APLIKASI TERKINI

Facebook luncurkan Threads, medsos khusus teman dekat

Threads, aplikasi baru dari Facebook untuk berbagi foto dan video hanya dengan teman-teman dekat.
Threads, aplikasi baru dari Facebook untuk berbagi foto dan video hanya dengan teman-teman dekat. | Instagram

Satu lagi aplikasi pengiriman pesan muncul ke permukaan. Namanya Threads. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video dan foto hanya dengan "teman-teman terdekat".

Threads merupakan anak dari media sosial ternama, Facebook, yang dijadikan sebagai pendamping Instagram--media sosial yang juga dimiliki Facebook. Kemunculannya diumumkan dalam blog Instagram, Kamis (3/10/2019). Kehadirannya melengkapi sarana berbagi pesan pribadi dengan para teman terdekat setelah Instagram Stories dan Direct.

"Untuk lingkaran kecil teman terdekat, kami melihat kebutuhan guna lebih terkoneksi sepanjang hari. Jadi Anda bisa mengabarkan apa yang sedang anda lakukan dan bagaimana persaan anda melalui foto dan video," jelas Direktur Produk Instagram, Robby Stein.

Threads juga memungkinkan berbagi lokasi, status, dan data pribadi lainnya secara pasif. Oleh karena itu, jika menggunakan aplikasi ini, Anda disarankan untuk menata kembali daftar kelompok teman terdekat.

Aplikasi ini sudah tersedia di iOS dan Android secara global sejak Kamis (3/10).

3 Komponen utama

Tampilan pada aplikasi Threads.
Tampilan pada aplikasi Threads. | Instagram

Menukil The Verge, Ada tiga komponen utama Threads. Pertama adalah kamera, yang aktif secara otomatis (default) begitu aplikasi dibuka. Kamera hanya berfungsi mengambil foto dan video, tanpa filter.

Pengguna juga bisa menempatkan foto profil teman terdekat di bagian bawah layar kamera. Gunanya, untuk dengan cepat membagikan foto atau video kepada mereka. Tinggal ambil gambar, sentuh foto mereka, dan usap (swipe) layar untuk membagikannya.

Komponen kedua adalah inbox. Bagian ini mirip dengan direct messages pada Instagram, tetapi dibatasi hanya untuk teman dekat. Group chat bisa dilakukan di sini, tapi, sekali lagi, hanya dengan teman-teman dekat.

Terakhir, ada layar status. Untuk membuat status, pengguna tinggal memilih emoji dan mengetik beberapa kata. Atau, kalau tak mau repot, tinggal pilih status yang telah disediakan oleh Instagram. Kemudian anda bisa menentukan berapa lama status itu akan ditampilkan (satu hingga empat jam).

Fokus pada konteks, bukan koordinat

Tampilan Auto Status pada Threads.
Tampilan Auto Status pada Threads. | Instagram

Anda juga bisa memilih pembaruan status secara otomatis (Auto Status). Mesin pintar pada Threads akan mempelajari aktivitas pengguna, misalnya apakah pengguna sedang berada di rumah, kantor, atau restoran, lalu memperbaruinya sesuai pergerakan pengguna. Tapi Instagram menjamin takkan menampilkan koordinat lokasi pengguna.

“Kami ingin fokus pada konteks, bukan koordinat," kata manajer produk Threads, Sharon Zeng, kepada Wired. "Kami tak ingin berbagi lokasi restoran di mana anda berada, tetapi kami ingin berbagi konteksnya."

Menurut Zeng, komunitas pengguna Instagram memberi tahu dia bahwa mereka ingin mengabarkan pada teman-teman dekat ketika bisa dihubungi, pun ketika tak bisa. "Mereka ingin teman-teman dekat selalu up to date," katanya.

Jika mengaktifkan Auto Status, pengguna bisa menampilkan status baterai gawai mereka. Stein menjelaskan kepada Tech Crunch, fitur itu penting agar orang yang mengirim pesan bisa memperkirakan apakah pesan mereka bakal dibalas dengan cepat atau tidak.

Gawai yang tengah dicas, menurut Stein, biasanya berada jauh dari penggunanya. Oleh karena itu pengirim pesan akan tahu bahwa respons si penerima pesan bakal lebih lambat. Atau jika dalam kondisi low-batt pemilik gawai biasanya mencoba menghemat daya baterai dengan tidak langsung membalas pesan.

Mengenai jaminan privasi bagi pengguna Threads bisa dibaca dan dipelajari di sini.

Karena hanya lingkaran teman dekat yang tersambung, Threads bisa jadi pilihan menarik untuk berkomunikasi. Pesan yang masuk sudah bisa dipastikan datang dari orang penting, bukan sekadar sampah (spam). Pengguna tak perlu repot menyisir inbox seperti pada Facebook atau Instagram.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR