penyesuaian. Ganti waktu olahraga Anda.

Berolahragalah di pagi hari setelah subuh, atau di malam hari. Selain mengubah jadwal olahraga, pilih olahraga ringan sebelum dan saat bulan puasa supaya tubuh juga bisa menyesuaikan perubahan rutinitas Anda

6. Kurangi secara perlahan minum kopi dan merokok

Bagi pecinta kopi mulailah mengurangi asupan kopi harian Anda agar tidak mengalami sakit kepala di awal puasa. Bila biasanya Anda minum dua cangkir sehari, mulailah kurangi menjadi secangkir sehari atau secangkir kopi dalam dua hari.

Sedangkan bagi perokok yang memulai puasanya tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala seperti sensitif, marah, tak sabar dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengurangi masalah ini, kurangilah rokok perlahan-lahan terutama di siang hari.

7. Minum multivitamin

Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat tubuh rentan terserang penyakit. Sebelum puasa, tak ada salahnya Anda memproteksi tubuh dengan mengonsumsi multivitamin.

Asupan multivitamin bermanfaat untuk mengatur metabolisme dan energi selama berpuasa. Tapi ingat, minum multivitamin dalam dosis sewajarnya ya, karena sebenarnya Anda bisa mendapatkan beragam vitamin dari mineral dari asupan karbohidrat, protein, buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR