9 kiat memainkan Pokemon Go

Ilustasi memainkan Pokemon Go
Ilustasi memainkan Pokemon Go | Justin Lane /EPA

Pokemon Go sukses menjadi permainan terpopuler dalam hitungan satu minggu dan menyedot perhatian gamer dari seluruh dunia. Permainan ini menantang pemain untuk menangkap Pokemon di dunia nyata dengan bantuan gawai dan GPS (Global Positioning System).

Di banyak negara termasuk Indonesia yang belum mendapatkan permainan tersebut secara resmi, antusiasme tinggi para pemain menempuh jalur tidak resmi untuk mengunduh permainan tersebut.

Berikut ini kami berikan beberapa kiat memainkan Pokemon Go di masing-masing perangkat iOS dan Android.

  1. Unduh aplikasi

Pokemon Go di perangkat iOS (kiri) dan Android (kanan)
Pokemon Go di perangkat iOS (kiri) dan Android (kanan) | Ivan /Beritagar.id

Aplikasi Pokemon Go saat ini hanya tersedia di Google Play dan App Store versi Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Tapi para pengguna di luar tiga negara itu termasuk Indonesia bisa menggunakan cara alternatif untuk mengunduhnya.

Salah satunya dengan mengubah keanggotaan di akun Google dan Apple menjadi warga tiga negara tersebut. Cara kedua khusus bagi pengguna Android adalah dengan menginstall lewat berkas APK yang tersebar di internet.

Tapi Anda harus tetap waspada karena sekarang beredar juga APK yang sudah disusupi malware . Selain itu akun Twitter Pokemon Go mengimbau tidak mengunduh di luar jalur resmi. Apalagi menurut Polygon, server Niantic Labs, otak di balik permainan ini, telah diretas sehingga bisa mendapatkan akses penuh pada akun Google pengguna.

Untuk memainkan Pokemon Go, perangkat Android pengguna minimal harus bersistem operasi KitKat dan perangkat Apple minimal bersistem operasi iOS 8.

2. Pilih karakter dan Pokemon

Tampilan awal aplikasi Pokemon Go
Tampilan awal aplikasi Pokemon Go | Ivan /Beritagar.id

Setelah game Pokemon Go terpasang di perangkat masing-masing, pengguna langsung dihadapkan pada formulir untuk memasukkan akun Google yang akan digunakan untuk menjalankan permainan tersebut atau mendaftar sebagai Pokemon Trainers Club (PTC). Anda bisa memilih satu dari tiga karakter Pokemon favorit yaitu, Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle.

Klik Pokemon yang ingin Anda tangkap, selanjutnya Anda akan berada di sebuah mini game. Di sini, Anda akan belajar cara menangkap Pokemon dengan Pokeball (alat yang digunakan untuk menangkap Pokemon dan menyimpannya bila tidak digunakan untuk bermain atau bertarung).

Pokemon Go merupakan permainan berbasis peta di dunia nyata dengan memanfaatkan GPS. Jika ingin menangkap Pokemon, Anda cukup berjalan ke arah yang Anda suka. Saat karakter-karakter Pokemon muncul, klik Pokemon tersebut.

3. Belajar melempar Pokeball

Tampilan latihan melempar Pokeball
Tampilan latihan melempar Pokeball | Ivan /Beritagar.id

Cara melempar ini tidak kalah penting. Karena jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak kesempatan saat menangkap Pokemon maka Anda harus belajar memakai Pokeball.

Caranya, Anda harus menunggu sampai cincin di dalam lingkaran pokemon yang ingin diambil dalam kondisi paling kecil. Lalu segeralah melempar.

Atau cara lainnya adalah tahan Pokeball dan memutar-mutarnya sebelum melempar ke arah Pokemon. Cara ini juga akan akan menghasilkan poin lebih besar daripada biasanya.

4. Tidak perlu membeli Pokeball

Cara mendapatkan item gratis di Pokemon Go
Cara mendapatkan item gratis di Pokemon Go | iOS App Store

Pokemon Go hadir secara gratis dan Anda bisa membeli beberapa item yang dijual di store untuk meningkatkan permainan. Namun sebenarnya, Anda tidak perlu membeli Pokeball di store karena Anda bisa mendapatkan item secara gratis di Pokestop.

Di Pokestop Anda bisa mendapatkan beberapa item seperti Pokeball, Potion, Revive, dan Egg secara gratis. Bagaimana caranya?

  1. Kunjungi Pokestop terdekat yang berwarna biru
  2. Tunggu hingga Pokestop berubah bentuk
  3. Klik pada ikon Pokestop sehingga muncul gambar bangunan sekitar
  4. Geser ke kiri atau ke kanan lingkaran tersebut, maka beberapa item akan muncul secara acak.

5. Tangkap Pokemon sebanyaknya

Aneka jenis Pokemon
Aneka jenis Pokemon | Ivan /Beritagar.id

Semakin banyak Anda menangkap Pokemon, level trainer Anda akan semakin tinggi. Jika level Anda kian tinggi, Anda bisa mendapatkan item yang lebih bagus seperti GreatBalls untuk menangkap Pokemon.

6. Kunjungi habitat Pokemon secara langsung

Tampilan habitat Pokemon
Tampilan habitat Pokemon | Ivan /Beritagar.id

Jika Anda ingin mengincar Pokemon dengan kekuatan khusus, misalnya ingin mencari Pokemon tanaman, datanglah ke tempat yang banyak tanaman. Hampiri habitatnya.

Begitu juga dengan Pokemon berkekuatan air yang tentu berada di lokasi seperti pantai, sungai, atau sejenisnya. Tapi jangan cari di bak mandi rumah Anda karena tempat tersebut tidak termasuk dalam Pokestop.

Pokemon juga sangat suka tempat rekreasi atau taman publik. Jadi kunjungi dua tempat itu untuk mendapatkan banyak Pokemon.

7. Perhatikan lingkungan sekitar

Memburu Pokemon di dunia nyata
Memburu Pokemon di dunia nyata | Julian Smith /EPA

Janganlah bermain Pokemon Go sambil menyetir mobil atau saat mengendarai motor karena bisa membahayakan jiwa Anda dan orang lain. Jangan sampai konsentrasi Anda sepenuhnya terpaku pada gawai dan GPS untuk melacak Pokemon. Perhatikan juga lingkungan sekitar Anda dan jalan raya.

Mike Schultz, seorang sarjana Ilmu Komunikasi di New York, mendapatkan luka di tangannya setelah terjatuh dari papan seluncur saat berusaha menangkap Pokemon. Insiden Schultz bisa Anda jadikan pelajaran.

8. Jangan berbuat curang

POKEMON GO HACKS, CHEATS, MODS, & EASTER EGGS! /iTwe4kz

Memainkan Pokemon Go menuntut Anda untuk berjalan jauh demi mendapatkan berbagai monster yang wajib ditangkap. Namun, sebagian pemain enggan melakukan hal tersebut dan mengambil jalan pintas dengan melakukan cara curang seperti menggunakan lokasi palsu.

Dengan cara tersebut, pemain bisa mendapatkan monster di lokasi yang berbeda tanpa harus melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, pengembang tidak tinggal diam karena setiap pemain yang melakukan kecurangan akan dikenai sanksi pemblokiran. Para pemain tidak bisa lagi menangkap Pokemon, mengumpulkan barang dari Pokestop, dan tidak bisa bertarung di Gym (tempat Pokemon saling bertarung).

9. Hemat baterai

Sediakan powerbank saat memainkan Pokemon Go
Sediakan powerbank saat memainkan Pokemon Go | Ivan /Beritagar.id

Memainkan Pokemon Go juga menguras baterai gawai karena layar ponsel Anda harus selalu menyala dan GPS selalu aktif. Meski aplikasi Pokemon Go menyediakan fitur Battery Saver, hal tersebut belum bisa mengatasi masalah boros daya baterai.

Berikut enam cara menghemat baterai ponsel saat memainkan game pokemon Go

  • Kurangi tingkat pencahayaan layar ponsel
  • Matikan suara dan getar
  • Tutup aplikasi yang tidak terpakai
  • Bawa baterai cadangan
  • Selalu sedia powerbank.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR