Cerita di balik decacorn pertama di Asia Tenggara

SPONSOR: Grab
Suasana kantor Grab
Suasana kantor Grab | /Grab

Ekonomi internet di Asia Tenggara berkembang pesat. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna internet yang semakin bertambah dan berdampak pada pertumbuhan perusahaan rintisan (startup).

Laporan Google-Temasek 2018 menyebutkan percepatan pasar di Asia Tenggara berkembang pesat. Diperkirakan nilai investasinya akan menyentuh USD 240 miliar pada 2025. Perkiraan tersebut wajar, karena saat ini nilai investasi mencapai USD 24 miliar melalui 2.400 deals ekonomi internet sejak 2015.

Berdasarkan laporan, startup yang berpotensi menjadi unicorn adalah mereka yang berkecimpung di industri e-commerce, media daring, layanan perjalanan daring, dan layanan transportasi (ride-hailing transportation).

Di antara sembilan startup unicorn, ada satu startup yang telah menempati kategori Decacorn, yakni Grab. Decacorn merupakan sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar USD10 miliar atau 10 kali lipat dari unicorn. Dengan demikian, Grab disebut sebagai startup pertama di Asia Tenggara yang mencapai decacorn.

Grab Indonesia tak sekadar aplikasi transportasi, namun lebih dari itu. Grab Indonesia adalah an everyday Super App. Dikatakan Super App karena aplikasi Grab sukses bertransformasi. Berawal dari layanan taksi, aplikasi Grab berubah menjadi layanan motor dan mobil (GrabBike dan GrabCar).

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan, aplikasi Grab sudah diunduh sebanyak 138 juta kali dan menggandeng 9 juta pengusaha UKM di seluruh jaringannya. Jumlah tersebut bukan tidak mungkin akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan solusi transportasi aman dan tepercaya.

Grab Bike adalah layanan transportasi ojek daring yang banyak diminati di Indonesia
Grab Bike adalah layanan transportasi ojek daring yang banyak diminati di Indonesia | /Grab

Seiring dengan perubahan kota yang semakin macet dan kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda, Grab Indonesia menjadi solusi. Solusi dalam jasa beli dan antar makanan, antar barang atau paket, layanan belanja, pengisian pulsa, hingga layanan keuangan. Selain itu, aplikasi Grab saat ini juga bisa digunakan untuk menonton film atau series melalui streaming HOOQ untuk pengguna platinum.

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan tersebut, Grab semakin mempermudah pengguna dalam beraktivitas sehari-hari. Seperti pergi ke kantor tanpa macet dengan GrabBike atau GrabCar, memesan makan siang menggunakan GrabFood, atau jika tak sempat belanja, pelanggan dapat memanfaatkan layanan GrabFresh. Sementara bagi pengemudi, mereka memiliki kesempatan yang lebih luas dalam bekerja sehingga menambah pemasukan dan memperbaiki kualitas hidup mereka.

Tak hanya bisa dijumpai di Indonesia, layanan startup decacorn ini bisa ditemui di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Sebagai bagian dari decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab Indonesia terus mengembangkan layanan dan solusi masalah transportasi. Hingga saat ini, Grab sudah menjangkau 336 kota di 8 negara yang ada di Asia Tenggara.

SPONSOR: Grab
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR