Galaxy A30 vs A50, mana yang sesuai kebutuhan Anda?

SPONSOR: SEIN
Samsung Galaxy A30
Samsung Galaxy A30 | Author /Beritagar.id

Tidak ada smartphone yang sempurna di dunia ini. Semua memiliki keunggulannya masing-masing dan tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, Samsung memiliki jajaran produk yang sangat variatif sehingga pengguna dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan bujet. Khusus untuk produk kelas menengah, Samsung belum lama ini telah meluncurkan dua smartphone baru di kelas A series, yakni Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A50.

Keduanya memang berbeda kelas, namun tetap menawarkan sejumlah keunggulan yang sesuai dengan harga jualnya. Mana smartphone yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda? Jika bingung memutuskannya, Anda dapat melihat komparasi A30 vs A50 berikut.

Ukuran serta kualitas layar kerap menjadi salah satu faktor utama dalam memilih. Galaxy A30 dan A50 bisa dikatakan identik di sektor layar. Keduanya mengusung layar besar 6.4 inci dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel. Jenis layarnya Super AMOLED yang menawarkan layar dengan warna cerah dan kontras tinggi yang memanjakan mata pengguna. Layar keduanya juga dilapisi Gorilla Glass 3 yang kuat.

Pada sektor performa, Galaxy A30 dan Galaxy A50 sama-sama menawarkan performa yang mumpuni. Galaxy A30 dibekali prosesor Exynos 7904 octa-core dan GPU Mali-G71 MP2. Dengan kombinasi tersebut, Galaxy A30 sudah mampu menjalankan game berat seperti PUBG Mobile dengan grafis HD dan frame rate 60 FPS. Hadirnya sensor Gyroscope akan membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan. Jika mencari HP untuk game maka Galaxy A30 dapat Anda jadikan pilihan.

Jika membutuhkan performa yang lebih buas, Anda dapat memilih Galaxy A50 yang menggunakan prosesor Exynos 9610 di dalamnya. Prosesor tersebut sudah menggunakan fabrikasi 10 nm serta GPU Mali-G72 MP3. Gim berat dan kegiatan multitasking dapat dilahap dengan baik oleh Galaxy A50.

Samsung Galaxy A30
Samsung Galaxy A30 | Author /Shutterstock

Lanjut ke kameranya, kedua smartphone ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi penggunanya, sehingga tak salah jika keduanya disebut sebagai hp kamera terbaik di kelasnya. Meski begitu, keduanya memiliki konfigurasi kamera yang berbeda.

Galaxy A30 dilengkapi kamera ganda dengan kombinasi 16 MP sebagai lensa utama dan 5 MP lensa ultra wide. Sama seperti yang dimiliki Galaxy A50, lensa wide perangkat ini bisa digunakan untuk mengambil video dengan sudut pandang lebih lebar hingga 123 derajat.

Berbeda dengan Galaxy A30, Galaxy A50 dilengkapi tia lensa kamera di belakang, yaitu lensa utama 25 MP yang sudah didukung phase detection auto focus, lensa wide angle 8 MP hingga 123 derajat, dan terakhir lensa 5 MP untuk sensor kedalaman yang mampu menghasilkan efek bokeh seperti menggunakan kamera profesional.

Soal daya tahan, Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A30 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang bisa dikategorikan sebagai hp dengan baterai besar. Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat menggunakan HP ini secara normal selama seharian tanpa mengisi daya baterai secara berulang-ulang. Selain itu, penggunaan layar Super AMOLED juga membuat konsumsi dayanya semakin efisien.

Kedua smartphone itu juga sudah dibekali dengan teknologi pengisian baterai super cepat alias fast charging 15W dengan charger USB Type-C. Anda dapat mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu sekitar satu jam, sangat cocok untuk Anda yang dinamis.

Setelah menyimak komparasi di atas, tentu Anda akan semakin mudah menentukan pilihan. Untuk yang memiliki bujet terbatas, dapat menjadikan Galaxy A30 sebagai pilihan. Smartphone tersebut cocok untuk Anda yang suka bermain game karena memiliki layar Super AMOLED yang besar, performa yang baik, sensor yang lengkap, dan baterai yang tahan lama.

Jika ada bujet lebih, maka Galaxy A50 sangat cocok untuk Anda. Galaxy A50 cocok untuk Anda yang hobi fotografi dan membutuhkan performa yang lebih cepat untuk proses editing foto atau video. Selain itu, Galaxy A50 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di dalam layarnya (Under Display Fingerprint Sensor). Beli Samsung A50 atau beli Samsung A30 dari situs web resmi Samsung Indonesia.

SPONSOR: SEIN
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR