Google Doodle rayakan hari jadi Taman Nasional Komodo

Penduduk desa di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, tengah mengamati seekor komodo yang berjalan di tepi pantai, 30 April 2009.
Penduduk desa di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, tengah mengamati seekor komodo yang berjalan di tepi pantai, 30 April 2009. | Dita Alangkara /AP Photo

Hari ini, Senin (6/3/2017), Google Doodle menampilkan seekor hewan yang menjadi ikon satwa asli Indonesia, yakni komodo. Lalu, mengapa Google memutuskan untuk membuat komodo menjadi Doodle?

Usut punya usut, ternyata Google merayakan hari jadi ke-37 Taman Nasional Komodo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Google juga menyajikan sebuah kuis interaktif yang bisa seluruh pengguna akses. Kuis ini terdiri dari 5 pertanyaan seputar hewan komodo yang harus Anda jawab. Salah satu huruf "O" di tulisan Googe memiliki lambang segitiga yang biasanya digunakan sebagai lambang untuk memulai video, dengan gambar komodo yang sedang tidur di bawah.

Begitu Anda mengklik Doodle tersebut, komodo pada gambar bangkit. Setelah itu, akan muncul berbagai pertanyaan seputar komodo. Terdapat 5 pertanyaan salah atau benar yang bisa Anda jawab yang dilengkapi dengan ilustrasi di sebelah kanan. Setiap kali Anda menjawab, Anda akan langsung ditunjukkan apakah jawaban Anda benar atau salah.

Setelah menjawab kelima pertanyaan dalam bahasa Inggris itu, Anda akan mendapatkan nilai total, yang akan ditunjukkan oleh seekor Komodo yang membawa selembar kertas dengan tulisan nilai Anda. Jika nilai yang Anda dapat kurang memuaskan, Anda bisa mencobanya lagi.

Hewan yang terancam punah

Taman Nasional Komodo berada di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas sebesar 1.817 km persegi. Taman nasional ini terdiri atas lima pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Motang, dan Pulau Nusa Kode.

Taman Nasional Komodo memang sengaja didirikan untuk melindungi habitat kadal raksasa tersebut. Komodo dengan nama latin Varanus komodoensis merupakan satwa asli Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Komodo merupakan satu-satunya hewan prasejarah yang masih bertahan hingga sekarang.

Kompas (6/3) melaporkan bahwa hanya ada sekitar 3.000 komodo di taman nasional tersebut. Dengan jumlah ini, komodo masuk dalam daftar hewan yang terancam punah. Saat ini, Komodo dapat ditemukan di empat pulau, yakni Komodo, Rinca, Gili Motang dan Nusa Kode.

Selain komodo, ada juga 277 spesies hewan lainnya yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia, hidup di kawasan tersebut.

Sedangkan habitat lautnya terdiri dari 1.000 spesies ikan, sekitar 260 spesies terumbu karang, dan 70 spesies spons. Selain itu tercatat dugong, hiu, pari manta, 14 jenis paus, lumba-lumba, dan penyu juga ada di sana.

Pulau-pulau ini aslinya adalah pulau vulkanis. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Pada tahun 1991 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional ini pun mendapatkan predikat Situs Warisan Dunia (World Heritage) dan Man and Biosphere Reserve.

Pada 16 Mei 2012, seperti dilansir laman Liputan6, Taman Nasional Komodo dinyatakan resmi masuk sebagai bagian dari New 7 Wonders of Nature. Berkat status tersebut, satwa liar seperti komodo dapat terus berkembang di sana tanpa direcoki campur tangan manusia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR