Galaxy S9+ jadi ponsel terlaris di dunia April 2018

Samsung Galaxy S9+ menaklukkan Apple iPhone X di pasar dunia pada April 2018.
Samsung Galaxy S9+ menaklukkan Apple iPhone X di pasar dunia pada April 2018. | Samsung

Menurut laporan yang baru diterbitkan oleh perusahaan riset pasar, Counterpoint, duo ponsel Samsung, Galaxy S9+ dan S9 menempati peringkat teratas dalam daftar terlaris di dunia sepanjang periode April 2018, menggesar jawara bulan sebelumnya, Apple iPhone X ke posisi ketiga.

Kenaikan duo Samsung tersebut cukup mengejutkan karena iPhone X, seri termahal ponsel Apple, telah mendominasi pasar dunia sejak awal tahun. Bahkan Strategy Analytics menyatakan iPhone X sebagai ponsel pintar terlaris pada kuartal pertama 2018.

Market Pulse Counterpoint mengatakan, alasan naiknya posisi Samsung ini adalah meningkatnya penjualan seri Galaxy S9 di wilayah Amerika Utara dan Asia Pasifik.

Galaxy S9+ dan Galaxy S9 masing-masing menyumbang 2,6 persen pangsa pasar di bulan April. Sementara Apple iPhone X harus puas dengan posisi ketiga dengan pangsa pasar 2,3 persen.

Ini adalah pertama kalinya Samsung Galaxy S9+ telah mengalahkan iPhone X sebagai ponsel pintar terlaris di dunia. Penurunan iPhone X ke posisi ketiga dapat dikaitkan dengan tren musiman.

Grafik 10 ponsel terlaris di dunia periode April 2018
Grafik 10 ponsel terlaris di dunia periode April 2018 | Counterpoint

Pemotongan harga yang diberlakukan Samsung pada seri Galaxy S8 bersama dengan pemasaran yang agresif strategi, masih dapat membawa ponsel andalan tahun lalu itu menempati posisi kesepuluh dengan pangsa pasar 1,3 persen.

Walau penjualan iPhone X menurun, Apple masih mendominasi karena lima dari 10 ponsel dalam daftar tersebut merupakan produk perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat, itu.

iPhone 8 Plus dan iPhone 8 masing-masing menempati posisi keempat dan lima dengan pangsa pasar 2,3 persen dan 2,2 persen. Menariknya, iPhone 6, yang telah berusia empat tahun masih masuk dalam 10 besar, menempati peringkat tujuh dengan penguasaan pasar 1,4 persen, sama dengan iPhone 7 yang berada di peringkat 9.

Xiaomi menjadi satu-satunya perusahaan gawai asal Tiongkok yang masuk 10 besar. Ada dua produk Xiaomi dalam daftar tersebut, yaitu Redmi 5A dan Redmi Note 5 (5 Plus) yang meraih posisi keenam dan delapan dengan angka pangsa pasar untuk masing-masing 1,5 persen dan 1,4 persen.

Khusus untuk Redmi 5A, ponsel yang harganya sempat sangat terjangkau tersebut (sebelum Xiaomi menaikkan harga) pernah mengisi posisi ketiga dalam daftar yang sama untuk periode Maret.

Minat masyarakat terhadap ponsel murah dengan spesifikasi canggih tersebut, terutama di Tiongkok dan India, mendorong penjualan Redmi 5A dan Note 5 (5 Plus). Bahkan Redmi 5A sempat berada di peringkat ketiga pada Maret lalu.

Masuknya dua produk Xiaomi itu dalam daftar membuat distribusi ponsel menjadi tampak menarik. Dalam daftar 10 besar seperti ada perang antara ponsel flagship berharga mahal dengan kelas pemula yang harganya terjangkau.

"Ini adalah pertama kalinya Xiaomi meraih dua posisi dalam daftar 10 model ponsel teratas. Xiaomi tumbuh baik di Tiongkok dan India karena ponsel mereka terjangkau," kata Parv Sharma, analis penelitian di Counterpoint.

Namun, garis besarnya, tetap Apple masih mendominasi model ponsel pintar terlaris secara global. Hal ini karena ia memiliki lima produk ponsel di daftar 10 teratas. Laporan Counterpoint juga memberi catatan bahwa ada permintaan yang sangat kuat untuk iPhone 7.

Persaingan para pemanufaktur ponsel ini diperkirakan bakal semakin ramai pada paruh kedua tahun ini karena Apple dan Samsung dikabarkan bakal merilis produk terbaru mereka.

Pada September, Apple dikabarkan siap merilis empat iPhone terbaru. Sementara, pada bulan yang sama tahun ini, Samsung siap merilis Galaxy Note 9. Galaxy 10 dan Galaxy X yang bisa dilipat diperkirakan menyusul pada awal 2019.

BACA JUGA