5 gawai Android terbaik dengan RAM 4GB

Semakin tinggi spesifikasi sebuah smartphone semakin mahal harganya, inilah yang menghalangi pencinta gawai untuk merasakan performa seutuhnya dari sebuah gawai dengan sistem operasi Android. Namun belakangan ini, banyak bemunculan gawai murah berspesifikasi tinggi dan menariknya sudah banyak gawai murah dengan dukungan RAM 4GB serta komponen perangkat keras (hardware) lainnya yang siap menjamin peforma mobile gaming lebih cepat dan peforma multitasking lebih responsif.

Berikut 5 gawai Android terbaik dengan RAM 4GB yang sudah kami rangkum:

1. OnePlus 2

OnePlus 2
OnePlus 2 | Beritagar

OnePlus 2 adalah gawai yang belum dirilis resmi di Indonesia. Namun Anda sudah bisa memiliki gawai Android RAM 4GB ini dengan garansi distributor. Adapun harganya adalah sekitar Rp6,5 juta atau bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan harga resmi OnePlus 2 yang dibanderol sekitar Rp5,4 juta. Walaupun harganya jauh lebih mahal namun Anda akan mendapatkan smartphone premium dengan layar Full HD 5,5 inci yang didalamnya sudah memiliki RAM 4GB dan CPU Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 yang dipacu bersama GPU Adreno 430 serta Android Lollipop 5.1.1.

Menariknya lagi, OnePlus 2 juga dilengkapi kamera berkualitas tinggi, yang memadukan teknologi OIS, laser autofokus, dan dual-LED flash, dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel. Hasil foto yang dihasilkan akan sangat menakjubkan, dengan warna dan detail terlihat lebih natural. Selain itu, gawai Android RAM 4GB buatan OnePlus juga dibekali kamera depan berkekuatan 5 megapiksel. Nah yang membuat smartphone ini semakin spesial dimata penggila gawai, adalah hadirnya teknologi pemindai sidik jari yang ditambah port USB Type-C sehingga membuat OnePlus 2 terasa semakin premium.

Baca juga: Review OnePlus 2

2. Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus Zenfone 2 ZE551ML
Asus Zenfone 2 ZE551ML | Beritagar

Asus Zenfone 2 ZE551ML menjadi gawai Android dengan RAM 4GB termurah di Indonesia. Gawai ini dibanderol mulai dari Rp3,7 juta untuk model 32GB, dan sekitar Rp4,5 juta untuk versi 64GB. Keduanya juga sama-sama dibekali memori eksternal mencapai 64GB, jadi tak perlu bingung lagi memilih salah satunya. Hadirnya RAM 4GB pada Zenfone 2 memang membuatnya memiliki peforma sangat cepat dan cocok bagi kalian yang hobi bermain game. Tidak hanya itu saja, gawai ini juga didukung processor 64 Bit Intel Atom Z3580 berkecepatan Quad-core 2.3 GHz.

Baca juga: Review Asus Zenfone 2 ZE551ML

3. Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5
Samsung Galaxy Note 5 | Beritagar

Note 5 pantas menyandang Julukan monster ponsel pintar. Dia gawai pintar Android pertama Samsung yang mengadopsi RAM 4GB LPDDR4. Performanya lebih cepat dibanding Galaxy S6 maupun Galaxy S6 Edge yang masih memakai RAM 3GB LPDDR4. Tidak heran harga Note 5 lebih mahal dari kedua pendahulunya tersebut. Padahal soal komponen perangkat keras (hardware), Note 5 sama-sama mengadandalkan Chipset Exynos 7420 sebagai otak pemrosesan beragam aplikasi dan game seperti dua pendahulunya.

Chipset di dalam Note 5 telah terintegrasi dengan prosesor Octa-core 64 Bit berkecepatan Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57, sekaligus chipset tercepat saat ini. Untuk bermain game dan membuka aplikasi, Note 5 akan menghadirkan performa mulus karena mengandalkan RAM 4GB dan pengolah grafis GPU Mali-T760MP8.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Note 5

4. Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Samsung Galaxy S6 Edge Plus
Samsung Galaxy S6 Edge Plus | Beritagar

Samsung Galaxy S6 Edge Plus merupakan produk istimewa karena satu-satunya memiliki layar 5,7 inci dengan dua sisi lengkung. Tak heran apabila harga gawai Android RAM 4GB ini dibanderol sangat mahal mencapai Rp12,5 Juta. Walaupun harga gawai Android RAM 4GB ini dibanderol melebihi Galaxy Note 5, akan tetapi jeroan keduanya sama-sama mengandalkan chipset Samsung Exynos 7420 dengan RAM 4GB yang disempurnakan oleh prosesor Octa-core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57), dan sistem operasi Android Lollipop terbaru.

Tidak sampai disitu saja kelebihan Samsung Galaxy S6 Edge Plus karena masih ada penyimpanan memori internal 64 GB dan konektivitas sangat lengkap mulai dari NFC hingga teknologi 4G LTE berkecepatan 300 Mbps. Namun sayangnya, gawai Android RAM 4GB ini tak dibekali memori eksternal sama seperti Galaxy Note 5. Kemudian untuk sektor kamera, Galaxy S6 Edge Plus diperkuat kamera utama 16 megapiksel dengan teknologi OIS serta beragam fitur fotografi canggih lainnya. Sedangkan untuk sektor kamera depan, sudah ada kamera 5 megapiksel yang siap dipakai untuk berfoto selfie dan video call.

Baca juga: Samsung Galaxy S6 Edge Plus usung prosesor lebih cepat

5. Xiaomi Mi Note Pro

Xiaomi Mi Note
Xiaomi Mi Note | Beritagar

Sejauh ini, Xiaomi Mi Note Pro menjadi gawai Android terbaik yang pernah dibuat oleh Xiaomi. Sama seperti OnePlus 2, gawai ini juga hadir di Indonesia dengan garansi disitributor, jadi jangan heran apabila harga gawai Android RAM 4GB dari Xiaomi mencapai Rp7,3 Juta. Walaupun dari segi harga sangat mahal akan tetapi Xiaomi Mi Note Pro menawarkan RAM 4GB yang dipadukan prosesor Qualcomm Snapdragon 810. Menariknya lagi, Mi Note Pro juga dibekali layar 5,7 inci dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel sehingga kualitas layarnya mampu disetarakan dengan Note 5.

Kemudian untuk sektor kamera gawai Android RAM 4GB dari Xiaomi dibekali kamera utama 13 megapiksel dengan penambahan teknologi OIS (Optical Image Stabilization), autofocus, dan lampu kilat berjenis dual-LED (dual tone) flash. Selain itu, gawai ini juga bisa merekam video beresolusi 4K dan dibekali kamera selfie disisi depan dengan kekuatan 4 megapiksel.

Baca juga: Review Xiaomi Mi Note

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR