IESPL dan Tokopedia gelar kompetisi e-sports berhadiah Rp1,9 miliar

Suasana konferensi pers kompetisi e-sports (10/8/2018)
Suasana konferensi pers kompetisi e-sports (10/8/2018) | Irsan S.

Industri e-Sports atau olahraga elektronik berkembang kian pesat dan berhasil mencuri perhatian publik dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti, e-sports menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 untuk kali pertama.

Semakin diterimanya e-sports di tengah masyarakat Indonesia menjadi pendorong tebentuknya Indonesia Esports Premier League (IESPL), sebuah organisasi profesional penyelenggara turnamen serta liga e-sports pertama di Indonesia.

Organisasi yang digagas oleh Giring Ganesha, Rangga Danu Prasetyo, Audrey Sianturi, dan Ezra Marcella, di bawah naungan PT Gajah Merah Terbang (PT GMT) tersebut bekerjasama dengan Tokopedia resmi menggelar The Battle of Friday yang merupakan liga utama e-sports bagi para gamer profesional di Tanah Air.

“IESPL memiliki visi dan misi membawa e-sports menjadi industri olahraga bergengsi, seiring dengan tren dunia. Kami berharap hadirnya TBoF membuat industri ini semakin kompetitif dan dapat melahirkan talenta-talenta baru di industri ini,” ujar Giring Ganesha, President IESPL, di konferensi pers TBoF (Jumat, 10/08/2018).

Giring Ganesha juga sempat membagikan sedikit gambaran perkembangan e-sports di Indonesia. Menurutnya, saat ini Indonesia memiliki sekitar 43,7 juta pemain dan menduduki peringkat ke-16 di dunia. Sedangkan total pendapatan dari industri game Indonesia diklaim mencapai USD879,7 juta, angka yang tidak sedikit menurutnya.

“Bayangin coba, e-sports ditonton lebih banyak dari ajang Super Bowl atau final NBA. Industri e-sports juga telah mengalami pergeseran, dari PC ke mobile, dari single ke multiplayer, dan dari bermain menjadi menonton, karena kini semua orang punya akses ke smartphone,” tambahnya.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, menyatakan bahwa kesamaan Visi dan misi yang diusung IESPL dengan perusahaannya telah meyakinkan dirinya untuk mendukung secara penuh penyelenggaraan sebuah turnamen yang berkualitas dan kompeititif.

“Tokopedia Battle of Friday merupakan panggung baru bagi para gamer profesional di Indonesia untuk unjuk kebolehan. Kompetisi hasil kerja sama dengan IESPL ini menjadi liga e-sports pertama di Indonesia. Semoga dengan adanya kompetisi ini semakin banyak talenta-talenta terbaik negeri yang bisa mendunia,” katanya.

Ada empat divisi game yang akan dipertandingkan di ajang TBoF, yaitu Counter Strike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, Mobile Legends. Kompetisi akan berlangsung selama 6 bulan sejak 10 Agustus 2018 hingga 25 January 2019.

Sebanyak 12 tim e-sports profesional, yaitu EVOS, RRQ, NXL, BOOM ID, XCN, RECCA, ALTER EGO, CAPCORN, THE PRIME, BIGETRON, JUGGERNAUT dan PG BARRACX, akan memperebutkan total hadiah senilai Rp1,9 miliar di ajang ini.

Setelah dibuka secara resmi di Grand Ballroom Pullman Hotel, Jakarta Barat pada hari ini (Jumat, 10/08/2018), selanjutnya TBOF akan dilaksanakan di Highgrounds iCafe Pantai Indah Kapuk pada hari Jumat setiap pekan. Penggemar dan pendukung tim jagoan, dapat menyaksikan siaran langsung melalui Cube TV sebagai official broadcast partner melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media Tokopedia Battle of Friday.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR