Batu akik rajai pencarian Google di Indonesia tahun 2015

Jajaran BOD Google Indonesia bersama perwakilan dari penjual Batu Akik dan Kue Cubit
Jajaran BOD Google Indonesia bersama perwakilan dari penjual Batu Akik dan Kue Cubit | Gawai

Serentak dengan negara lain, Google Indonesia, Rabu (16/12/15), mengumumkan daftar tahunan "Year in Search 2015", sebuah tradisi kilas balik tahunan yang ditangkap mata masyarakat di dunia maya. Hasil dari penemuan ini memberikan sudut pandang menarik mengenai tren dan peristiwa terhangat berdasarkan kata kunci yang ditelusuri netizen Indonesia di mesin pencari Google.

Tokoh, topik, dan peristiwa yang paling menangkap perhatian sepanjang tahun 2015 datang dari budaya pop, olahraga, musik, politik, dan banyak lagi yang berasal dari 70 negara yang dijadikan sampling oleh Google. Tahun ini Google juga menggunakan metode yang sedikit berbeda yakni melalui Trending Search, sebuah cara penelusuran dengan traffic tertinggi di periode tertentu.

Secara Internasional kata kunci pencarian pebasket Lamar Odom, penyerangan kantor media Charie Hebdo di Paris, dan game Agar.io menempati posisi tiga teratas.

Sedangkan di Indonesia tahun ini, Batu Akik, GO-JEK, dan Kue Cubit yang menjadi tiga tren teratas yang paling banyak dicari.

Kue Cubit menjadi tren yang sangat signifikan tahun ini, bahkan mengisi posisi pertama dan ketiga pada kategori pencarian resep -- "resep kue cubit" menempati peringkat pertama sementara "resep kue cubit green tea" berada di posisi ketiga, mengapit "resep tongseng kambing".

10 Kategori Penelusuran Terpopuler di Indonesia tahun 2015
10 Kategori Penelusuran Terpopuler di Indonesia tahun 2015 | Gawai

"Kami menyebut tren ini sebagai 'micro moments'. Netizen mengandalkan ponsel untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka lebih mudah. Dari informasi mengenai model rambut yang tengah tren, hingga mencari resep untuk makan malam, kami sangat senang bisa menjadi bagian dari hal ini," ujar Henky Prihatna, Country Industry Head, Google Indonesia.

Samsung menjadi jenama yang paling banyak muncul dalam tren pencarian kategori gawai di Indonesia dimana ponsel Galaxy A, Galaxy J5, Galaxy J1 mengisi posisi pertama hingga ketiga.

Untuk kata yang definisinya paling banyak dicari di Google Indonesia, "Baper" menjadi menduduki posisi peringkat pertama, dan "Apa itu Begal" berada di peringkat kedua.

Tahun ini sedikit berbeda dimana Google Indonesia merilis tiga kategori baru untuk di tahun 2015, yaitu "Meme", "Mode & Kecantikan", serta "Bagaimana Cara..." karena melihat tren penelusuran secara keseluruhan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, daftar "Year in Search" di tahun ini menunjukkan hal-hal yang bersifat personal dan keseharian, seperti "Bagaimana Cara Bentuk Perut Six Pack Tanpa ke Gym" dan "Bagaimana Cara agar Lebih Bahagia di Kantor" yang masing-masing mengisi posisi kesatu dan kedua.

Berikut beberapa fakta menarik lain yang ditemukan Google tahun ini:

  • Penelusuran untuk "Valentino Rossi" meningkat setelah insiden dengan Marc Marquez. Karena hal ini, "MotoGP" menjadi peristiwa internasional yang paling banyak dicari netizen.
  • Pada peringkat keempat di kategori "Tokoh", "Abraham Samad" menjadi tokoh Indonesia yang paling populer di Google sepanjang tahun 2015. Peringkat tiga teratas diisi tokoh dari mancanegara, yaitu Valentino Rossi (#1), Bon Jovi (#2), dan Paul Walker (#3).
  • "Furious 7" menjadi topik yang sangat mengundang perhatian netizen tahun ini. Pencarian untuk Paul Walker kembali melesat saat film ini dirilis bulan April lalu, sementara lagu See You Again dari Wiz Khalifa menjadi video musik yang paling banyak ditonton di YouTube Indonesia tahun ini.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai daftar Year in Search silahkan kunjungi www.google.co.id/2015

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR