Fitur baru Google Assistant untuk menyambut Natal dan Tahun Baru

Foto ilustrasi: liburan keluarga
Foto ilustrasi: liburan keluarga | Fizkes /Shutterstock

Tahun 2018 hanya tersisa 1 bulan lagi. Google dalam unggahannya di blog resmi, Kamis (29/11/2018) mengungkapkan bahwa mereka ingin menyambut libur akhir tahun dengan memperbarui asisten virtualnya, yakni Google Assistant.

Sederet kapabilitas baru telah Google siapkan untuk Assistant, dan semuanya dirancang agar penggunaan smart display seperti LG WK9 atau punya Google sendiri bisa lebih maksimal lagi.

Fitur yang pertama dinamai Pretty Please. Menurut Gadgets360 (30/11), fitur ini dirancang untuk memberikan penguatan positif kepada pengguna, terutama anak-anak. Fitur ini mengajak kita untuk membentuk perilaku yang lebih ramah dan sopan saat berkomunikasi dengan mesin.

Ini memungkinkan asisten suara untuk menghargai penggunaan kata "please" (tolong) dan "thank you" (terima kasih) dengan tanggapan yang lebih menyenangkan. Memang hal tersebut dianggap sepele, namun dampak positifnya lebih besar apabila yang sering berbicara dengan Assistant adalah anak-anak kecil.

Sebagai contoh, coba panggil "Hai Google, tolong putar musik liburan untuk saya" atau "Hai Google, tetapkan timer selama 5 menit." Assistant akan menanggapinya dengan "Terima kasih telah bertanya dengan sangat baik. Baiklah, 5 menit mulai dari sekarang."

Pretty Please bisa diaktifkan untuk semua pengguna yang menggunakan smart speaker dan smart display, sehingga setiap orang dapat merasakan keramah-tamahan dari Assistant.

Fitur kedua yang bakal dinikmati oleh anak-anak dalam menyambut hari Natal seperti dilansir Digital Trends (29/11) adalah "Call Santa" yang telah menerima peningkatan khusus untuk smart display. Assistant juga bisa membacakan cerita kepada anak-anak.

Ceritanya bukan sembarangan, melainkan judul-judul populer seperti Frozen, Aladdin, Mulan dan The Lion King, hasil kerja sama Google dengan Disney dan Nickelodeon (Dora the Explorer dan Paw Patrol).

Fitur yang ketiga adalah kemampuan untuk membuat catatan dan daftar belanja menggunakan suara. Pengguna hanya perlu mengucapkan apa yang hendak mereka beli kepada Assistant.

Bagi yang menggunakan layanan pihak ketiga seperti Any.do atau Bring!, Google berjanji untuk segera menghadirkan dukungannya pada tahun depan. Sedangkan untuk layanan khusus Google, integrasi Keep Notes akan diluncurkan dalam beberapa minggu.

Keempat, ada fitur komunikasi dua arah bagi pemilik perangkat smart display yang juga menggunakan video doorbell, Nest Hello. Jadi ketika ada tamu yang datang, kita bisa lebih dulu menyambutnya sebelum membukakan pintu dan mempersilakan mereka masuk.

Kelima, jika Anda sudah berlangganan Google Play Music dan memiliki smart display, Assistant bisa difungsikan menjadi mesin karaoke. Jadi ketika pengguna meminta Assistant memutar suatu lagu, secara otomatis liriknya akan muncul di layar smart display. Google mengatakan lirik hanya muncul pada lagu tertentu saja.

Terakhir, ada fitur bernama Broadcast Replies yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke smart display, lalu yang sedang berada di rumah juga bisa merespon balik.

The Verge (29/11) menukil, Broadcast juga memungkinkan pengguna mengirim pesan ke semua smart display yang aktif, sekarang pengguna juga dapat membalas teriakan grup tersebut.

Sebagai contoh seseorang mengirim pesan ke rumah: "Apakah ada yang membutuhkan sesuatu dari toko?" Pengguna di rumah kemudian dapat membalas melalui Asisten Google di ponsel atau di perangkat.

Fitur ini sangat bermanfaat selagi, misalnya, pengguna sedang berbelanja dan hendak memastikan tidak ada yang lupa dibeli dengan menanyakannya kembali ke orang-orang yang ada di rumah.

Selain Broadcast Replies, ada juga fitur berbagi foto. Fitur ini adalah fitur lain di smart display yang dapat menunjukkan kenangan masa lalu bersama keluarga dan teman.

Jika foto yang disukai pengguna muncul di layar, ia dapat meminta Assistant untuk membagikannya dengan siapa pun yang ada di daftar kontak. Pengguna juga memiliki kemampuan untuk menyembunyikan foto dari layar ambien atau memfavoritkan sebuah foto untuk dilihat lagi di lain waktu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR