Ada Rocket Raccoon dan Groot di lencana NASA

Dua karakter Marvel yang dijadikan lencana CASIS
Dua karakter Marvel yang dijadikan lencana CASIS | CASIS

Rocket Raccoon dan Groot akan menjadi bagian dari sejarah Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA).

Wajah dua jagoan anggota Guardians of the Galaxy tersebut dijadikan penghias lencana resmi tim Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Luar Angkasa (CASIS ) yang bakal bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Demikian dikutip dari Slash Gear (23/7/2016).

Pengumuman tersebut dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan San Diego Comic-Con.

Guardians of the Galaxy adalah komik keluaran Marvel tentang sebuah tim pahlawan super yang berupaya menjaga keseimbangan di galaksi. Tim tersebut dipimpin oleh Peter Quill alias Star Lord dan beranggotakan Rocket Raccoon, Groot, Gamora, dan Drax the Destroyer.

Pada lencana CASIS yang dirancang oleh Juan Doe tersebut tampak Rocket duduk di bahu Groot. Mereka berdua menatap ke arah ISS yang terbang di atas. Di bagian bawah lencana terdapat logo Marvel.

"Misi utama bagi kami di CASIS adalah untuk mencari cara unik dan inovatif untuk membawa popularitas ke National Laboratory ISS, dan penelitian yang sedang dilakukan," kata Ken Shields, Director of Operations and Education Opportunities CASIS dikutip dari Spaceflight Insider (23/7).

"Saat ini sangat sedikit jenama di dunia yang memiliki dampak sebesar Marvel," tambahnya.

Hampir semua proyek NASA memiliki lencana unik tersendiri yang akan digunakan oleh para astronot dan teknisi, hal ini dilakukan sebagai pengingat kerja keras yang dituangkan ke setiap pekerjaan. Bahkan National Laboratory yang ada di ISS, yang dibawahi oleh CASIS, mendapatkan lencana unik yang berbeda dari tahun ke tahun.

CASIS adalah lembaga non-profit yang didanai pemerintah AS untuk mengelola US National Laboratory di ISS. Tugas mereka adalah memaksimalkan pengunaan jatah milik AS di stasiun luar angkasa tersebut.

Perwakilan lain dari CASIS, Patrick O'Neill, menjelaskan Groot dan Rocket dipilih karena kedua tokoh itu adalah penjelajah luar angkasa yang sangat antusias, sama seperti para peneliti yang bekerja di ISS.

"Mereka adalah karakter yang berlatar belakang luar angkasa," kata O'Neill seperti dikutip The Verge. "Jadi kedua karakter tersebut memang memiliki karakteristik yang sesuai dengan apa yang terjadi di stasiun luar angkasa."

CASIS berencana untuk membuat sebuah "kontes edukasi penerbangan" yang juga akan mengikutsertakan kedua karakter tersebut. Kontes ini akan diadakan pada Oktober mendatang. Namun O'Neill belum bersedia untuk menjelaskan secara detail mengenai kontes tersebut.

Sepanjang 2016 ini lebih dari 100 penelitian sains --mulai dari ilmu fisika hingga observasi Bumi -- akan dilakukan di laboratorium ISS, yang sudah mengorbit Bumi sejak diluncurkan pada 1998 itu.

Making of the ISS National Lab Mission Patch Featuring Marvel's Rocket and Groot /Center for the Advancement of Science In Space (CASIS)
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR