Indonesia Games Championship wadah gamers pamer kemampuan

Vain Glory merupakan salah satu PC game yang dipertandingkan dalam Indonesia Games Championship, 21-23 April 2017, Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta.
Vain Glory merupakan salah satu PC game yang dipertandingkan dalam Indonesia Games Championship, 21-23 April 2017, Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta. | Agustina NR /Beritagar.id

Telkomsel menguji sekaligus menyediakan wadah bagi gamers untuk unjuk kemampuan dalam Indonesia Games Championship (IGC). Kompetisi games yang dimulai sejak Maret ini telah diikuti 5.000 gamers.

Trio G. Lumbantoruan, General Manager Games dan Apps Telkomsel, dalam pembukaan acara mengatakan, kompetisi babak kualifikasi nasional telah diselenggarakan di Medan, Bandung, Surabaya, Malang, dan Makassar sejak Maret lalu. Selanjutnya, tim dan gamers yang lolos di daerah mengikuti babak final diadakan di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta pada tanggal 21-23 April lalu.

"Tujuannya, kita ingin membangun digital Indonesia untuk para gamers yang citranya negatif. Kita mengundang, bermain, untuk menunjukkan kemampuannya, dan mendapatkan hadiah, total hadiah lebih dari 500 juta," ujar Trio, Jumat (21/04/2017), Jakarta.

Kompetisi games IGC terbagi dalam dua kategori, yaitu PC Game dan Mobile Games. PC Game terdiri dari Dota2, Point Blank, dan World of Tank. Sedangkan untuk Mobile Games terdapat Vain Glory, Clash Royale, Crisis Action, LINE Let's Get Rich, dan Mobile Legends Bang Bang.

Dalam babak final ini, IGC juga mengadakan kompetisi cosplay (kostum) yang dibagi menjadi tiga kategori, Individual Coswalk, Individual Cosplay, dan Cosplay Cabaret. Penampilan peserta dinilai juri Zainaru, Ryan CD, Frea Mai, Shine dari Malaysia, dan Onnies dari Thailand. Kompetisi juga menghadirkan gamer perempuan, Female Fighters dan Beleza, yang memamerkan kemampuan bermain Point Blank.

"Main game online lebih asyik, lebih greget. Kita nggak ketemu dengan lawan, tapi sama-sama batttle. Hari ini ikut fun activity, besok baru ikut kompetisinya," kata Oka (24), mahasiswi Akper Patria Indonesia yang aktif bermain Clash Royal sejak enam bulan lalu.

Bagi pengunjung yang ingin berdiskusi tentang games, IGC memiliki acara meet and greet dan coaching clinic. Kegiatan ini menghadirkan tim terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara, seperti Happy Feet, Pew Pew, Evos, RRQ, GF7, dan N1CS.

Game publisher, seperti LINE, Netmarble, Own Games, Touchten, Gamevil, dan True Digital Happinness turut pula meramaikan kompetisi. Pengunjung juga dapat mencoba games terbaru serta merasakan serunya bermain virtual reality game menggunakan teknologi terbaru Omni virtual.

Bahkan, penggemar games diajak nostalgia ke era 1990-an dengan permainan konsol lawas, seperti Nintendo dan Playstation. Selain itu, IGC juga mengundang JRocks, DJ Astronaughty, dan JKT48 untuk meramaikan acara.

"Ke depan kita akan menambah jenis games dan mengharapkan akan ada games dari Indonesia," tambah Trio.

BACA JUGA