Dalam sepekan Google Duo diunduh 5 juta pengguna

Google Duo
Google Duo | Google

Kurang dari 10 hari setelah diluncurkan, Google Duo berhasil menembus angka 5 juta unduhan di Google Play Store, seperti dilansir IndianExpress, Minggu (28/8/2016). Bahkan aplikasi panggilan video juga berhasil mendapatkan peringkat 4,5 di Google Play Store sebagai aplikasi gratisan nomor wahid.

Tak hanya di Android, Google Duo juga bisa digunakan pada sistem operasi iOS buatan Apple.

Kegembiraan ini disebarkan oleh petinggi Google, Sundar Pichai. Lewat akun Twitter-nya, Pichai menyebutkan bahwa, "Google Duo kini telah diunduh lebih dari 5 juta dalam seminggu!" Jumlah unduhan ini sepertinya akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hingga berita ini ditulis, cuitannya telah di-retweet sebanyak 630 kali dan mengantongi 1.631 likes, ini artinya antusiasme pengguna terhadap Google Duo terbilang cukup tinggi.

Angka tersebut termasuk mengesankan mengingat aplikasi serupa ini juga disediakan oleh nama-nama besar seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Skype.

Pichai juga menyebutkan, pencapaian ini terbilang mengejutkan, mengingat Google Duo hanya menawarkan fitur dasar panggilan video (video call). Namun sepertinya justru hal itu yang menjadi daya tarik Google Duo. Sederhana, tidak macam-macam, dan sesuai kebutuhan.

Aplikasi Duo ini menggunakan basis nomor ponsel, serupa dengan WhatsApp. Ini berarti pengguna hanya cukup mengetahui nomor ponsel lawan bicaranya dan memungkinkan terhubung dengan orang lain yang ada di daftar kontak.

Duo tak hanya cocok digunakan saat ada koneksi berkecepatan tinggi, tetapi juga bekerja optimal saat koneksi internet melemah. Duo juga dapat beralih dari koneksi Wi-Fi ke data seluler atau sebaliknya.

Jadi, jika kecepatan jaringan internet pengguna melambat, video tetap bisa terhubung dengan cepat dan Duo diklaim cukup pintar untuk beradaptasi pada kondisi seperti itu.

Google Duo juga memiliki fitur unik yang disebut dengan Knock Knock. Melalui fitur ini pengguna bisa melihat lebih dulu siapa yang menghubunginya melalui duo sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak panggilan tersebut.

Selain itu, Google merancang Duo dengan penekanan pada privasi dan keamanan, sehingga semua panggilan di aplikasi ini dienkripsi dari awal hingga akhir atau yang biasa disebut dengan enkripsi end-to-end.

Walau demikian, laman The Country Caller, mengingatkan Google agar jangan terlalu gembira dulu dengan pencapaian Duo. Melonjaknya jumlah pengguna aplikasi baru lumrah terjadi tetapi biasanya antusiasme itu lalu menurun dan merekapun beralih ke aplikasi lama yang sudah mereka percaya dan di mana rekan-rekan mereka berada.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR