Google maps dan Waze gulirkan mode khusus motor

Pengemudi mengendarai sepeda motor dengan melawan arah di kawasan KS Tubun, Jakarta, Selasa (28/11). Perilaku tersebut selain membahayakan pengendara lain juga membahayakan diri sendiri.
Pengemudi mengendarai sepeda motor dengan melawan arah di kawasan KS Tubun, Jakarta, Selasa (28/11). Perilaku tersebut selain membahayakan pengendara lain juga membahayakan diri sendiri. | Rivan Awal Lingga /Antara Foto

Jika selama ini aplikasi peta dan navigasi lebih ditujukan untuk pengendara mobil saja, kini Google Maps mengumumkan aplikasinya sudah bisa mendukung rute perjalanan untuk pengendara sepeda motor.

Dijelaskan dalam Mashable, Selasa (5/12/2017), aplikasi berbagi informasi lalu-lintas itu baru saja menambahkan fitur "mode motorcycle" untuk digunakan pengendara skuter ataupun sepeda motor.

Beberapa hari sebelumnya, Waze--aplikasi serupa milik Google--juga mendapatkan versi pembaruan yang menyediakan mode untuk pengendara roda dua. Mode ini sangat berguna di kota-kota besar khususnya Jakarta yang memiliki beberapa jalur yang tidak bisa dilalui motor.

Namun, untuk saat ini Google baru merilis versi pembaruan tersebut hanya untuk India. Perusahaan raksasa itu mengumumkan dalam sebuah acara di Delhi, India (5/12). Tentunya ada alasan tersendiri mengapa Google baru merilisnya untuk pasar India saja.

"India adalah pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Jutaan pengendara motor dan skuter memiliki kebutuhan navigasi yang berbeda dari pengendara mobil," jelas Caesar Sengupta, Vice President, Next Billion Users Team at Google, dikutip News18 (5/12).

Dia menambahkan, "Karena begitu banyak orang India yang mengandalkan marka tanah (landmark) lokal untuk navigasi, mode roda dua akan menunjukkan landmark utama di rute tertentu sehingga pengendara dapat merencanakan perjalanan mereka sebelum mulai dan tidak perlu terus-menerus memeriksa telepon saat dalam perjalanan."

Fitur ini pertama kali dilihat oleh pengguna Android di forum Reddit. Dari tangkapan layar tampak ikon sepeda motor muncul di tengah antara rute mobil dan kereta.

Tangkapan layar dari pengguna Reddit yang mendapatkan mode motorcyle di perangkat Androidnya
Tangkapan layar dari pengguna Reddit yang mendapatkan mode motorcyle di perangkat Androidnya | Reddit

Mengutip halaman Ibtimes (5/12), fitur itu tampaknya mendapatkan respons positif dari penghuni Reddit. Misalnya saja pengguna Reddit yang menceritakan soal manfaat fitur tersebut di Italia dan Indonesia.

"Saya tinggal di Milan dan ada banyak jalan yang tidak boleh dilewati mobil, namun memperbolehkan sepeda motor, membuat rute sepeda motor dalam beberapa menit, tapi Google hanya menyediakan rute untuk mobil. Aku sudah menunggu lama fitur ini," ungkap Flea0 asal Italia.

"Indonesia adalah negara pengendara skuter besar dan ini akan menjadi fitur utama di sana. Perusahaan transportasi daring utama di Jakarta ... hampir secara eksklusif menggunakan skuter untuk segala hal mulai dari mendapatkan tumpangan untuk mengantarkan tukang pijat ke pintu Anda," tambah dasfreak, pengguna Reddit.

Informasi yang ditampilkan tidak akan jauh berbeda dengan yang selama ini sudah disediakan oleh Google Maps mulai dari navigasi, kondisi jalan, serta laporan dari pengguna lainnya tapi kali ini dikurasi untuk pengguna sepeda motor.

Martha Welsh, manajer pengembangan mitra strategis Google Maps, menjelaskan Google Maps akan merekomendasikan rute alternatif yang tidak akan bisa digunakan untuk mobil, seperti beberapa gang yang hanya diperbolehkan untuk pengendara roda dua saja.

Selain itu, mode ini juga menawarkan estimasi waktu tiba atau ETA berbasis informasi yang dikumpulkan dari pengendara motor lainnya. Google akan memisahkan informasi dari pengendara sepeda motor dan informasi dari pengendara mobil sehingga waktu tempuh bisa jadi berbeda.

Google Maps juga membekali cara penggunaan baru dengan menggunakan perintah suara. Pengendara tidak perlu lagi menyentuh layar ponsel ketika sedang mengemudi. Tentu saja, pengemudi tetap dianjurkan fokus dan memerhatikan keselamatan berkendara.

Opsi untuk menggunakan navigasi versi sepeda motor tersemat di antara mode transportasi lain di aplikasi, diwakili oleh ikon sepeda motor di bagian bawah bar pencarian.

Mengingat Indonesia adalah tiga besar pasar motor dunia, tampaknya tinggal menunggu waktu sebelum Google merilis versi Indonesia fitur ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR