GAWAI TERKINI

Apple akan luncurkan 3 iPhone baru pekan depan

Foto ilustrasi. Pedagang menata ponsel dagangannya di pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (23/7/2019).
Foto ilustrasi. Pedagang menata ponsel dagangannya di pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (23/7/2019). | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Perusahaan raksasa teknologi Apple akan punya gawe tahunan tiga hari lagi. Dalam acara yang direncanakan berlangsung di kantor pusatnya, di Cupertino, California, Selasa (10/9/2019) waktu setempat, Apple disebut akan meluncurkan iPhone Pro.

Menurut kabar yang beredar di kalangan media Amerika Serikat (AS), ponsel itu adalah satu dari tiga ponsel baru yang akan diluncurkan. Dua di antaranya adalah iPhone Pro yang ukurannya bakal sebesar iPhone Xs dan Xs Max keluaran 2018. Sementara satu ponsel lainnya diperkirakan iPhone Xr yang berharga lebih murah.

Khusus iPhone Pro diduga akan menyandang sejumlah fitur terbaru untuk menandingi ponsel Android papan atas. Fitur-fitur itu antara lain kamera belakang yang bisa mengambil gambar dengan sudut lebar (wider-angle photos) seperti ponsel Android keluaran terbaru Samsung, A90 5G, yang diluncurkan pada 3 September lalu.

Sudut lebar pada iPhone Pro atau disebut pula iPhone 11 juga akan berlaku untuk sensor FaceID. Namun, yang pasti sebagai ponsel terbaru, iPone teranyar akan menyandang prosesor lebih cepat, lebih tahan air, dan sistem operasi iOS 13.

Gosip lainnya yang sudah beredar berbulan-bulan, Apple pun akan mengeluarkan varian wana baru pada iPhone terbarunya. Misalnya, warna hijau gelap dan ungu lavender. Sementara soal harga, CNet memperkirakan sekitar AS $1.000 atau sekitar Rp14 juta.

Bloomberg melaporkan, seluruh iPhone terbaru akan menandai pemakaian cip baru buatan Apple Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC). Cip A13 ini sudah melakoni uji produksi pada April lalu dan menurut seorang sumber sudah diproduksi secara massal pada awal bulan ini.

Soal cip baru buatan sendiri bukan kabar baru. Perang pabrikan ponsel sejak tahun lalu bukan cuma soal fitur dan performa, tapi juga prosesor mandiri. Apple pun mengikuti jejak Samsung dan Huawei untuk mengembangkan cip sendiri.

Sejauh ini, juru bicara Apple menolak berkomentar. Demikian pula juru bicara TSMC, Elizabeth Sun.

iPhone murah

Apple sebenarnya tengah menghadapi penurunan penjualan produk-produknya. Harga produk yang kian mahal membuat para pelanggannya berpindah ke Android.

Itu sebabnya ada analisis bahwa Apple akan meluncurkan iPhone dengan harga terjangkau pada 2020. Pada 2018, harga iPhone mencapai AS $1.500 atau di Indonesia bisa mencapai Rp23 juta.

Dan Ives, analis pasar dari Wedbush Securities, mengatakan tidak tertutup kemungkinan iPhone murah itu akan diluncurkan dalam acara tahunan pekan depan. Alasannya, Apple sudah mampu menggunakan cip produksinya sendiri.

"iPhone terbaru akan fokus menangkap permintaan yang sensitif pada harga. Kami perkirakan harga awal iPhone itu adalah AS $499," ujar Ives dalam Newskill.

Bukan cuma iPhone

Adapun dalam acara tahunannya, Apple tak akan hanya meluncurkan iPhone. Antara lain seperti biasa; mereka juga akan melansir iPad, Apple Watches, dan MacBook baru.

iPad baru akan mendapat peningkatan performa dan pembaruan fitur, demikian pula jam tangan pintar Apple Watch generasi kelima. Sedangkan MacBook Pro disebut akan memiliki layar lebih besar hingga 16 inci --lebih besar dari sejak 2012 yang cuma 13 dan 15 inci.

Namun, menurut perkiraan Laptopmag, Juli lalu, harga MacBook Pro terbaru ini cukup mahal untuk sebagian orang. Harganya nyaris AS $3.000 atau sekira Rp42 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR