RAMADAN 2018

Rekomendasi hidangan manis untuk berbuka puasa

SPONSOR: Tolak Angin
Ilustrasi rekomendasi hidangan manis untuk berbuka puasa
Ilustrasi rekomendasi hidangan manis untuk berbuka puasa | Shutterstock

Buka puasa adalah salah satu kegiatan yang paling dinantikan saat puasa. Pasalnya, sekitar 13 jam tidak ada asupan energi membuat perut merasa lapar. Tetapi jangan sampai buka puasa menjadi momen balas dendam untuk makan apa saja. Berbukalah dengan yang manis.

Makanan dan minuman manis direkomendasikan bagi orang yang berpuasa karena cepat diserap tubuh dan sebagai pengisi energi. Namun pilih makanan manis yang tepat agar pencernaan nyaman dan tidak memicu kegemukan.

Teh manis

Teh manis hangat merupakan salah satu minuman populer untuk berbuka puasa. Banyak yang percaya segelas teh manis hangat saat berbuka dapat membuat tubuh terasa segar seketika. Anda dapat membuat segelas (250-300 mililiter) teh hangat dengan dua sendok madu untuk pemanis. Untuk menambah khasiat, Anda juga dapat menambahkan irisan jahe segar atau menggunakan batang serai yang sudah dimemarkan sebagai alat pengaduk.

Kurma

Mengikuti sunah, Anda juga dapat menikmati kurma sebagai menu berbuka. Kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat mengisi energi Anda. Untuk berbuka, minum segelas air mineral atau teh hangat tawar, lalu konsumsi tiga atau lima kurma. Disunahkan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, satu, tiga, atau lima.

Koktail buah

Selain kurma, buah-buahan juga dapat Anda jadikan makanan berbuka. Pilih buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, pepaya, melon, mangga, dan buah naga. Potong buah seperti dadu, tempatkan pada mangkok, lalu peras jeruk nipis di atasnya. Jika ingin mendapatkan rasa manis, Anda dapat menambahkan madu dan irisan daun mint untuk menambah kesegaran. Hindari penggunaan gula pasir berlebihan karena dapat merugikan kesehatan.

Air kelapa muda

Kesegaran kelapa muda mampu melegakan dahaga Anda. Kandungan mineral dan natrium dalam air kelapa berguna untuk menghidrasi tubuh akibat dari kehilangan cairan tubuh (olahraga dan puasa). Ada baiknya, Anda minum air kelapa muda tanpa pemanis tambahan.

Kolang-kaling

Anda juga bisa membuat kreasi air kelapa muda berisikan kolang-kaling. Kolang-kaling berasal dari pohon aren ini mengandung gula alami dan dapat melancarkan pencernaan. Meski demikian Anda dapat menambahkan gula aren ke dalam kolang-kaling yang tersaji dalam semangkuk air hangat.

Apapun menu berbuka Anda, tetap kontrol menu berbuka dan pilih makanan manis yang tepat. Hal ini untuk menjaga kenaikan kadar gula darah Anda dan keluarga.

Berbuka puasa dengan makanan manis
Berbuka puasa dengan makanan manis | Gary RJ /Beritagar.id
SPONSOR: Tolak Angin
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR