Geotag Jakarta mendominasi Instagram Story

Jakarta, kota terpopuler di Instagram Story
Jakarta, kota terpopuler di Instagram Story
© Andreas H

Setahun lalu, Instagram meluncurkan Instagram Story, sebuah fitur bagi pengguna untuk mengunggah foto dan video yang waktu tayangnya hanya 24 jam. Setelah itu video tersebut tak dapat dilihat lagi karena menghilang secara otomatis.

Foto atau video di Instagram Story juga terpisah dengan yang ada di galeri Instagram biasa. Keunikan dari Instagram Story adalah adanya efek warna-warni, boomerang, stiker, pena untuk menggambar, dan filter wajah yang membuat foto atau pun video semakin unik.

Pada saat menggunakan Instagram Story pengguna juga dapat menyebut akun lain dan memanfaatkan fitur geotagging untuk mendeteksi lokasi pengambilan foto.

Baru-baru ini, Instagram merilis lima kota yang paling banyak ditandai (tag) bersama dengan tagar dan stiker yang paling populer. Jakarta ternyata menjadi kota yang paling banyak ditandai pengguna menggunakan stiker lokasi di Instagram Story.

Seperti ditulis Travelandleisure, Jakarta terkenal dengan lalu lintasnya yang ramai, memiliki banyak bangunan bertingkat tinggi, dan pusat perbelanjaan. Meski tidak seindah beberapa pulau wisata Indonesia yang lebih populer, Jakarta menarik pengunjung dengan perpaduan budaya dan gaya hidup kosmopolitan yang serba cepat.

Meskipun Instagram tidak mengungkapkan mengapa sebenarnya Jakarta begitu populer, tetapi Vogue memperkirakan alasannya karena Jakarta memiliki kombinasi antara gemerlap kehidupan malam, foto-foto makanan yang sempurna, dan pemandangan yang menakjubkan.

Memang banyak kota lain yang mungkin memiliki keistimewaan seperti Jakarta, tetapi rupanya lebih banyak warga Jakarta yang suka berbagi keistimewaan itu melalui Instagram.

Dengan 45 juta pengguna, Indonesia bukan hanya pasar terbesar Instagram di kawasan Asia Pasifik, tetapi juga menyumbang sekitar 6 persen pengguna di keseluruhan aplikasi. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia juga telah tumbuh lebih dari 100% sejak tahun 2016.

Menurut Facebook, perusahaan induk Instagram, 45 juta pengguna tersebut juga menghasilkan dua kali lebih banyak Instagram Story dari rata-rata global. Maka masuk akal bila Jakarta berada di urutan teratas daftar tag lokasi.

"Bagi masyarakat Indonesia, berbagi momen penting adalah bagian dari budaya, maka tak heran Indonesia telah menjadi salah satu produsen konten Instagram Story terbesar," kata Sri Widowati, direktur nasional Facebook Indonesia.

CNN menuliskan atraksi yang harus dikunjungi di Jakarta termasuk Museum Nasional dan Galeri Nasional. Juga bar di atas gedung dengan pemandangan menakjubkan kota metropolitan. Lokasi yang paling sering ditandai di Jakarta termasuk restoran kota dan arsitektur bertingkat tinggi.

Setelah Jakarta, empat kota lain yang ada dalam daftar terpopuler dalam penandaan lokasi adalah Sao Paulo (Brazil), New York City (Amerika Serikat), London (Inggris), dan Madrid (Spanyol).

Untuk tagar, yang terpopuler adalah:

  1. #GOODMORNING
  2. #WORK
  3. #GOODNIGHT
  4. #MOOD
  5. #HAPPYBIRTHDAY
  6. #TBT
  7. #LOVE
  8. #HOME
  9. #BOMDIA (Halo atau hari yang baik dalam bahasa Portugis)
  10. #RELAX

Sedangkan untuk stiker, ada gambar lokasi, waktu digital, stiker like, tagar, dan cuaca. Untuk filter wajah yang terpopuler adalah telinga anak anjing, topeng tidur, telinga kelinci, cinta dengan panah berbentuk hati, serta telinga koala.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.