Google menguji mode Wi-Fi Only pada aplikasi Maps

Ilustrasi peta
Ilustrasi peta | Pixabay

Disadari atau tidak, aplikasi Google Maps telah menjadi bagian penting dalam kehidupan para pengguna gawai saat ini. Peta digital tersebut membuat kita tidak lagi takut untuk menjelajahi daerah yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Namun menggunakan Maps bukan tanpa kekurangan. Penggunanya akan dihadapkan pada pilihan untuk mengorbankan kuota data seluler atau kuota memori gawai. Jika peta tersebut diunduh, kuota memori gawai pasti tersedot.

Namun jika terus menghubungkan Maps dengan internet, kuota data akan cepat habis, begitupula baterai gawai yang digunakan. Hal ini karena teknologi GPS (global positioning system) yang terus mengikuti posisi ponsel sehingga tampilan peta di area tersebut terus diperbarui secara otomatis.

Tak akan menjadi masalah jika gawai selalu terhubung dengan Wi-Fi gratis. Tetapi saat menjelajah sebuah kota, seringkali kemewahan itu tidak bisa kita dapatkan sehingga mesti menggunakan data seluler, yang lebih mahal apalagi jika kita berada di luar negeri.

Untuk mengatasi dilema tersebut, dilansir Phone Arena (25/7/2016), Google menambahkan fitur Wi-Fi Only pada Maps. Kalau tak ada akses Wi-Fi, Maps tidak akan berupaya memperbarui peta yang sedang digunakan.

Walau begitu, Maps masih bisa digunakan untuk menunjukkan jalan ke lokasi yang kita tuju karena ia secara otomatis mengunduh peta area yang akan dikunjungi saat pengguna masih terhubung dengan Wi-Fi.

Secara resmi Google memang belum mengumumkan keberadaan fitur ini di aplikasi versi 9.32, namun beberapa pengguna melaporkan ada mode tambahan yang ditemukan dalam pengaturan.

Jika penasaran apakah perangkat Android yang Anda gunakan telah memiliki fitur ini, silakan membuka bagian pengaturan di aplikasi Google Maps versi terbaru, dan lihat apakah ada tombol switch untuk mengaktifkan fitur Wi-Fi Only.

Tangkapan layar aplikasi Google Maps yang memiliki tambahan fitur Wi-Fi Only
Tangkapan layar aplikasi Google Maps yang memiliki tambahan fitur Wi-Fi Only | Google

Jika ada, dan diaktifkan, Google Maps akan mematikan peta untuk menggunakan data seluler. Dengan mengetuk pada bagian deskripsi, Anda dapat melihat pengaturan tambahan untuk area-area luring.

Tapi, Google akan memberikan peringatan pada pengguna yang mengaktifkan mode Wi-Fi Only ini pertama kali. Peringatan ini berisikan informasi bahwa tidak menutup kemungkinan aplikasi masih menggunakan sejumlah kecil data selama beroperasi. Selain itu, akan muncul bar notifikasi sebagai indikator status bahwa mode Wi-Fi Only aktif.

Tangkapan layar aplikasi Google Maps yang memiliki tambahan fitur Wi-Fi Only
Tangkapan layar aplikasi Google Maps yang memiliki tambahan fitur Wi-Fi Only | Google

Jadi pada dasarnya fitur ini mirip dengan Offline Mode yang lebih dulu diluncurkan. Pembedanya, Offline Mode mengharuskan pengguna mengunduh area yang sering/akan dikunjungi terlebih dahulu dengan menggunakan data, baik seluler maupun Wi-Fi. Artinya, pengguna tetap harus mengunduh menggunakan data di awal.

Sementara itu, Wi-Fi Only memungkinkan aplikasi untuk mengunduh lokasi kapan saja dengan pemanfaatan Wi-Fi secara otomatis, serta tidak akan atau hanya menggunakan data seluler dalam jumlah yang kecil.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR