KECERDASAN BUATAN

Google Assistant kini fasih berbahasa Indonesia

Ilustrasi Google Assistant
Ilustrasi Google Assistant | /Google

Google terus mengembangkan inovasinya, khususnya pada asisten virtual Google Assistant. Sebelumnya asisten virtual tersebut hanya bisa diakses dengan bahasa tertentu seperti bahasa Inggris, tapi kini asisten virtual tersebut fasih berbahasa Indonesia.

Fitur anyar tersebut tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Google Assistant dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan pada aplikasi pesan singkat "Google Allo" pada Agustus 2017 lalu.

"Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktivitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps, dan lain-lain," papar Google dalam keterangan pers yang diterima Beritagar.id, Senin (2/4/2018).

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengatakan bahwa Asisten Google diberdayakan oleh pembelajaran mesin yang dibuat berdasarkan pengalaman Google selama 20 tahun di bidang penelusuran, termasuk natural language understanding, computer vision, dan memahami konteks dari pengguna.

Karena itulah, Asisten Google dapat memahami maksud ucapan pengguna untuk membalas pertanyaan lanjutan dan mengerjakan tugas kompleks yang terdiri dari sejumlah langkah.

Asisten Google juga akan semakin canggih seiring waktu dan bisa mempelajari preferensi serta hal-hal yang disukai atau tidak disukai pengguna. Tentunya, semua dilakukan dengan cara yang aman, rahasia, dan dengan persetujuan pengguna.

Namun, untuk menggunakan fitur terbaru tersebut, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi. Pertama, semua perangkat Android harus berjalan di sistem operasi Lollipop 5.0 ke atas dan pengguna iOS pun harus menggunakan perangkat yang berjalan pada iOS 9.1 ke atas.

Kedua, pengguna harus lebih dulu memperbarui aplikasi "Google Search" ke versi teranyar. Selanjutnya, setel bahasa pada ponsel Anda ke bahasa Indonesia. Jangan lupa letakkan pemilihan bahasa Indonesia itu sebagai prioritas.

Cara menjajalnya sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol "Home" atau ucapkan "Ok Google" pada ponsel. Selanjutnya, ucapkan perintah dengan suara dalam bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang saat ini bisa dilakukan dalam bahasa Indonesia, cukup tanyakan "apa yang bisa kamu lakukan?" Bahkan asisten Google tersebut bisa diminta untuk mencari informasi tentang Pancasila, mulai definisi hingga menyebutkan lima sila.

Selain itu bisa pula untuk mencari ramalan bintang yang sesuai dan memberikan lelucon dengan bahasa Indonesia. Selain itu, asisten virtual Google ini bisa membantu mencarikan restoran, memutar musik, menyalakan Wi-Fi, dan bertanya jarak tempuh ke suatu tempat.

Para pengembang pun sekarang bisa membuat aplikasi melalui platform Developer Actions on Google guna membuat asisten Google menjadi lebih berguna bagi pengguna di Indonesia.

Beberapa aplikasi sudah dibuat untuk Asisten Google. Untuk mengakses layanan tersebut, pengguna hanya perlu mengucapkan "Ok Google, bicara dengan (nama aplikasi) Al-Qolam, Joox, KASKUS, Klikdokter, Mobile Legends, Tebak Gambar, dan VIRA dari Bank BCA.

Ke depannya, Google Assistant akan mengembangkan aplikasinya dengan membuat pengguna bisa mengakses berita dari beberapa media elektronik.

Rumor Google Assistant akan dilengkapi dengan bahasa Indonesia sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Namun kepastiannya baru terealisasi pada tahun ini.

Sebelum ini, asisten Google tersebut hanya tersedia dalam delapan bahasa. Namun pada akhir tahun ini, akan tersedia lebih dari 30 bahasa.

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Google (23/2), beberapa bahasa baru itu adalah bahasa Denmark, Belanda, Hindi, Norwegia, Swedia, dan Thailand. Seluruhnya berfungsi di Android dan iOS.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR