GAWAI TERKINI

3 iPhone terbaru meluncur, kamera dan layarnya dipuji

Wakil Presiden Senior Marketing Apple Phil Schiller memperkenalkan tiga iPhone terbaru dalam acara tahunan Apple di Steve Jobs Theater di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019).
Wakil Presiden Senior Marketing Apple Phil Schiller memperkenalkan tiga iPhone terbaru dalam acara tahunan Apple di Steve Jobs Theater di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019). | John G. Mabanglo /EPA-EFE

Seperti sudah diperkirakan, Apple meluncurkan tiga buah iPhone terbaru dalam acara tahunannya di markas mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019) waktu setempat. Dua iPhone menyandang varian Pro, masing-iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Satu lagi adalah varian lebih murah, iPhone 11.

Engadget menulis iPhone 11 Pro melanjutkan kesuksesan varian iPhone XS yang dilansir tahun lalu. Sementara iPhone 11 mengikuti jejak varian iPhone XR. Jadi secara tampilan desain tidak akan banyak berubah.

Meski begitu, ketiga iPhone terbaru ini disebut lebih bertenaga, punya layar OLED yang lebih baik, dan menjanjikan kemampuan fotografi yang mengagumkan.

Kemampuan kamera

iPhone XS dan XS Max memiliki dua kamera, satu untuk sudut lebar serta jauh dan satu lagi untuk keperluan foto potret. iPhone Pro menambah satu kamera dengan sudut ultra lebar 12 MP.

Dengan iPhone 11 Pro, pengguna bisa mengambil foto objek yang lebih luas tanpa perlu mundur mengambil jarak. Jadi, tiga kamera iPhone 11 Pro dan Pro Max memberi fleksibilitas yang jauh lebih baik, termasuk untuk foto bokeh.

Bahkan Apple sedang menyiapkan fitur bernama Deep Fusion yang akan diluncurkan sebentar lagi. Dengan Deep Fusion, iPhone mengambil sembilan foto dalam satu kesempatan memotret (tiga foto per kamera) lalu semuanya akan digabung menjadi satu foto berkualitas tinggi.

Kemudian jika menggunakan aplikasi Filmic Pro, pengguna bisa merekam objek dengan multi kamera dalam satu kesempatan. iPhone 11 Pro and Pro Max tentu akan memiliki kemampuan fotografi lebih banyak dibanding iPhone 11 yang cuma memiliki dua kamera, misalnya mengambil foto pada cahaya minim (night mode) dan slow swafoto.

Kamera depan juga akan menyandang lensa sudut lebar 12 MP dan berfungsi untuk sensor FaceID. Artinya pengguna bisa membuka kunci ponsel dengan lebih cepat.

Jadi, Apple benar-benar memperbaiki sektor kameranya yang selama dua tahun belakangan disebut tanpa kehebatan. Kemampuan tiga kamera mereka memang bukan hal baru karena ponsel keluaran Google, Pixel 4, lebih dulu memiliki kemampuan yang kelas unggul.

Kemampuan prosesor

iPhone 11 Pro dan Pro Max menggunakan cip prosesor terbaru buatan Apple, A13 Bionic. Dengan cip ini, performa olah data dan grafis (CPU dan GPU) dilaporkan bakal lebih cepat 20 persen dibanding kemampuan A12.

Di dalam iphone juga sudah tertanam kemampuan mesin pembelajaran (Machine Learning Accelerators) yang akan mampu memaksimalkan CPU hingga 1 triliun operasi per detik. Namun begitu, spesifikasi mesin iPhone terbaru tidak jauh berbeda dengan iPhone XS dan XS Max.

Kendati demikian, A13 Bionic langsung menuai pujian karena penampilan GPU iPhone menjadi lebih hebat. Apple mengklaim kehebatan A13 Bionic di atas iPhone XR (A12 Bionic), Galaxy S10+ (Snapdragon 855), Huawei P30 Pro (Kkirin 980), dan Google Pixel 3 (Snapdragon 845).

Kemampuan lain

Dua iPhone 11 Pro menggunakan layar OLED "Super Retina" yang memiliki rasio kontras 2.000.000:1 dan 1.200 nits cahaya. iPhone 11 Pro berukuran 5,8 inci dan 11 Pro Max bertubuh 6,5 inci.

Apple mengklaim layar dua ponsel tersebut akan hemat energi hingga 15 persen. Mereka juga mampu menampilkan 458 piksel per inci untuk mendukung format HDR dan Dolby Vision. Sementara iPhone 11 masih menggunakan layar LCD dengan peningkatan kualitas.

Soal baterai, Apple mengklaim iPhone 11 Pro mampu bertahan empat jam lebih lama dari XS dan 11 Pro Max akan bertahan lima jam lebih lama dari XS Max. Untuk mencas, Apple untuk pertama kali menyediakan 18 watt fast charger.

Berapa harganya?

Karena paling murah, Apple memberi harga iPhone 11 mulai dari AS $699 atau sekitar Rp9 juta. Sedangkan iPhone 11 Pro dijual mulai harga AS $999 atau sekira Rp14 juta dan iPhone 11 Pro Max mulai AS $1,099 atau sekitar Rp15 juta.

Pra-pemesanan mulai dibuka pada Jumat (13/9) waktu setempat dan pengiriman pertama mulai dilakukan pada 20 September.

Kehadiran tiga iPhone terbaru membuat Apple memangkas harga jual iPhone terdahulu. iPhone 8 dijual mulai AS $499, sedangkan iPhone XR seharga AS $599. Sementara XS dan XS Max, menurut Gizmodo, dimatikan atau Apple resmi tak memproduksi lagi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR